Contoh Soal & Pembahasan (BUMN)

Kisi-Kisi dan Contoh Soal Tes TKD BUMN 2023

Tahapan Rekrutmen Bersama BUMN 2023 sudah memasuki tes online tahap satu yaitu Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang berlangsung pada 12-20 Juni 2023. Tujuan dari tes TKD adalah untuk mengukur kemampuan kognitif dan logika calon karyawan serta menilai kecocokan mereka dengan posisi yang ditawarkan. Tes TKD memberikan gambaran kepada perusahaan mengenai potensi dan kemampuan calon karyawan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang kompleks dan memecahkan masalah.

Tes TKD dalam rekrutmen BUMN mencakup berbagai jenis soal yang dirancang untuk menguji pemahaman dan kemampuan calon karyawan dalam berbagai bidang, seperti bahasa, matematika, logika, pengetahuan umum, keuangan, kebijakan publik, hukum, dan teknologi informasi. Jenis soal yang muncul dalam tes TKD dapat berbeda-beda tergantung pada posisi yang dilamar dan kebutuhan perusahaan.

Soal-soal dalam tes TKD BUMN biasanya berupa soal pilihan ganda atau menjodohkan antara pertanyaan dengan jawaban yang tepat. Setiap soal memiliki satu jawaban yang benar dan calon karyawan harus memilih jawaban yang paling tepat atau sesuai dengan informasi yang diberikan dalam soal. Tes TKD seringkali memiliki batasan waktu tertentu untuk menyelesaikan semua soal yang diberikan.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi tes TKD BUMN, berikut contoh soal yang wajib kamu pahami sebagai latihan sebelum mengikuti tes TKD dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2023.

Contoh Soal Antonim

1. Orator ><

A. Pidato

B. Ahli pidato

C. Pendengar

D. Pembawa acara

Jawaban: C

Pembahasan:

Orator artinya seorang pembicara yang pandai berpidato atau pembawa acara di depan umum. Jadi antonim orator adalah pendengar.

2. Ofensif >< 

A. Serangan

B. Maju

C. Bertahan

D. Melawan

Jawaban: D

Pembahasan:

Ofensif artinya bersikap menyerang atau melawan untuk melindungi diri. Maka antonim dari ofensif adalah bertahan.

Contoh Soal Sinonim

1. Prestise =

A. Kecantikan

B. Keindahan

C. Pangkat

D. Wibawa

Jawaban: D

Pembahasan:

Prestise artinya wibawa (perbawa) yang berkenaan dengan prestasi atau kemampuan seseorang. Maka sinonim prestise adalah wibawa.

2. Akreditasi =

A. Pengakuan

B. Kedudukan

C. Keadaan

D. Status

Jawaban: A

Pembahasan:

Akreditasi artinya pengesahan, pengukuhan, atau pengakuan yang diberikan oleh badan yang berwenang. Maka sinonim akreditasi adalah pengakuan.

Contoh Soal Analogi

1. Kehidupan : … =  Kehamilan : …

A. Pencaharian – Pertumbuhan

B. Nyawa – Ibu

C. Perjuangan – Bayi

D. Mati – Lahir

Jawaban: D

Pembahasan:

Analogi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa ada 2 kondisi yang berkebalikan yaitu setelah kehidupan ada kematian, dan setelah kehamilan ada kelahiran.

2. Kering : … = … : Udara

A. Sungai – Ruang

B. Air – Hampa

C. Gurun – Oksigen

D. Lahan – Sejuk

Jawaban: B

Pembahasan:

Analogi di atas adalah sebab akibat yang terjadi, yaitu jika tidak ada air maka akan terjadi kering, dan jika kondisi hampa maka tidak ada udara.

Contoh Soal Numerik

1. 8, 8, 11, 16, 14, 24, …, …

A. 24 dan 17

B. 32 dan 22

C. 24 dan 27

D. 17 dan 32

Jawaban: D

Pembahasan:

2. C, F, I, L, O, …, …

A. Q dan T

B. R dan U

C. P dan S

D. R dan T

Jawaban: B

Pembahasan:

Contoh Soal Gambar Figural

1.

Jawaban: C

Pembahasan:

Perhatikan titik hitam yang berputar 270 derajat searah jarum jam. Maka jawaban yang tepat adalah C.

2.

Jawaban: C

Pembahasan:

Kotak di luar lingkaran dapat dilihat pola adalah tambah 1 sisi, yaitu setelah segi lima adalah segi enam. Sedangkan jumlah lingkaran dikurangi 2 dari setiap kotak, maka kotak terakhir tidak ada lingkaran. Jadi jawaban yang tepat adalah C.

Dapatkan lebih banyak contoh dan latihan soal tes TKD BUMN dengan mengikuti Tryout BUMN gratis di aplikasi Atma. Ada banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan secara gratis juga yaitu 6.000+ bank soal BUMN dan CPNS, cek skor tes secara live, bisa membagikan hasil rapor ke media sosial, akses gratis ke webinar persiapan tes BUMN dan CPNS, serta giveaway dengan hadiah total ratusan ribu rupiah. Jadi, buruan download aplikasi Atma dan ikuti Tryout BUMN sekarang!