HR Insight

(Infographic) Mau Kerja di Startup Unicorn? Ini Jurusan yang Paling Banyak Dicari

lulusan jurusan kuliah favorit startup unicorn

Apakah kamu bercita-cita untuk bekerja di perusahaan startup unicorn? Jika ya, kamu membaca artikel yang tepat, karena kamu akan menemukan daftar jurusan yang paling banyak dicari startup unicorn. Apakah jurusan kamu salah satunya? Cek sekarang di sini, yuk! 

10 jurusan kuliah paling banyak bekerja di startup unicorn

Daftar Perusahaan Startup Unicorn di Indonesia

perusahaan startup unicorn di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki startup terbanyak dibanding negara-negara lain di Asia Tenggara. Berikut ini top 10 startup unicorn di Indonesia, yaitu:

  1. Bukalapak
  2. Traveloka
  3. Kopi Kenangan
  4. Akulaku
  5. OVO
  6. Kredivo
  7. Xendit
  8. Ajaib
  9. Blibli
  10. JD.ID. 

Sumber & Metode Pengumpulan Data

Dalam proses penulisan artikel ini, sumber dan metode pengumpulan data mengenai jurusan kuliah yang jadi favorit perusahaan startup diambil dan diolah oleh tim Atma dari halaman masing-masing perusahaan di LinkedIn. 

Jurusan Kuliah yang Jadi Favorit Perusahaan Startup

Dari hasil riset yang telah dilakukan tim Atma, inilah 10 jurusan favorit dan paling banyak diminati startup unicorn.

1. Teknologi Informasi

lulusan jurusan teknologi informasi di startup

Berdasarkan data yang telah dihimpun tim Atma, ada 1091 pekerja dari jurusan teknologi informasi yang bekerja di startup unicorn. Jurusan ini mempelajari teknologi pengolahan data dan sistem, termasuk implementasinya ke berbagai bidang. Contohnya, sistem informasi berbasis cloud, pengembangan artificial intelligence (AI), software, dan sebagainya. Bahkan posisi penting di perusahaan startup, seperti network dan jaringan, database, hardware, dan masih banyak lagi, diisi oleh pekerja dengan basic keilmuan teknologi informasi.

2. Ilmu Komputer

lulusan jurusan ilmu komputer di startup

Perusahaan rintisan atau startup kebanyakan bergerak di bidang teknologi dan industri digital. Itu sebabnya, mereka akan melirik calon pekerja dari jurusan ilmu komputer, seperti yang terlihat pada grafik di atas. Beberapa keahlian yang mereka butuhkan, antara lain computer programming, pengembangan aplikasi dan sistem perangkat lunak, keamanan jaringan, penyusunan algoritma, big data engineer, machine learning engineer, dan information security analyst

3. Akuntansi dan Keuangan

lulusan jurusan akutansi dan keuangan di startup

Namanya perusahaan, tentu berhubungan dengan penjualan, pembelian, pencatatan keuangan, neraca laba rugi, dan sebagainya. Maka wajar kalau banyak perusahaan unicorn melirik lulusan akuntansi dan keuangan dari universitas unggulan. Profesi utama lulusan ini umumnya sebagai akuntan, bagian finance, atau aktuaris.

4. Ilmu Komputasi

lulusan jurusan ilmu komputasi di startup

Startup yang bergerak di bidang teknologi digital pastinya butuh tenaga ahli, seperti information technology support engineer, system analyst engineer, software development, database engineer, modelling and simulation engineer, dan sebagainya. Itu sebabnya, mereka membutuhkan pekerja dari jurusan ilmu komputasi. Saat ini, sudah terdata ada 921 orang dari jurusan ilmu komputasi yang bekerja di startup unicorn. Kamu bisa melihat datanya pada grafis, ya. 

5. Manajemen dan Administrasi Bisnis

lulusan jurusan manajemen dan administrasi bisnis di startup

Jurusan manajemen dan administrasi bisnis fokus pada seluk-beluk dan kegiatan perusahaan. Bedanya, manajemen fokus pada human resource serta upaya membangun flow kerja yang terstruktur dan rapi. Sementara jurusan administrasi bisnis mengurusi seluruh kegiatan yang berhubungan dengan administrasi perusahaan, termasuk regulasi, sistem pemerintahan, dan perpajakan. Ingin tahu berapa banyak startup unicorn yang mempekerjakan orang dengan basic keilmuan dari jurusan ini? Cek grafis di atas, ya.

6. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)

lulusan jurusan matematika dan ilmu pengetahuan alam di startup

Di era digital seperti sekarang, startup unicorn sudah pasti membutuhkan pekerja yang mampu mengolah big data dan melakukan analisis data yang akurat. Makanya wajar jika perusahaan unicorn akan membidik talent-talent dari jurusan MIPA untuk menjadi data scientist, melakukan analisis anggaran, analisis sistem, bahkan membutuhkan market researcher

Kalau melihat pada grafis, Blibli menjadi perusahaan yang paling banyak mempekerjakan lulusan MIPA, yaitu 130 orang, disusul Traveloka, Bukalapak, dan lainnya. Data ini bisa memberi kamu bayangan bahwa masih terbuka peluang untuk kamu lulusan MIPA bekerja di perusahaan unicorn atau jenis perusahaan rintisan lainnya. 

7. Teknik Informatika

lulusan jurusan teknik informatika di startup

Jurusan teknik informatika adalah bidang keilmuan yang mempelajari interaksi antara manusia dengan teknologi, seperti pembuatan software dan bidang pemrograman lainnya. Umumnya saat bekerja di startup, lulusan dari jurusan ini akan berkarir sebagai web developer, mobile developer, system analyst, dan sebagainya. 

8. Pemasaran

lulusan jurusan pemasaran di startup

Sejak era bisnis online, banyak anggapan yang menyebutkan lulusan jurusan marketing dan pemasaran akan kesulitan mendapatkan pekerjaan. Faktanya, kebutuhan perusahaan akan tenaga pemasaran yang handal masih tinggi, mengingat persaingan bisnis yang semakin ketat dan perusahaan tentu saja ingin meningkatkan keuntungan dari penjualan. 

Lihat saja Blibli, meski e-commerce ini lebih banyak beroperasi secara online, tetap saja mereka mempekerjakan 90 orang lulusan marketing. Sebagai tenaga pemasar di startup, kamu tetap bisa sukses kok, dengan catatan upgrade juga ilmu kamu dengan ilmu digital marketing, ya.

9. Teknik Industri

Teknik industri merupakan bidang keilmuan yang berkaitan dengan upaya mengoptimalkan kegiatan produksi, perancangan dan pengembangan produk, supply chain, keselamatan kerja, teknik dan perancangan sistem, market research, serta masih banyak lagi. Blibli saja masih membutuhkan 90 lulusan teknik industri untuk memaksimalkan bisnis mereka, sementara Jd.id mempekerjakan 61 orang lulusan teknik industri. Bahkan, Kopi Kenangan yang lebih banyak mengoperasikan bisnis secara offline, juga memiliki tenaga kerja sebanyak 29 orang dari lulusan teknik industri.

10. Manajemen Pariwisata

Jurusan manajemen pariwisata biasanya sangat dibutuhkan oleh startup yang berkaitan dengan online travel agent (OTA), platform dan aplikasi travel seperti Traveloka, startup bidang F&B, dan sejenisnya. 

Jadi, bagaimana? Apakah jurusanmu masuk dalam daftar 10 jurusan yang banyak dilirik startup unicorn? Jika iya, jangan buang kesempatan. Siapkan segera CV terbaru kamu. Sebagai referensi, baca artikel berikut, yuk: Curriculum Vitae (CV): Apa Itu & Bagaimana Cara Membuatnya.