Administrasi Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate, Buat HR Terkesan!

sedang interview

Bagi fresh graduate yang baru menyelesaikan pendidikan dan ingin memasuki dunia kerja, maka perlu membuat surat lamaran pekerjaan. Melalui surat inilah jobseeker bisa menjelaskan keahlian yang dimiliki secara lengkap dan detail. Nah, kamu sudah tahu belum sih, bikin surat lamaran kerja itu gimana? Kalau belum, berikut ini beberapa contoh surat lamaran kerja yang bisa bikin HR terkesan. Yuk, baca selengkapnya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate Bahasa Indonesia

Yth. HRD PT Pelangi Biru
Jalan Bangka 3, Jakarta Selatan.

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh Adi Putra, Sales Executive di PT Pelangi Biru, saat ini tersedia lowongan pekerjaan sebagai sales canvasser. Bersama surat ini, saya mengajukan diri untuk melamar pada posisi tersebut. 

Berikut ini terlampir data diri saya:

Nama : Tridarma Susanto
Tempat, Tanggal Lahir: Banjarmasin, 10 Desember 2000
Pendidikan Terakhir : S1 Manajemen | Universitas Bekasi
Alamat : Jalan Jagakarsa No. 45, Jagakarsa, Jakarta Selatan
Nomor HP : 081212345678
Alamat Email : tridarmasusanto@gmail.com

Sebagai anak perantauan, saya sudah terlatih untuk tangguh dalam menghadapi tantangan kehidupan. Saya berpengalaman sebagai sales part time, di mana saat tidak ada jadwal kuliah, maka saya akan menjadi sale lapangan produk makanan. Hasilnya, saya bisa membiayai kuliah saya sendiri mulai tahun kedua dan tidak lagi meminta orang tua mengirimi saya uang kuliah semesteran. Saya mampu berkomunikasi dengan baik, berorientasi pada target, pantang menyerah, dan pandai mencari solusi saat menghadapi masalah. Saya yakin dengan pengalaman saya tersebut, saya bisa menjadi sales canvasser yang baik bagi perusahaan ini dan meningkatkan penjualan.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan juga beberapa dokumen berikut:

  1. CV
  2. Surat lamaran kerja
  3. Fotocopy ijazah terakhir
  4. Fotocopy transkrip nilai
  5. Fotocopy KTP
  6. Pasfoto terbaru ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar

Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat. Besar harapan saya dapat bergabung di PT. Pelangi Biru sebagai sales canvasser. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd.

Tridarma Susanto

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate Bahasa Inggris

Dear Miss Michelle,

This letter is an inquiry regarding the possibility of working for your company. I have noticed that your company is looking for a Secretary which you have advertised on LinkedIn and your social media.

I believe that I meet all the requirements that your company needs. As a fresh graduate in Public Administration from Jakarta University, I have great knowledge about operating computers, skilled in English (writing and speaking fluently), and communicate. 

During my study, I maintained a 3.5 GPA. I also have internship experience working as an administrative staff in PT Brastagi for 3 months.

I have attached my CV, which details all my qualifications. I would appreciate every opportunity to discuss myself and continue the next recruitment process. Please let me know if you have any good news soon. Thank you

Sincerely,

Pribadi Anugrah

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate SMA/SMK

Kepada HRD PT Jaya Abadi
di
Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Wirabuana Perkasa
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 30 Juli 2005
Pendidikan Terakhir : SMA
Alamat : Jalan Nusantara Megah No. 17, Bekasi

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan dari grup whatsapp alumni SMA 3 Bekasi, PT Jaya Abadi sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Admin Media Sosial. Saya pun mengirimkan surat ini untuk mengajukan surat lamaran kerja.

Selama sekolah, saya membantu orang tua menjalankan bisnis online di Instagram. Saya membuatkan konten secara berkala, mengunggah konten di Instagram dan Facebook, membangun interaksi dengan pelanggan, dan membalas komentar, bahkan direct message yang pelanggan kirimkan. Saya percaya, pengalaman saya ini akan membantu perusahaan mengelola media sosial, membangun interaksi, bahkan saya bisa juga membuatkan content planning.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa dokumen pendukung:

  1. Portofolio berisi desain konten media sosial yang pernah saya buat.
  2. Fotocopy ijazah terakhir yang telah dilegalisir.
  3. Surat referensi sekolah.
  4. Fotocopy KTP yang masih berlaku
  5. Fotocopy SKCK.
  6. Pas foto 4×6 2 lembar

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Semoga Bapak/Ibu memberi kesempatan dengan memanggil saya interview, sehingga saya bisa menceritakan lebih banyak pengalaman saya dan apa yang bisa saya lakukan untuk membantu perusahaan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Jakarta, 26 November 2022
Hormat saya,

Wirabuana Perkasa

Apa yang Perlu Ditonjolkan oleh Fresh Graduate?

surat lamaran Fresh Graduate

1. Hubungkan Keahlian dengan Posisi Pekerjaan

Sebagai fresh graduate, wajar kalau kamu belum memiliki pengalaman bekerja. Meski begitu, bukan berarti kamu nggak punya kemampuan untuk bekerja dengan baik, kan? Maka untuk memperbesar peluang kamu diterima bekerja, buatlah rekruter terpikat dengan informasi yang kamu cantumkan dalam surat lamaran pekerjaanmu. 

Caranya, tuliskan keahlian dan pengalaman yang pernah kamu lalui. Pengalaman di sini bukan berarti kamu bekerja di perusahaan. Membantu orang tua berdagang, mengelola majalah sekolah, jadi penulis lepas, atau pernah menjadi ketua OSIS, pasti suatu pengalaman berharga yang meningkatkan kemampuanmu.

Selain itu, boleh juga kamu menuliskan hard skills (keahlian yang kamu pelajari semasa pendidikan tinggi), maupun soft skills (kemampuan lain yang berkembang dengan baik di dalam diri kamu), yang akan meningkatkan kualifikasi kamu sebagai kandidat yang cocok dengan posisi yang dilamar.

2. Tonjolkan Pengalaman Magang atau Kegiatan Kemahasiswaan

Ketiadaan pengalaman bekerja bisa kamu gantikan kok dengan kegiatan kemahasiswaan atau pengalaman magang yang pernah kamu ikuti. Kalau kamu perhatikan contoh surat lamaran kerja di atas, kamu bisa melihat Tridarma Susanto menuliskan pengalamannya jadi sales part time di sela waktu kuliah, atau seperti Wirabuana Perkasa yang menuliskan pengalamannya membantu bisnis onlien orang tuanya dengan mengelola Instagram. Nah, pengalaman seperti itu bisa juga kamu masukkan. Contoh lain terkait kegiatan kemahasiswaan, bisa dilihat di bawah ini:

Contoh: 

Sebagai customer service, saya akan sering berhadapan dengan klien dari perusahaan Bapak/Ibu, baik yang datang ke kantor atau yang melakukan sambungan melalui telepon/email. Berdasarkan hasil riset yang saya lakukan, saya mengetahui kalau klien perusahaan ini banyak dari Perancis. Kebetulan selama kuliah, saya ikut kegiatan kemahasiswaan Bahasa Perancis dan pernah menjadi siswa yang terpilih mengikuti pertukaran pelajar selama 2 bulan ke Perancis. Saya yakin, keahlian saya dalam berbahasa Perancis bisa membantu kelancaran bisnis di perusahaan Bapak/Ibu.

Lalu, bagaimana menjelaskan keahlian kamu sebagai seorang lulusan SMA? Ya, sama saja seperti penjelasan di atas. Kamu bisa menjelaskan pengalamanmu saat mengikuti kegiatan ekstrakulikuler, kursus, organisasi remaja, saat menjadi relawan, bahkan saat membantu orang tua bekerja. 

Contoh:

PT Inderma Nusa ini memiliki cukup banyak kegiatan CSR yang berhubungan dengan kemanusiaan, termasuk penanggulangan bencana. Ini sesuai dengan minat saya yang besar terhadap kemanusiaan. Apalagi saya pernah menjadi relawan yang dikirim ke daerah bencana alam. Nah, sebagai social media strategist di perusahaan ini nanti, saya yakin pengalaman saya akan sangat berguna. 

Prinsipnya, pikirkan minat, keterampilan, dan keahlian yang kamu miliki. Lalu lihat, apakah semua hal tersebut relevan dan memang dibutuhkan saat kamu menjalankan tugasmu di posisi yang kamu lamar. 

3. Jelaskan Dengan Antusias Alasan Kamu Kandidat yang Cocok

Perusahaan yang membuka lowongan kerja untuk fresh graduate, sudah tentu paham dan memahami kalau kamu belum memiliki banyak pengalaman kerja. Jadi, ekspektasi mereka sudah tentu bukan berdasarkan pengalaman calon karyawan, melainkan seberapa antusias kamu belajar dan bersungguh-sungguh dalam bekerja, termasuk effort selama mempersiapkan diri untuk mengikuti proses rekrutmen. Inilah yang harus kamu tunjukkan dan bagaimana kamu menggambarkan semua kemampuanmu secara spesifik dan unik.

Contohnya:

Sepengetahuan saya dari mengikuti perjalanan perusahaan Anda, akan ada klinik cabang yang buka pada bulan depan. Lokasinya kebetulan dekat dengan perumahan ekspatriat berkebangsaan Perancis. Saya yakin, kemampuan saya berbahasa asing, baik bahasa Inggris dan bahasa Perancis, akan menjadi aset yang bagus untuk klinik tersebut. Saya bisa menjadi jembatan komunikasi bagi pelanggan dan perusahaan, termasuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin terjadi. Dari komunikasi yang terjalin baik inilah nantinya bisa mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan tetap.

Kesalahan yang Perlu Dihindari dalam Penulisan Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

interview

Jangan Buat Satu Lamaran Kerja untuk Semua Lowongan

Ketika mendapatkan beberapa informasi lowongan pekerjaan dalam waktu bersamaan, artinya kamu mendapatkan beberapa kesempatan baik untuk meraih kesuksesan yang kamu impikan. Maka, perlakukan setiap kesempatan itu dengan istimewa. Caranya bagaimana? Ya, kamu buat satu surat lamaran kerja hanya untuk satu lowongan kerja. Jika lowongannya banyak, artinya surat yang kamu buat juga banyak. 

Mengapa kok jadi repot begitu? Masalahnya, kamu tidak akan tahu setiap lowongan itu, apakah bersumber dari satu manajemen perusahaan atau tidak. Jangan sampai kan, kamu mengirimkan surat lamaran kerja yang sama ke tiga perusahaan berbeda, misalnya. Ternyata, ketiga perusahaan itu bernaung di satu perusahaan induk, dan tim rekruternya juga sama. Kalau ini yang terjadi, tentu kamu akan mudah tersingkir dan kesempatan mendapatkan pekerjaan pun jadi hilang.

Jadi, apa yang harus dilakukan?

  • Perlakukan setiap surat lowongan kerja secara istimewa. Satu surat lamaran hanya untuk satu lowongan.
  • Isi surat lamaran pekerjaan harus menyesuaikan kelebihan dan keahlian yang kamu miliki dengan posisi pekerjaan yang tersedia.
  • Buat surat lamaran kerja unik dan berbeda. Tujuannya, agar kamu juga terlihat berbeda dibandingkan kandidat lain. Dengan cara ini, rekruter pun jadi lebih mudah mengenali keunikan kamu dan kamu terlihat lebih unggul dibandingkan pelamar lainnya.

Jangan Bertele-tele

Menuliskan surat lamaran kerja sebaiknya to the point (tidak bertele-tele). Tidak perlu menggunakan istilah-istilah yang sulit dipahami hanya demi terlihat pintar. Sebab, orang yang pintar sebenarnya mampu menyederhanakan yang rumit lho.

Selain itu, tak perlu mencantumkan informasi yang terlalu banyak hanya untuk menutupi kalau kamu sebenarnya nggak punya pengalaman mumpuni. Apalagi kalau informasinya ternyata juga nggak relevan dengan posisi incaranmu.

Alangkah baiknya semua informasi di dalam surat lamaran ditulis dengan percaya diri, ringkas, dan bisa mendukung kamu bekerja dengan baik, sehingga rekruter juga lebih mudah mengenali kualifikasimu.

Saat mempelajari contoh surat di atas, pasti kamu menemukan adanya pencantuman foto. Melampirkan foto memang penting. Sebab, rekruter juga butuh tahu dengan siapa ia nanti harus bertemu (jika kamu lolos ke tahap selanjutnya). Itu sebabnya, pas foto menjadi salah satu kebutuhan administrasi yang wajib kamu penuhi. Yuk, cek juga Tips Membuat Foto Lamaran Kerja Profesional.