Dunia Kerja

Kerja Part Time Online, Bisa dari Rumah!

kerja part time online dari rumah

Ada banyak kerja online dari rumah di era digital ini, seperti menjadi freelance writer, translator, editor video, jadi influencer, dan sebagainya. Apakah kamu lagi cari kerjaan part time untuk tambahan uang jajan atau tambahan penghasilan dan pekerjaannya bisa dikerjakan secara online dari rumah? Jika iya, kamu wajib baca artikel ini sampai selesai.

Daftar Ide Kerja Part Time Online

1. Freelance Writer

Freelance writer atau penulis lepas menjadi peluang yang sangat baik bagi kamu yang gemar menulis. Pekerjaan ini bisa kamu kerjakan secara part time dari rumah tanpa harus datang ke kantor. Beberapa keterampilan yang harus kamu kuasai, antara lain cara menulis yang baik dan benar, riset kata kunci, pemilihan diksi dan gaya bahasa, memahami proses editing, dan sebagainya.

Sementara untuk mendapatkan pekerjaan sebagai freelance writer, kamu bisa bergabung ke forum kepenulisan, informasi dari media sosial, bergabung di platform khusus penulis, atau memasang iklan sendiri di media sosialmu.

2. Editor Video

Dengan kemajuan teknologi saat ini, proses pembuatan video menjadi sangat mudah. Cukup menggunakan smartphone, kamu bisa take video bahkan sampai proses editing-nya. Kalau kamu senang membuat video dan melakukan editing video untuk media sosial, sebagai vlogger, atau khusus untuk YouTube, kamu bisa memanfaatkan hobimu tersebut untuk mendapatkan penghasilan. Apalagi saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan konten video untuk berbagai keperluan. Nah, tinggal buka saja jasa editor video part time yang bekerja dari rumah.

3. Translator

Memiliki kemampuan berbahasa asing, baik secara verbal maupun secara tertulis, membuka banyak peluang. Salah satunya, kamu bisa menjadi seorang translator. Pekerjaan translator itu nggak hanya menerjemahkan teks bahasa asing ke bahasa Indonesia lho, tetapi juga bisa menerjemahkan buku, film, drama, bahkan animasi.

Untuk menjadi seorang translator, kamu harus memiliki nilai tambah yang membuat klien mau terus menggunakan jasamu, seperti tata bahasa yang baik, kemampuan menulis dan punya kemampuan membaca huruf dalam bahasa asing (bahasa China dan Korea, misalnya). Selain itu, kamu juga perlu memiliki pengetahuan mengenai struktur bahasa dan kalimat, paham mengenai budaya asing, terutama budaya yang sedang kamu terjemahkan bahasanya, dan editing teks.

Cara mendapatkan pekerjaan untuk seorang translator bagaimana? Ada banyak perusahaan yang membutuhkan jasa translator untuk berbagai keperluan. Kamu tinggal sering-sering saja mencari informasinya di website resmi perusahaan, di media sosial, di LinkedIn, di iklan lowongan kerja, dan sebagainya. Oh ya, kamu juga bisa kok terima jasa terjemahan untuk mahasiswa, dosen, guru, dan masyarakat umum.

4. Jadi Influencer

Yang sedang tren beberapa waktu terakhir ini menjadi pekerja lepas melalui media sosial yang kamu miliki, yaitu menjadi seorang influencer. Apalagi ketika dunia mengalami pandemi, hampir semua usaha dilakukan secara online. Memiliki pengikut yang banyak di media sosial bisa menjadi modal kamu untuk menjadi influencer.

Pengikut yang banyak akan memberikan popularitas setiap konten yang kamu miliki, dan menjadi lahan bisnis untuk mempromosikan produk dari klien. Dengan meng-endorse produk klien, maka kamu akan mendapatkan imbalan berupa uang. Menjadi freelance cukup menggunakan smartphone saja.

5. Jualan di Online Shop

Menjadi pekerja lepas dibutuhkan keahlian khusus sesuai dengan bidangnya masing-masing. Nah ada juga kok pekerjaan freelance yang nggak butuh keahlian khusus dengan mencoba berjualan online.

Produk yang dijual secara online bervariasi, mulai dari menjadi reseller yang nggak memerlukan stok barang hingga produk buatan sendiri. Jangan lupa untuk mendaftar di marketplace untuk dapat mengembangkan usaha kamu.

6. Admin Media Sosial

Menjadi pekerja lepas sebagai admin media sosial hampir sama dengan seorang pekerja penulis lepas. Kamu sama-sama dapat menghasilkan konten, bedanya menjadi admin media sosial yang diperlukan hanya membuat artikel pendek yang disebut caption.

Pekerjaan admin media sosial dituntut agar dapat kreatif menciptakan tulisan dan gambar, perpaduan yang baik bila kamu memiliki kemampuan lain dalam mendesain dengan kreatifitas seni yang baik. Pekerjaan ini juga dapat dilakukan secara remote working, sehingga dapat dipadukan dengan aktivitas keseharian kamu.

Kamu sudah tahu beragam pekerjaan part time yang bisa dilakukan secara online dan dari rumah saja. Lalu, bagaimana perhitungan gaji untuk pekerja part time? Umumnya, bayaran sesuai kesepakatan dan pembayarannya dilakukan begitu project selesai. Contohnya, seorang content writer bisa mendapatkan bayaran Rp200.000,- sampai Rp300.000,- per artikel. Kalau kamu menyelesaikan 10 artikel untuk jangka waktu tertentu, maka kamu akan menerima penghasilan sebesar Rp2.000.000,-. Masih penasaran dengan pekerjaan part time ini? Cek di sini yuk Ide Pekerjaan Part Time untuk Mahasiswa.