Curriculum Vitae

Sepintas Mirip, Ini 5 Perbedaan Resume dan CV

Resume dibaca oleh rekruter saat interview kerja

Seringkali resume dan CV dianggap sama, apalagi kedua dokumen ini memang menjadi syarat administrasi lamaran kerja yang harus dipenuhi. Tetapi sebenarnya keduanya berbeda, lho. Biar nggak bingung lagi, simak perbedaan resume dan CV berikut ini, yuk.

Perbedaan Resume dan CV

1.   Definisi Resume dan CV

Resume adalah versi ringkas dari CV yang berisi informasi diri, riwayat pendidikan, prestasi yang pernah dicapai, pengalaman kerja, hingga keahlian yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Jika dilihat sekilas, memang isinya hampir sama dengan CV, hanya saja dalam bentuk yang lebih singkat (1-2 halaman saja).

Curriculum vitae (CV) artinya daftar riwayat hidup yang memuat informasi pribadi, pengalaman kerja, kemampuan atau keahlian, riwayat pendidikan, seminar atau kursus yang pernah diikuti, hingga prestasi yang pernah didapatkan. Semuanya dituliskan dengan detail. Itu sebabnya, jumlah halaman CV lebih banyak dari resume, bahkan ada CV yang bisa menghabiskan 5-8 halaman.

2.   Kelengkapan Informasi

Jika berdasarkan kelengkapan informasi, maka CV lebih lengkap dibandingkan dengan resume. Sebab di dalam CV, kamu bisa menuliskan secara detail berkaitan dengan riwayat pendidikan (tahun, nama institusi pendidikan, dan jurusan), pengalaman kerja (tahun dan lama bekerja, nama perusahaan, job description, dan sebagainya), juga bisa mencantumkan semua prestasi dan pencapaian yang berhasil kamu raih. Sementara pada resume, semua informasi harus dituliskan dengan singkat, padat, namun tetap jelas.

3.   Panjang dan Jumlah Halaman

Untuk mengetahui mana resume dan mana CV, bisa juga dilihat dari panjang dan jumlah halamannya. CV membutuhkan jumlah halaman yang lebih banyak, bahkan bisa mencapai 5-8 halaman (jika kamu punya banyak pengalaman kerja, pengalaman magang, atau rutin ikut kursus dan seminar). Sedangkan resume maksimal 2 halaman, bahkan lebih disarankan hanya ditulis dalam 1 halaman saja.

4.   Kapan Menggunakan Resume dan CV?

Tiap perusahaan memiliki aturannya sendiri ketika menerima lamaran kerja. Itu sebabnya, kamu harus membaca detail persyaratan yang tercantum pada lowongan pekerjaan, apakah dokumen yang diminta dalam bentuk CV, resume, atau keduanya.

Tetapi pada umumnya, resume dan CV bisa disertakan bersamaan untuk melamar kerja. CV fungsinya untuk menjelaskan secara detail perjalanan hidup yang sudah kamu lalui, sehingga HRD memiliki gambaran yang jelas dan lengkap mengenai diri kamu. Penggunaan Curriculum Vitae (CV) tidak hanya untuk melamar kerja lho, tetapi juga untuk melamar posisi bidang akademik (melamar jadi dosen atau tenaga pengajar), bahkan berguna juga untuk melanjutkan pendidikan.

Sementara resume berguna sebagai alat untuk “menjual diri” dengan lebih cepat sehingga perlu dibuat seringkas mungkin, supaya HRD bisa melihat potensimu dengan lebih cepat dan jadi lebih cepat pula dalam mengambil keputusan, apakah akan menerima kamu sebagai karyawan atau tidak.

5.   Kapan Membuat Resume dan CV?

Ketika hendak melamar kerja sudah tentu kamu perlu membuat resume dan CV. Hanya saja, CV tidak perlu terlalu sering diubah. Bahkan dengan CV yang isinya sama bisa kamu gunakan untuk melamar beberapa pekerjaan sekaligus.

Sebaliknya, pembuatan resume harus disesuaikan dengan jenis pekerjaan atau posisi yang kamu lamar. Dengan kata lain, kamu tidak bisa hanya membuat satu resume untuk melamar beberapa pekerjaan sekaligus. Contoh: saat kamu melamar posisi content writer, maka resume-mu akan berisi keterampilan yang relevan dengan kegiatan penulis konten. Lalu ketika kamu melamar sebagai sales, sudah tentu isi resume harus disesuaikan dengan pengalaman dan keahlian yang kamu miliki di bidang penjualan.

 

Nah, sekarang sudah bisa membedakan antara resume dan CV, kan? Selain resume, lengkapi berkas lamaran kerjamu dengan portofolio juga ya, di mana kamu bisa menyematkan hasil karya kamu selama ini. Cari tahu tentang portofolio lebih lanjut, yuk. Simak artikel berikut ini: Pentingnya Melampirkan Portofolio Saat Melamar Kerja