Curriculum Vitae

6 Situs Membuat CV Profesional Secara Online. Mudah & Gratis

Pria sedang menggunakan komputer

Membuat CV jadi keharusan bagi siapa saja yang ingin mencari kerja. Nah, apakah kamu sering merasa kesulitan membuat CV yang profesional dengan desain menarik? Jika iya, kamu perlu baca artikel ini sampai selesai untuk tahu cara bikin CV online yang mudah dan gratis.

1.  Canva

Kamu pasti sudah kenal situs bernama Canva ini, kan? Canva tidak hanya untuk bikin konten visual atau mengedit foto lho, tetapi juga bisa kamu gunakan untuk bikin CV profesional dengan tampilan desain yang menarik.

Ada ratusan template CV di Canva yang siap pakai dan desainnya juga cocok untuk siapa pun yang ingin punya CV eye-catching. Sayangnya, desain CV menggunakan Canva kurang ramah Applicant Track System (ATS).

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu mencari tahu dulu, apakah sistem penyaringan dalam lowongan kerja yang mau kamu ikuti menggunakan sistem ATS atau tidak. Jika iya, maka kamu perlu mencari situs bikin CV online lainnya.

2.  CV Maker

CV Maker adalah situs web untuk membuat CV secara online. Kamu tinggal mengisi form informasi yang tersedia, memilih desain dari template yang juga sudah disediakan, dan bisa langsung mengunduh CV dalam format HTML, PDF, maupun TXT.

Kekurangan dari situs ini, kamu mungkin akan sedikit kesulitan mengatur tata letak atau butuh waktu yang lebih banyak saat memilih template (tidak ada kategori untuk pilihan template). Meski begitu, interface dan tools yang tersedia sudah user-friendly sehingga mudah digunakan. Hal penting berikutnya, CV yang dibuat dengan CV Maker sudah ramah ATS.

3.  Resume.io

Resume.io cocok bagi kamu yang menyukai desain CV sederhana dan minimalis. Pada situs ini, ada banyak template siap pakai yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Kamu tinggal mengisi informasi yang kamu inginkan di dalam template CV, mengatur tata letaknya, kemudian tinggal mengunduh, baik dalam format DOCX, TXT, atau bisa juga dalam bentuk PDF.

4.  Indeed

Pengguna Indeed tidak perlu melakukan registrasi, membuat akun, dan log in ke situs hanya untuk membuat CV online. Kamu bisa langsung mengakses situsnya secara gratis, mengisi form informasi yang tersedia, lalu CV akan langsung jadi. Jika kamu mau menambahkan informasi lain seperti link website, sertifikat atau penghargaan yang pernah kamu dapatkan, ada tabel informasi tambahan yang bisa kamu gunakan.

Tipe CV yang dibuat Indeed lebih sederhana, minimalis, dan dengan tampilan yang bersih. Tersedia 10 kategori template yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Walau terkesan otomatis, Indeed tetap memungkinkan penggunanya melakukan pengaturan tata letak informasi, lalu ada pula fitur import data dari LinkedIn. Sayangnya, menggunakan situs ini sedikit repot karena harus selalu tekan button save setiap mengisi satu tabel informasi.

5.  Novoresume

Novoresume juga merupakan situs atau website untuk membuat CV online. Ada beberapa kategori template CV yang tersedia di Novoresume ini, di antaranya basic, executive, college, bahkan creative.

Selain itu, tersedia pula fitur Live Content Feedback yang memungkinkan CV kamu dikomentari pakar. Setelahnya, kamu bisa melakukan editing dengan mengganti latar belakang desain, tekstur, dan sebagainya sesuai saran pakar di CV kamu. Tujuannya tersedianya fitur ini untuk membantu kamu membuat CV yang berpotensi dilirik HRD.

Meskipun editing tools pada situs ini sangat terbatas, kamu masih bisa mengatur tata letak informasi dalam CV kamu supaya terlihat lebih menarik. Selain itu, CV yang dibuat dengan Novoresume sudah ATS friendly.

6.  Venngage

Ingin membuat CV profesional secara online dengan tampilan yang lebih interaktif? Coba kunjungi situs Venngage, yaitu website untuk membuat CV online secara gratis. Untuk bisa mengakses situs ini dan menggunakan berbagai fitur pembuat CV online yang tersedia, kamu harus melakukan registrasi untuk membuat akun dan log in.

Pada situs Venngage ini, tersedia cukup banyak tools editing yang memungkinkan kamu melakukan editing pada elemen desain CV, menambahkan pie chart, grafik, bahkan ikon.

Kalau kamu masih bingung gimana cara menggunakannya, kamu bisa mencari petunjuk di masing-masing situs. Pilihlah situs yang kamu rasa paling nyaman.

Bagaimana kalau misalnya nggak punya laptop? Tenang, sekarang ini bisa banget kok bikin CV di HP. Simak cara membuat CV yang mudah dan praktis langsung di HP, caranya ada artikel berikut ini: Begini Cara Membuat CV Lamaran Kerja di HP