Interview Kerja

Cara Menjawab “Ceritakan tentang Diri Anda” dan Contohnya

Ceritakan diri anda saat Interview

Salah satu pertanyaan interview kerja yang paling sering ditanyakan oleh rekruter adalah ‘Ceritakan tentang Diri Anda’. Biasanya, pertanyaan ini muncul sebagai pertanyaan pertama, karena kamu memang perlu memperkenalkan diri terlebih dahulu sebelum sesi interview yang sesungguhnya dimulai. Nah, ini cara memperkenalkan diri saat interview kerja agar peluang kamu diterima bekerja semakin besar. 

Alasan Interviewer Meminta untuk “Ceritakan tentang diri Anda”

alasan pertanyaan interview

Interviewer meminta ‘Ceritakan tentang Diri Anda’ bertujuan untuk mengetahui kepribadian pelamar kerja dan sejauh mana mereka mengenal diri sendiri. Ini akan membantu rekruter dalam mempertimbangkan kesesuaian posisi yang dilamar dengan kepribadian kandidat.

Pertanyaan yang Serupa dengan “Ceritakan tentang diri Anda”

Pertanyaan yang serupa dengan ‘ceritakan tentang diri Anda’ ada beberapa macam, di antaranya:

  • Tolong jelaskan CV kamu.
  • Beritahu kami, sesuatu tentang diri kamu yang tidak ada di dalam CV.
  • Apa hal unik yang ada pada diri kamu?

Cara dan Tips Menjawab “Ceritakan tentang diri Anda”

Perkenalan interview kerja menggunakan storytelling

Menceritakan tentang diri kamu tidak sama dengan menceritakan tentang kehidupan kamu. Itu sebabnya, pastikan kamu mengutarakan hal-hal profesional berkaitan dengan posisi yang dilamar. Kamu bisa menjawab mulai dari nama, usia, dan latar belakang pendidikan untuk fresh graduate. Jika kamu sudah pernah bekerja, maka ceritakan juga pengalaman kerja kamu sebelumnya yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Baru setelahnya, ceritakan skill relevan dengan posisi yang dilamar.

Cara menjawabnya: buka dengan penjelasan di masa sekarang. Kemudian, berceritalah dengan alur mundur mengenai pengalamanmu. Jangan lupa tonjolkan pencapaian yang kamu miliki. Selain itu, perhatikan tatanan bahasa dan gaya penyampaian, pilihlah kalimat yang efektif. Kamu juga tidak boleh menghafal jawaban, apalagi sampai mengulang isi dalam CV. Batasi waktu kamu untuk menjawab dengan durasi maksimal 2 menit saja.

Contoh Jawaban “Ceritakan tentang diri Anda”

Ceritakan tentang diri Anda bisa berbeda cara penyampaiannya, tergantung pada status kandidat sebagai fresh graduate, pekerja berpengalaman, atau posisi yang dilamar. Berikut beberapa contoh jawaban pertanyaan interview kerja yang bisa jadi referensi. 

1. Contoh Jawaban ‘Ceritakan tentang diri Anda’ untuk Fresh Graduate

“Perkenalkan, saya Clarine Chatarina, lulusan Universitas Pantang Mundur dengan jurusan Ilmu Komunikasi. Sewaktu kuliah, saya pernah magang sebagai social media admin di perusahaan Happy Selalu selama 3 bulan. Di kampus, saya juga humas eksternal di BEM selama 1 tahun masa jabatan. Berdasarkan latar belakang pendidikan dan pengalaman tersebut, saya berharap bisa memberikan kontribusi bagi perusahaan sesuai posisi lowongan public relation. Dengan begitu, saya bisa mempraktikkan ilmu yang saya miliki selama masa perkuliahan.”

2. Contoh Jawaban ‘Ceritakan tentang diri Anda’ untuk Digital Marketing

“Perkenalkan. Nama saya, Meidina Amalia. Saya telah bekerja selama 3 tahun sebagai content marketing. Saat ini, saya bekerja sebagai senior content editor di CariTahu. Saya bertanggung jawab atas pemilihan topik, penyuntingan, jadwal tayang artikel, hingga traffic website. Selama bekerja di CariTahu, saya juga mengerjakan konten untuk marketing campaign dan membantu menyusun beberapa acara marketing. Saya sangat menyukai pekerjaan saya saat ini, tetapi saya ingin terus mengembangkan karier. Saya percaya, posisi di perusahaan ini cocok dengan kemampuan dan career goals yang saya miliki.”

3. Contoh Jawaban ‘Ceritakan tentang diri Anda’ untuk Sales

“Perkenalkan. Nama saya, Veina Larasati. Saya memiliki pengalaman sebagai supervisor bidang penjualan PT Happy Ending selama 5 tahun. Selama bekerja, saya bertanggung jawab dalam mengelola tim penjualan yang beranggotakan 15 orang. Saya berhasil memastikan target penjualan perusahaan selalu tercapai. Saya berharap dapat memberikan kontribusi besar bagi perusahaan ini dengan ilmu dan pengalaman yang saya miliki di bidang sales.”

4. Contoh Jawaban ‘Ceritakan tentang diri Anda’ untuk Admin

Ceritakan tentang diri Anda

“Nama saya, Gempita Anjani. Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai staf administrasi gudang di PT Jarum Besi selama 3 tahun. Selama bekerja, saya bertugas membuat laporan administrasi terkait barang masuk dan keluar dari gudang, juga mencatat dan mengklasifikasikan barang sesuai jenisnya. Saya juga bertanggung jawab atas pembuatan surat jalan. Saya memiliki keterampilan Microsoft Office dan Microsoft Excel yang baik. Saya menyukai pekerjaan ini, namun ingin meningkatkan jenjang karier. Itu sebabnya, saya berharap bisa berkontribusi di perusahaan ini mengingat saya sudah memiliki pengalaman dan skill administrasi.” 

5. Contoh Jawaban ‘Ceritakan tentang diri Anda’ untuk Magang

“Nama saya, Almond Wijaya. Saat ini, saya sedang berkuliah di Universitas Berhak Bahagia jurusan komunikasi semester 7. Di kampus, saya dipercaya menjadi pimpinan redaksi Komunitas Pers Mahasiswa selama satu tahun. Selain aktif dalam organisasi kampus, saya juga sering menulis artikel di blog. Saya berharap dengan kemampuan yang saya miliki, saya bisa menjadi bagian perusahaan Media Berkah Abadi dan membawa kemajuan yang signifikan.”

Gimana, apakah kamu sudah ada gambaran lebih baik untuk menceritakan apa ke rekruter tentang diri sendiri? Kalau sudah, pertanyaan selanjutnya yang perlu kamu pelajari jawabannya, adalah “apa alasan kamu melamar pekerjaan ini?”. Simak jawaban untuk pertanyaan tersebut di sini: Ini Jawaban Alasan Melamar Pekerjaan yang Tepat