Administrasi Lamaran Kerja

Cara Menolak Tawaran Kerja dengan Sopan dan Contohnya

Calon pekerja sedang memikirkan cara menolak tawaran kerja

Menolak tawaran kerja bisa saja loh dilakukan, misalnya karena alasan pekerjaan tersebut tidak cocok atau kita sudah meneriwa tawaran dari perusahaan lain. Agar penolakan yang kita lakukan tetap sopan dan bisa menjaga hubungan baik. Simak cara menolak tawaran kerja beserta contohnya berikut ini yuk.

Cara Menolak Tawaran Kerja

Ketika mengirimkan offering letter melalui email, umumnya HRD akan memberikan waktu 24 jam hingga 7 hari untuk calon kandidat memberikan jawaban. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam menolak tawaran kerja:

1. Segera Berikan Kabar

Begitu kamu sudah memutuskan untuk menolak tawaran kerja yang diberikan, jangan menunda untuk memberikan kabar ke perusahaan yang kamu tolak. Dengan begitu, perusahaan bisa menggunakan waktu mereka untuk mencari kandidat pengganti. 

2. Tunjukkan Rasa Terima Kasih

Cara menolak tawaran pekerjaan secara profesional bisa dimulai dari menunjukkan rasa terima kasih dan penghargaan atas penawaran kerja yang sudah dikirimkan. Sampaikan juga betapa berterimakasihnya kamu karena sudah dipertimbangkan sebagai kandidat potensial sehingga dikirimi offering letter.

Contoh menunjukkan rasa terima kasih:

Terima kasih banyak karena Bapak/Ibu sudah meluangkan waktu untuk membaca surat lamaran kerja beserta surat pendukung lamaran kerja yang saya kirimkan, juga sudah memberikan kesempatan wawancara sehingga saya bisa mengenal perusahaan dengan lebih baik. Ini jadi pengalaman tak terlupakan bagi saya, bahkan kini Bapak/Ibu juga mengirimi saya offering letter untuk mengisi posisi staf administrasi di perusahaan Anda. 

3. Berikan Alasan yang Jelas dan Baik

Alasan yang Jelas dan Baik

Tentu ada banyak alasan mengapa kamu akhirnya menolak tawaran kerja. Beberapa alasan umum, antara lain sudah bekerja di perusahaan lain, tidak sesuai dengan pengalaman, salary tidak cocok dengan jobdesc, dan lainnya. Apa pun alasannya, kamu harus menjelaskan alasanmu dengan baik dan sopan. 

Beberapa contoh penjelasan alasan untuk menolak tawaran kerja:

Sebenarnya saya sangat tertarik untuk bekerja di perusahaan Anda dan sudah lama saya nantikan. Tetapi mohon maaf, saya tidak bisa bergabung dengan perusahaan karena saat ini saya sudah bekerja di perusahaan lain.

4. Menjaga Hubungan dan Komunikasi

Menolak penawaran kerja tetap bisa menjadi peluang kamu membangun koneksi profesional yang lebih luas. Untuk itu, utarakan keinginanmu untuk tetap menjalin hubungan baik dengan perusahaan. Selain membuat perusahaan lebih dihargai, kamu juga berpeluang menjalin kerja sama di kemudian hari. 

Contoh: 

Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas waktu dan dukungan Anda selama saya menjalani proses rekrutmen di perusahaan ini. Saya berharap yang terbaik untuk Anda dan perusahaan ini. Semoga kita tetap bisa saling berkomunikasi.

Sebelum mengirim balasan berisi penolakan, pastikan kamu mengubah subject email menjadi: Declining [Job Title] Offering Letter at [Company Name]. Setelah itu baca ulang pesan yang kamu ketik untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan atau typo. Kirimkan email penolakan ini di hari dan jam kerja untuk menunjukkan profesionalitas kamu.

Selain beberapa cara menolak tawaran kerja di atas, gestur lain yang bisa kamu lakukan adalah mereferensikan orang lain untuk posisi tersebut, dengan cara membuat dokumen referensi kerja. Nah, seperti apa contohnya? Simak artikel berikut ini: Contoh Surat Referensi Kerja

Contoh Email Menolak Tawaran Kerja

Contoh Email Menolak Tawaran Kerja

Setelah mengetahui cara menolak tawaran kerja yang baik, kamu bisa mempelajari beberapa contoh email menolak tawaran kerja sesuai kebutuhan berikut ini.

1. Contoh Menolak Tawaran Kerja dengan Sopan

From: Clarine Chatarina <clarinecp@gmail.com>

To: hrd@antibadai.com

Subject: Declining Tawaran Posisi Staf Administrasi PT Anti Badai

Yth. HRD PT Anti Badai

di tempat

Saya sangat berterima kasih atas penawaran kerja sebagai staf administrasi di PT Anti Badai. Saya juga berterima kasih atas bantuan Bapak/Ibu selama menjalani proses rekrutmen.

Sebenarnya, saya sangat tertarik untuk bekerja di perusahaan Anda dan posisi pekerjaan ini merupakan impian saya. Namun, mohon maaf, saya tidak bisa bergabung dengan perusahaan pada kesempatan ini karena sudah bekerja di perusahaan lain.

Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas waktu dan kepercayaan yang Anda berikan. Semoga kita bisa bekerja sama di lain kesempatan.

Hormat saya,

Clarine Chatarina

2. Contoh Menolak Tawaran Kerja karena Jauh

From: Clarine Chatarina <clarinecp@gmail.com>

To: hrd@antibadai.com

Subject: Declining Tawaran Posisi Staf Administrasi PT Anti Badai

Yth. HRD PT Anti Badai

di tempat

Saya sangat berterima kasih atas penawaran kerja sebagai staf administrasi di PT Anti Badai. Saya juga berterima kasih atas bantuan Bapak/Ibu selama menjalani proses rekrutmen. Namun setelah mempertimbangkannya dengan matang, saya tidak bisa menerima tawaran untuk bekerja di perusahaan ini karena jarak rumah dengan kantor yang terlalu jauh.

Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas waktu dan kepercayaan yang Anda berikan. Semoga kita bisa bekerja sama di lain kesempatan.

Hormat saya,

Clarine Chatarina

3. Contoh Menolak Tawaran Kerja karena Gaji Tidak Sesuai

From: Clarine Chatarina <clarinecp@gmail.com>

To: hrd@antibadai.com

Subject: Declining Tawaran Posisi Staf Administrasi PT Anti Badai

Yth. HRD PT Anti Badai

di tempat

Saya sangat berterima kasih atas penawaran kerja sebagai staf administrasi di PT Anti Badai. Saya juga berterima kasih atas bantuan Bapak/Ibu selama menjalani proses rekrutmen. Namun, mohon maaf, untuk saat ini saya belum bisa menjadi bagian dari perusahaan yang Ibu pimpin.

Sesuai dengan yang saya utarakan pada saat interview bahwa saya melamar juga di perusahaan lain. Tepat 2 hari yang lalu, saya mendapatkan penawaran resmi dari perusahaan tersebut. Setelah mempertimbangkan benefit dan tunjangan yang diberikan, saya merasa perusahaan X lebih cocok dengan kemampuan serta pengalaman yang saya miliki.

Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas waktu dan dukungan Anda selama saya menjalani proses rekrutmen di perusahaan ini. Saya berharap yang terbaik untuk Anda dan perusahaan ini.

Hormat saya,

 

Clarine Chatarina

4. Contoh Menolak Tawaran Kerja Bahasa Inggris

From: Clarine Chatarina <clarinecp@gmail.com>

To: hrd@antibadai.com

Subject: Declining Administration Staff Position at PT Anti Badai

To whom it may concern,

Good Morning

First of all, I would like to thank you for offering me the administration staff position at your company. Not to mention the process throughout the recruitment process, thank you for accompanying me.

This position seems like a great opportunity to improve myself. But, after many careful considerations, I must decline the job offer because I have accepted a position with another company.

It’s been a pleasure getting to know you. I hope that we cross paths in the future and your company finds the best possible candidate for this position.

Regards,

 

Clarine Chatarina

 –

Nah itulah cara menolak tawaran kerja dengan sopan dan contohnya. Namun, jika kamu ternyata berubah pikiran dan ingin menerima tawaran kerja tersebut. Kamu bisa mempelajari cara membalasnya di artikel berikut ini: Offering Letter: Contoh dan Cara Membalasnya