Cover Letter

Contoh Motivation Letter Untuk Melamar Kerja

contoh motivation letter

Motivation letter adalah surat menjelaskan bahwa kamu merupakan kandidat terbaik untuk mengikuti suatu kegiatan atau program, seperti untuk magang, melamar kerja, mengajukan beasiswa, dan sebagainya. Apakah kamu ingin membuat motivation letter untuk magang atau kerja, tetapi bingung mulai dari mana? Mulai dari sini aja yuk. Lihat dan pelajari contoh berikut yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Contoh Motivation Letter

1. Contoh Motivation Letter Untuk Keperluan Magang

Motivation Letter Untuk Magang

2. Contoh Motivation Letter Untuk Melamar Kerja

Yth. Herryjanto Candra,
Hiring Manager PT Luar Angkasa Indah

Perkenalkan, nama saya Lintang Gemintang, S1 Teknik Informatika dari Universitas Angkasa tahun 2022. Dalam satu tahun terakhir, saya memperhatikan perkembangan bisnis PT Luar Angkasa Indah yang mulai go digital dan memiliki progress yang baik. Maka, saya pun memberanikan diri melamar pada posisi Digital Marketing di PT Luar Angkasa Indah.

Saya yakin, dengan minat, latar belakang pendidikan, sertifikasi digital marketing yang sudah selesai saya lakukan di beberapa lembaga pendidikan luar kampus, juga pengalaman saya menjadi freelancer digital marketing selama 2 tahun, bisa berkontribusi besar bagi perkembangan PR Luar Angkasa Indah di masa depan.

Bebeberapa pencapaian yang telah saya dapatkan selama berkarir sebagai digital marketer, antara lain:

  1. Merancang dan melaksanakan digital marketing campaign yang memberi dampak peningkatan engagement di semua marketing channel hingga 80% dalam waktu 6 bulan kerja.
  2. Meningkatkan conversion rate dan revenue sebesar 20% per enam bulan project

Selain dua pencapaian tersebut, masih ada beberapa pencapaian lainnya yang nanti bisa saya ceritakan secara langsung jika Bapak berkenan memberi saya waktu untuk bertemu dengan Bapak. Besar harapan saya, kita bisa berdiskusi lebih lanjut. 

Demikian motivation letter ini saya buat. Terima kasih atas kesediaan Bapak membaca surat ini. Saya tunggu kabar baiknya, ya.

Dengan hormat,

Lintang Gemintang

3. Contoh Motivation Letter Dalam Bahasa Inggris

Dear Mrs. Margarita, 

I’m Sita, a copywriter, and writer who loves to write. My writing career spans more than 10 years, and I have published more than 180 books, including 5 best sellers books. Besides writing articles for websites and media, I also contribute to various blogs.

With my experience in writing books, thousands of articles, and copywriting, I applied to join PT Collaboration as a Head Content Writer. I am sure that my passion for writing and creative industries combined with working in your company will be a unique and wonderful experience for both of us.

Writing, conducting research, and even recognizing users’ needs for quality content are also skills I acquired while working in the creative industry. I like working independently or as a team where I can share creative ideas.

Let’s meet and discuss directly so I can tell you what ideas I want to realize with PT Collaboration.

Sincerely,

Sita

Mudah kan membuat motivation letter? Segera bikin surat motivasi yang bagus agar peluang kamu diterima bekerja semakin besar. Jangan lupa, lampirkan motivation letter saat mengirim Curriculum Vitae (CV). Yuk, pelajari juga tentang CV dengan membaca artikel ini: Curriculum Vitae (CV): Apa Itu & Bagaimana Cara Membuatnya