Cover Letter

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Memikat HRD

Membuat surat lamaran kerja bahasa inggris

Menggunakan bahasa Inggris untuk surat lamaran kerja kamu bisa menambah kredibilitas sebagai pencari kerja, terutama untuk lowongan pekerjaan yang mensyaratkan bahasa Inggris sebagai salah satu keahlian yang harus dimiliki.

Bagaimana struktur dan contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris? Simak, yuk.

Struktur Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Hal penting yang kamu perhatikan ketika menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris adalah struktur atau format umum yang perlu kamu penuhi, di antaranya:

  • Heading atau kepala surat, berisi data kontak kamu sehingga memudahkan rekruter jika hendak menghubungi kamu.
  • Salutation, merupakan salam pembuka yang disertai dengan sapaan kepada rekruter.
  • Opening paragraph, upayakan berisi keunggulanmu atau apa yang bisa kamu berikan untuk perusahaan. Tujuannya, untuk menarik perhatian rekruter agar mencari tahu lebih banyak tentang kamu.
  • Second paragraph, bisa berisi tentang minat kamu terhadap posisi yang ditawarkan dan bagaimana keahlian kamu bisa mendukung kesuksesan kamu bekerja di bidang tersebut.
  • Third paragraph jika ada, kamu perlu meyakinkan rekruter bahwa kamu orang yang cocok berada pada posisi yang kamu lamar.
  • Closing statement, tuliskan harapan kamu diberi kesempatan wawancara dan berdiskusi supaya rekruter bisa mencari tahu secara langsung potensi yang ada di dalam diri kamu.
  • Salam penutup bisa berupa yours faithfully, regards, sincerely, respectfully, dan sebagainya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Sederhana

Subject: Rizki Alfiansyah – Customer Service Position

Dear Hiring Manager,

I’m writing to express my interest in the Customer Service position listed on your company website. I have three years of experience in customer service. I’ve always strived to deliver proactive, tailored, and timely support, making customers consistently feel cared for.

In my prior role as a Customer Service at ABC Company. I gained extensive experience in handling customer questions and concerns in a timely and professional manner. Also, provide the best possible information to consumer queries.

I take pride in conducting myself in a professional manner when representing a company. I thoroughly enjoy getting to know customers and figuring out how best to serve their needs. At ABC Company, I was consistently at the top of the list for the most positive customer feedback each month.

I look forward to discussing my qualifications with you. Please let me know if I should provide any additional information. Thank you very much for your time and consideration.

Thank you.

Rizki Alfiansyah

 

0888-123-1234

rizki.alfiansyah@email.com

2.  Contoh Untuk Fresh Graduate

Untuk fresh graduate yang belum berpengalaman, kamu bisa langsung menyebutkan latar belakang pendidikan, pencapaian nilai terakhir, dan kemampuan yang kamu miliki. Selain itu, kamu bisa memasukkan pengalaman magang maupun hasil studi yang pernah kamu lakukan untuk mendukung kalau kamu punya potensi untuk posisi yang kamu lamar.

Surat lamaran kerja bahasa inggris fresh graduate

 

3. Contoh Untuk yang Sudah Memiliki Pengalaman Bekerja

Bagi kamu yang sudah memiliki pengalaman bekerja, kamu bisa menuliskan pengalamanmu pada pekerjaan sebelumnya. Terangkan bidang pekerjaan yang menjadi tanggung jawabmu, apa saja job description yang kamu lakukan, dan bagaimana pencapaian yang berhasil kamu raih.

Contoh surat lamaran kerja bahasa inggris berpengalaman

4. Contoh Untuk Content Writer

Surat lamaran kerja bahasa inggris content writer

5. Contoh Untuk Web Developer

Contoh surat lamaran kerja bahasa inggris web developer

6. Contoh Untuk Desain Grafis

Bagi kamu pekerja kreatif, kamu bisa menonjolkan keahlianmu dalam menggunakan tools atau perangkat pendukung. Selain itu, cantumkan softskill yang dibutuhkan seorang pekerja kreatif untuk bisa berkontribusi besar terhadap perusahaan.

Contoh surat lamaran kerja bahasa inggris desainer

7. Contoh Untuk Digital Marketer

Jika kamu juga ingin berkarier sebagai seorang digital marketer, cantumkan studi kasus atau project yang pernah kamu selesaikan dengan baik. Sertakan pula pencapaian kamu dalam project tersebut dalam bentuk angka atau data. Dengan cara ini, peluang kamu untuk menarik perhatian rekruter menjadi semakin besar.

Contoh surat lamaran kerja bahasa inggris digital marketer

8. Contoh Untuk Sales Consultant

Contoh surat lamaran kerja bahasa inggris sales consultant

Setelah mengetahui contoh cover letter bahasa Inggris, lengkapi juga dokumen lamaran kerjamu dengan CV bahasa Inggris yang bisa kamu pelajari contohnya di artikel berikut: Contoh CV Bahasa Inggris yang Bisa Menginspirasi Kamu

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris 

Di dalam cover letter, kamu tak perlu panjang lebar menjelaskan siapa kamu beserta identitas diri dan latar belakang pendidikan, karena beberapa informasi tersebut akan dijelaskan di dalam CV. Tampilkan secukupnya kontak di bagian heading atau kepala surat, supaya rekruter bisa lebih mudah menghubungi kamu.

Lalu fokuskan isinya pada keunggulan yang kamu miliki, seperti:

  • Bidang pekerjaan yang sudah pernah kamu kerjakan.
  • Skill atau keahlian mumpuni yang kamu miliki dan relevan dengan pengalaman serta posisi yang kamu lamar.

Contoh di atas bisa kamu jadikan referensi dalam membuat surat lamaran kerja yang menarik. Apalagi kalau kamu melamar ke luar negeri atau ke perusahaan-perusahaan multinasional.

Setelah kamu selesai nanti, pastikan kamu tahu apa saja syarat yang perlu kamu siapkan. Jadi surat lamaran ini dikirim bersamaan dengan syarat administrasi yang lainnya. Simak artikel berikut untuk informasi lengkapnya yuk: 7 Persyaratan Lamaran Kerja yang Paling Sering Diminta Perusahaan