HR Insight

HRD Harus Tahu: 4 Perbedaan Gaji Pokok dan Tunjangan

perbedaan gaji dan tunjangan

Apa perbedaan gaji pokok dan tunjangan? Gaji pokok adalah upah pekerja yang dibayar setiap bulan sesuai dengan kesepakatan saat tanda tangan kontrak. Sedangkan tunjangan adalah uang tambahan diluar gaji yang diberikan kepada karyawan. Untuk lebih jelasnya, baca artikel ini sampai habis, yuk. 

Benefit Salary

Perbedaan gaji dan tunjangan bisa dilihat dari beberapa poin penting berikut ini:

1. Beda Gaji dan Tunjangan Berdasarkan Pengertian

Gaji adalah upah untuk hasil pekerjaan yang dibayarkan secara berkala sesuai kesepakatan antara karyawan dengan perusahaan. Sementara tunjangan adalah tambahan gaji yang bisa diberikan secara berkala (tunjangan tetap), atau bisa diberikan sewaktu-waktu (tunjangan tidak tetap), dengan nominal tunjangan ditentukan oleh perusahaan.

2. Beda Gaji dan Tunjangan Berdasarkan Jenis

Ada beberapa jenis gaji, yaitu gaji pokok (upah atau imbalan atas hasil kerja berdasarkan kesepakatan, tanggung jawab, jenis pekerjaan, dan sebagainya), gaji bersih (gaji yang telah dipotong berbagai kewajiban, seperti BPJS, denda, pajak penghasilan), dan gaji kotor (gaji yang belum dikenai pemotongan atas kewajiban).

Tunjangan bisa dibagi menjadi dua, yaitu tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap. Untuk kedua kategori ini, tunjangan masih bisa dibagi lagi dalam beberapa jenis, seperti tunjangan jabatan, tunjangan umum, tunjangan keluarga, tunjangan kesehatan, tunjangan hari raya, dan sebagainya.

3. Beda Gaji dan Tunjangan Berdasarkan Waktu Pemberiannya

Jika dilihat dari waktu pemberiannya, gaji biasanya diberikan secara rutin pada tanggal tertentu setiap bulan. Pemberian gaji akan dilakukan secara terus menerus selama karyawan masih bekerja di perusahaan. Sementara tunjangan ada yang diberikan bersamaan dengan gaji, ada pula tunjangan yang hanya diberikan sewaktu-waktu. Pemberian tunjangan juga dipengaruhi banyak faktor, misalnya kehadiran, kerajinan, prestasi, dan sebagainya.

4. Beda Gaji dan Tunjangan Berdasarkan Tujuannya

Tujuan pemberian gaji sudah tentu sebagai kewajiban yang harus dipenuhi perusahaan berdasarkan Undang-undang. Jika melanggar, perusahaan bisa kena sanksi. Sementara pemberian tunjangan yang dilakukan perusahaan memiliki berbagai tujuan tergantung kebutuhan perusahaan. 

Nah itulah perbedaan antara gaji pokok dan tunjangan. Setelah mengetahui perbedaan gaji dan tunjangan, ada hal lain di dalam perusahaan yang dinamakan kompensasi untuk karyawan. Simak penjelasannya di artikel berikut: Jenis Tunjangan yang Bisa Diterima Karyawan, Gak Hanya THR!