HR Insight

Contoh Kompensasi yang Diberikan Perusahaan pada Karyawan

contoh kompensasi

Kompensasi adalah imbalan yang diberikan perusahaan atas kontribusi karyawan berupa uang tunai atau non-tunai. Kontribusi karyawan yang dimaksud bisa berupa durasi pengabdian, keahlian yang dimiliki, atau komitmen terhadap perusahaan. Sebagai HRD, sudah tentu kamu harus mengetahui kompensasi apa saja yang diterima karyawan. Nah, simak contoh kompensasi yang umum diberikan perusahaan pada penjelasan berikut ini.

Kompensasi Finansial

Kompensasi finansial secara langsung adalah imbalan untuk kinerja karyawan yang diberikan secara langsung berupa uang tunai, sedangkan kompensasi finansial tidak langsung adalah imbalan yang diberikan kepada karyawan melalui pihak ketiga.

Secara langsung bisa berupa upah, gaji, tunjangan, insentif, atau bentuk lain yang bukan berupa benda maupun fasilitas. Karena berbentuk uang, maka kompensasi ini akan masuk dalam perhitungan penghasilan upah karyawan setiap bulan dan kena pemotongan pajak penghasilan (PPh 21).

Dan secara tidak langsung misalnya pemberian cuti kerja berbayar (karyawan bisa cuti tanpa pemotongan gaji dengan jumlah hari cutinya ditentukan perusahaan), program kesejahteraan sosial (asuransi kesehatan dan program pensiun), Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), atau bisa pula berbentuk fasilitas kantor (mobil perusahaan, rumah dinas, paket internet, dan sebagainya).

Kompensasi Non Finansial

Kompensasi non finansial adalah kompensasi yang tidak berbentuk uang maupun fasilitas, tetapi tetap memberikan dampak positif bagi karyawan. 

Contohnya bisa berupa lingkungan kerja yang nyaman, budaya kerja perusahaan yang menyenangkan, program pelatihan untuk meningkatkan keahlian kerja, pengembangan karir, jenjang karir yang menjanjikan, tim kerja yang solid, jam kerja fleksibel, dan lain sebagainya. 

Kompensasi merupakan imbalan atas kinerja karyawan yang memberi dampak positif terhadap peningkatan produktivitas dan motivasi karyawan dalam bekerja. Selain pemberian kompensasi, perusahaan juga perlu memberi lembur bagi karyawan yang bekerja melebihi jam kerja seharusnya. Cari tahu lebih lengkap mengenai lembur di artikel berikut: Apa Itu Lembur? Ini Jenis-Jenis Lembur dan Aturannya.