Jadwal & Syarat dan Ketentuan (BUMN)

Proses Seleksi Rekrumen BUMN 2023: Tes Apa Saja yang Harus Dilewati Kandidat Calon Pegawai?

Rekrutmen BUMN merupakan salah satu proses seleksi yang paling dicari oleh banyak orang. Karena, menjadi pegawai BUMN dianggap sebagai suatu prestasi yang cukup bergengsi dan menjanjikan. Sebelum mengikuti seleksi rekrutmen BUMN, sebaiknya para pelamar memperhatikan jadwal dan proses seleksi BUMN terlebih dahulu.

Jadwal dan Tahapan Seleksi Rekrutmen BUMN 2023

Jadwal rekrutmen BUMN akan berjalan seperti dibawah ini:

1. Registrasi

Pendaftaran dan seleksi administrasi: 5-20 Mei 2023

Pengumuman: 1 Juni 2023

2. Tes TKD dan AKHLAK

  • Pembobotan: TKD (40%) dan AKHLAK (60%)

Pelaksanaan tes: 10-19 Juni 2023

Pengumuman: 28 Juni 2023

3. Tes Bahasa Inggris

  • Threshold >450
  • Ranking sesuai ratio

Pelaksanaan tes: 8-12 Juli 2023

Pengumuman: 19 Juli 2023

4. Tes oleh BUMN

  • Tes Kompetensi Bidang
  • User Interview
  • Socmed Analytic & Digital Mindset 
  • MCU (Medical Check-Up)

Pelaksanaan tes: 22 Juli-9 Agustus 2023

5. Pengumuman Final

Tanggal: 16 Agustus 2023

Proses Seleksi Rekrutmen BUMN 2023

Proses seleksi rekrutmen BUMN terdiri dari beberapa tahapan. Tahapan-tahapan tersebut adalah:

1. Seleksi Administrasi

Tahap awal dari seleksi BUMN adalah seleksi administrasi. Pada tahap ini, para pelamar akan di seleksi berdasarkan persyaratan administrasi yang telah ditentukan. Persyaratan administrasi meliputi foto profil, scan ijazah, transkrip nilai, scan KTP dan NPWP, SKCK (opsional), dan dokumen pendukung lainnya (opsional).

2. Tes Kompetensi Dasar (TKD)

Setelah lolos seleksi administrasi, pelamar akan diberikan dua tes, yaitu tes kompetensi dasar (TKD) dan tes AKHLAK. TKD adalah tes yang mengukur kemampuan dasar dari para pelamar, seperti tes logika, matematika, dan tes pengetahuan umum. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dasar dari para pelamar. Bobot nilai yang diambil dari TKD adalah 40%.

3. Tes AKHLAK

Setelah TKD, para pelamar akan diberikan tes AKHLAK. Tes AKHLAK bertujuan untuk mengetahui karakter dan sikap moral para pelamar. Tes ini dilakukan untuk memastikan bahwa para pelamar memiliki nilai-nilai yang baik dan etika kerja yang tinggi. Bobot nilai yang diambil dari tes AKHLAK adalah 60%.

4. Tes Bahasa Inggris

Kamu harus melakukan tes bahasa inggris setelah mengikuti TKD dan tes AKHLAK. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris dari para pelamar. Kemampuan bahasa Inggris sangat penting dalam dunia kerja, terutama dalam perusahaan-perusahaan BUMN yang memiliki banyak hubungan dengan perusahaan asing. 

5. Tes oleh BUMN

Tes oleh BUMN merupakan tahap terakhir dari proses seleksi BUMN. Tes oleh BUMN ini akan meliputi 4 jenis, yaitu:

  • Tes Kompetensi Bidang

Tes Kompetensi Bidang bertujuan untuk mengukur kemampuan calon pelamar dalam bidang yang sesuai dengan pilihan posisi saat mendaftar

  • User Interview

Setelah berhasil melewati tahap tes kompetensi bidang, tahap selanjutnya adalah user interview. User interview adalah tahap wawancara calon pelamar dengan calon user atau manager kamu nantinya. Wawancara ini bertujuan untuk mengetahui apakah calon pelamar memiliki keterampilan interpersonal yang baik dan mampu bekerja dengan baik dalam tim.

  • Tes Socmed Analytic & Digital Mindset

Tes tambahan pada tahun 2023 ini adalah tes Socmed Analytic & Digital Mindset, dimana kandidat calon pegawai harus menunjukkan keterampilan analisa media sosial dan pengetahuan digital mereka.

  • MCU (Medical Check-Up)

Sebagai tahap terakhir, kandidat juga biasanya harus mengikuti medical check-up yang kemungkinan terdiri dari tes kesehatan, tes fisik, dan tes psikologi.

Penting diingat bahwa setiap perusahaan BUMN memiliki tes-tes yang berbeda-beda tergantung dari jenis pekerjaan dan kualifikasi yang dibutuhkan. Ada beberapa perusahaan BUMN yang tidak meliputi semua tes di atas atau bahkan ada yang menambahkan tahapan tes lainnya.

Sebagai kesimpulan, proses seleksi rekrutmen BUMN sangat ketat dan membutuhkan persiapan yang matang dari para pelamar. Untuk bisa sukses dalam seleksi BUMN, para pelamar harus mempersiapkan diri, mulai dari mental, fisik, keterampilan, dan juga sikap kerja yang baik, serta mematuhi panduan dan aturan yang berlaku. Oleh karena itu, Atma memberikan akses secara gratis untuk 1.000+ latihan soal Try Out BUMN gratis di aplikasi Atma. Ayo download aplikasi Atma dan siap-siap daftar BUMN bersama Atma. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian, para calon pegawai BUMN!