HR Insight

Alasan Pentingnya Employer Branding bagi Perusahaan

HR sedang membahas strategi employer branding

Employer branding adalah bagaimana reputasi perusahaan di mata pencari kerja dan karyawan perusahaan. Di era media sosial sekarang ini, banyak perusahaan mulai membangun citra mereka secara online atau dikenal juga sebagai employer branding. Kenapa employer branding penting bagi perusahaan? Aktivitas ini bisa membantu perusahaan mempertahankan karyawan, mengurangi biaya rekrutmen, memudahkan perusahaan mendapatkan karyawan berkualitas, dan masih banyak lagi. Simak informasi selengkapnya di artikel berikut.

Definisi Employer Branding

Employer Branding

Employer branding adalah upaya yang dilakukan perusahaan untuk membuat karyawan nyaman bekerja dan merasa perusahaan sebagai tempat kerja yang bagus bagi siapa pun. 

Semakin baik dan semakin positif perusahaan membangun citra brand-nya, semakin mudah bagi perusahaan mempertahankan karyawan terbaik, sekaligus mendapatkan talenta-talenta baru yang berkualitas. Untuk memiliki employer branding yang kuat, tentu saja perusahaan perlu menerapkan strategi branding yang tepat, mulai dari mengkomunikasikan kepemimpinan, nilai, benefit, fasilitas, bahkan budaya kerja perusahaan.

Kenapa Employer Branding Sangat Penting untuk Perusahaan?

Employer Branding

1. Membantu Mempertahan Karyawan

Employer branding yang kuat akan membuat karyawan merasa bangga menjadi bagian dari perusahaan. Mereka tidak segan berbagi cerita kepada banyak orang mengenai budaya kerja di perusahaan, bagaimana perusahaan “menjaga dan memperhatikan” kesejahteraan serta kenyamanan karyawan, bahkan mengajak orang-orang di jaringan mereka untuk mencoba masuk ke perusahaan. 

2. Membantu Merekrut Karyawan Baru

Manfaat lain yang akan perusahaan dapatkan jika memiliki citra brand yang positif, perusahaan jadi lebih mudah menarik perhatian para pencari kerja. Biasanya sebelum memasukkan surat lamaran kerja, para pencari kerja akan mencari sebanyak mungkin informasi terkait perusahaan. 

Jika informasi mengenai budaya perusahaan, visi dan misi, keseharian karyawan di perusahaan, benefit untuk karyawan, atau mungkin testimoni dari karyawan bisa kandidat temukan, maka besar kemungkinan mereka akan berupaya keras menjadi bagian dari perusahaan.

3. Mengurangi Biaya Rekrutmen

Biaya Rekrutmen

Perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk menyelenggarakan proses rekrutmen hanya demi mendapatkan kandidat berkualitas. Employer branding yang kuat membuat nama perusahaan menjadi lebih terkenal dalam masyarakat sebagai perusahaan dengan reputasi yang baik. Hal inilah yang kemudian membuat kandidat potensial datang dengan sendirinya setelah menemukan atau mendapatkan informasi terkait perusahaan. 

4. Karyawan sebagai Media Promosi

Karyawan yang puas dan merasa nyaman bekerja di perusahaan akan menjadi media promosi gratis. Mereka akan dengan senang hati mengenalkan perusahaan (melalui cerita, testimoni, referensi, dan sebagainya) kepada orang-orang berkualitas lainnya di jaringan mereka. Semakin banyak karyawan menceritakan hal positif mengenai perusahaan, semakin banyak pula kandidat potensial tertarik bergabung di perusahaan. Tentu saja hal ini membuat perusahaan jadi lebih mudah mendapatkan kandidat, bahkan tanpa perlu membuka iklan lowongan kerja. 

5. Meningkatkan Motivasi Karyawan

Berbagai fasilitas dan benefit yang perusahaan sediakan memang menjadi pendorong semangat kerja karyawan. Di saat yang sama, citra positif perusahaan ikut berperan besar menciptakan kebanggaan tersendiri bagi karyawan karena menjadi bagian dari perusahaan bagus. Akhirnya, mereka pun terdorong untuk bekerja lebih baik. 

Peningkatan motivasi dalam bekerja sudah tentu berdampak baik bagi produktivitas kerja harian karyawan. Semakin produktif karyawan bekerja, tentu akan mendorong pertumbuhan perusahaan, baik dari segi peningkatan produksi, mendapatkan lebih banyak laba usaha, bahkan perusahaan bisa memiliki keuangan yang stabil. Akhirnya, perusahaan yang memiliki keuangan stabil dan mengalami perkembangan yang baik akan menarik lebih banyak kandidat untuk bergabung.

Banyak ya keuntungan yang bisa perusahaan dapatkan dari memiliki employer branding yang kuat. Kalau saat ini, perusahaanmu sedang membutuhkan karyawan baru, coba bangun dulu employer branding dengan cara di atas. Mengingat, kandidat sekarang ini cukup mempertimbangkan faktor employer branding dalam melamar pekerjaan, khususnya fresh graduate

Apabila perusahaan kamu sedang mencari karyawan baru yang fresh graduate, selain menerapkan employer branding, pelajari cara lainnya di artikel berikut yuk: Cara Merekrut Fresh Graduate Berkualitas.