HR Insight

Cara Membuat Slip Gaji Karyawan Di Microsoft Word dan Excel

cara membuat slip gaji

Slip gaji adalah dokumen berisi rincian komponen gaji yang diterima karyawan setiap bulan. Bagi perusahaan, slip gaji berfungsi sebagai dokumentasi resmi dalam manajemen gaji karyawan. Tahukah kamu, bagaimana cara membuat slip gaji? Slip gaji bisa kamu buat sendiri dengan memanfaatkan aplikasi Microsoft Excel atau Microsoft Word lho. Simak caranya berikut ini, yuk.

Cara Membuat Slip Gaji di Microsoft Word

Cara Membuat Slip Gaji di Microsoft Word

  1. Buat dulu database berisi komponen gaji di Microsoft Excel.
  2. Buka aplikasi Microsoft Word yang terdapat di komputer.
  3. Buat desain format slip gaji.
  4. Gabungkan database gaji yang ada di Microsoft Excel ke dalam format slip gaji menggunakan tool mail merge.
  5. Rapikan format slip gaji.

Apabila kesulitan menghubungkan database gaji di Microsoft Excel dengan Microsoft Word, maka kamu bisa memasukkan data-datanya secara manual. Tetapi cara ini membutuhkan lebih banyak waktu untuk membuat slip gaji. Selain itu, input data secara manual juga memiliki potensi terjadinya kesalahan input data.

Cara Membuat Slip Gaji di Microsoft Excel

Cara Membuat Slip Gaji di Microsoft Excel

Sebelum membuat slip gaji di Microsoft Excel, pastikan kamu sudah memiliki data yang akan dimasukkan sebagai komponen gaji. Biasanya, komponen gaji berisi informasi perusahaan, data karyawan, rincian gaji (gaji pokok, tunjangan, dan lainnya), potongan, dan tanggal slip gaji dikeluarkan. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Microsoft Excel dan buat lembar sheet terbaru.
  2. Gunakan kolom dan baris yang tersedia untuk membuat tabel database yang sesuai format slip gaji.
  3. Isi setiap tabel sesuai rincian komponen gaji yang berlaku di perusahaan.
  4. Beri nama sheet ini sebagai data karyawan.
  5. Buat sheet baru di Microsoft Excel untuk membuat format slip gaji. Kamu bisa memberi nama sheet sebagai slip gaji. Pemberian nama sheet yang berbeda bertujuan memudahkan dalam membedakan database dengan format slip gaji.
  6. Tambahkan border pada slip gaji.
  7. Gunakan rumus VLOOKUP untuk melakukan perhitungan otomatis setiap komponen gaji. Jangan lupa menambahkan rumus slip gaji dan rumus pajak penghasilan (PPh).
  8. Atur salah satu komponen untuk bisa mengambil data yang berasal dari tabel database data karyawan. Misalnya NIP. Dengan begitu, slip gaji akan terisi otomatis ketika NIK dimasukkan.

Contoh Slip Gaji

Untuk memberikan gambaran slip gaji yang dibuat menggunakan Microsoft Excel maupun Microsoft Word, berikut contohnya:

Contoh slip gaji yang dibuat dengan Microsoft Word:

Contoh slip gaji yang dibuat menggunakan Microsoft Word

Contoh slip gaji yang dibuat dengan Microsoft Excel:

Contoh slip gaji yang dibuat menggunakan Microsoft Excel

Slip gaji berguna sebagai bukti pembayaran atau dokumentasi dalam manajemen gaji perusahaan. Selain menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Excel, kamu juga bisa membuat slip gaji secara sederhana sesuai kebutuhan dan jenis usaha, seperti contoh slip gaji yang ada di artikel berikut: Contoh Slip Gaji Karyawan Sederhana dan Komponennya