Siap Kerja, Cepat Kerja

Mau Jadi Kandidat Siap Kerja?

Menjadi kandidat siap kerja bersama Atma

Kenapa Siap Kerja itu Penting?

Setiap fresh graduate dan first jobber tahu sulitnya mencari pekerjaan ketika baru lulus dan di tengah musim paceklik seperti ini. Penyebabnya? Mayoritas fresh graduate dan first jobbers tak punya pencapaian akademis mentereng, internship beken, ataupun pengalaman profesional yang mumpuni. Ditambah lagi, karena baru terjun ke dunia kerja, mereka tidak tahu apa yang mereka harus cantumkan dalam CV, surat lamaran kerja, maupun portofolio agar bisa menarik perhatian rekruter. Tanpa panduan, alhasil berkas mereka pun berantakan dan menyisihkan mereka di proses skrining. Kalaupun ada yang lolos, mereka juga kadang tidak hadir saat interview. Nah, mereka pun dianggap tidak siap kerja.

Di sisi lain, sebenarnya rekruter juga kesulitan mencari kandidat yang cocok karena apa yang mereka cari tidak ditemukan dalam berkas job seeker, baik dari nilai, pendidikan, pengalaman kerja, atau nilai tak kasat mata seperti sikap dan kepribadian. Meski menerima lamaran dalam volume besar, persentase yang lolos proses skrining ke tahap interview itu terhitung kecil, hanya ~20%! Ketika yang terkualifikasi dipanggil interview, belum tentu juga mereka hadir. Waktu dan usaha yang terbuang karena mendapatkan kandidat tidak siap kerja tentunya bikin frustasi para rekruter.

Solusi Atma untuk menjadi Kandidat Siap Kerja

Atma menghadirkan badge Siap Kerja untuk memudahkan job seeker dilirik oleh rekruter, dan juga rekruter untuk melakukan proses skrining dengan lebih mudah, cepat, dan tepat. Badge ini membantu job seekers menemukan, mengetes, dan menvalidasi nilai serta kemampuan dalam diri mereka yang dicari oleh rekruter, sehingga kesempatan mereka untuk terseleksi oleh rekruter semakin meningkat. Rekruter juga tak lagi harus menyortir profil kandidat secara manual karena kandidat yang memiliki badge Siap Kerja akan direkomendasikan langsung oleh Atma. Job seeker senang, rekruter pun senang!

Keuntungan utama Kandidat Siap Kerja

Jika sudah punya badge Siap Kerja dan melamar kerja, profil kamu akan diprioritaskan oleh rekruter dibandingkan kandidat lainnya yang tidak punya badge Siap Kerja. Enaknya lagi, profil kamu juga akan direkomendasikan langsung ke rekruter untuk diundang melamar pekerjaan dan bisa auto terseleksi, lho! Asyik, bukan?

Cara mendapatkan badge Siap Kerja

Untuk memperoleh badge Siap Kerja, kamu harus mendapatkan lima stamp terlebih dahulu:

Stamp Matematika

Stamp Matematika akan menguji kemampuan hitungan, kecepatan berpikir, hingga kemampuan nalar.

Stamp Bahasa

Stamp Bahasa akan menguji kemampuanmu dalam memahami antonim, sinonim, arti kata, penggunaan imbuhan, susunan kalimat, peribahasa, dan penulisan tanda baca.

Stamp Logika

Stamp Logika didapatkan jika kamu mampu menyelesaikan pertanyaan terkait berpikir kritis dan menarik kesimpulan yang tepat.

Stamp Etika Kerja

Stamp Etika Kerja akan menguji kemampuan tanggung jawab, kerapihan penampilan, komunikasi, ketekunan, inisiatif, inovasi, kerja sama tim, dan profesionalisme kerja.

Stamp Video Profil

Stamp Video Profil digunakan untuk menilai kemampuan komunikasi dan kepribadian secara audio visual.

Ketika kamu gagal dalam menjawab kuis, kamu punya kesempatan maksimal tiga kali per harinya. Jika kamu telah mencapai batas maksimal, kamu bisa menjawab kuis kembali setelah 24 jam. Jangan takut, ada komunitas “Siap Kerja, Cepat Kerja” di aplikasi Atma yang siap siaga apabila kamu butuh bantuan, ya!

 

Cara mengakses badge Siap Kerja

Badge Siap Kerja dapat diakses melalui aplikasi Atma di halaman “Beranda”. Di halaman ini, kamu akan menemukan serangkaian kuis yang bisa langsung dijawab untuk mendapatkan stamp. Khusus untuk stamp Video Profil, kamu hanya perlu merekam video perkenalan diri secara singkat. Apabila semua stamp sudah terkumpulkan, maka kamu akan otomatis mendapatkan badge Siap Kerja. Selain ”Beranda”, kamu juga bisa mengakses halaman “Akun” dan klik bagian “Prestasi Saya” untuk melihat kuis yang perlu diselesaikan atau stamp & badge yang telah diperoleh.


Nah, sekarang sudah tahu manfaat yang bisa kamu peroleh ketika berhasil mendapatkan badge Siap Kerja, ‘kan?. Kapan lagi bisa dipanggil langsung oleh rekruter tanpa harus melamar loker satu-satu lagi? Yuk, cobain badge Siap Kerja sekarang!