Siap Kerja, Cepat Kerja

Apakah Boleh Resign Saat Masa Probation?

resign saat Probation

Kalau kamu bertanya, apakah boleh resign saat masa probation? Tentu jawabannya boleh. Sebab, masa percobaan kerja merupakan waktu untuk menemukan kecocokan antara pekerja dengan perusahaan. Namun sebelum memutuskan mengundurkan diri, cari tahu dulu yuk, aturan dan kebijakan perusahaan agar tidak merugikan kamu di masa depan. 

Pahami Kebijakan Perusahaan Terkait Resign di Masa Probation

Hal penting pertama yang perlu kamu lakukan sebelum mengajukan pengunduran diri adalah memeriksa dan membaca ulang kontrak kerja. Cari dengan teliti, apakah ada keharusan membayar biaya penalti? Atau adakah syarat tertentu yang harus dipenuhi? Selain itu, jangan langsung “menghilang” begitu saja dari kantor ya. Kamu tetap harus mengikuti etika profesional, agar kelak ketika melamar di perusahaan berikutnya, tidak ada catatan buruk terkait status pekerjaan/pengalaman kerja sebelumnya.

Cara Resign Saat Masa Probation

Cara Resign Saat Masa Probation

Sebelum benar-benar mengajukan berhenti bekerja saat masa percobaan, coba pertimbangkan sekali lagi penyebab kamu merasa tidak cocok bekerja di perusahaan. Kemudian, cari alasan yang masuk akal dan bisa diterima perusahaan. Lalu, langkah apa saja yang harus dilakukan agar bisa resign secara baik-baik saat masih dalam masa percobaan kerja?

Komunikasikan dengan Atasan dan HRD

Coba komunikasikan masalah atau penyebab kamu ingin mundur dari pekerjaanmu dengan atasan atau HRD. Bicarakan saja semuanya secara jujur, detail. dan tidak perlu berbohong. Siapa tahu cara ini bisa menemukan solusi terbaik untuk mengatasinya, atau malah mereka malah membantu kamu bertahan, minimal sampai masa probation berakhir. 

Jangan Mendadak

Jika setelah berdiskusi dengan atasan dan HRD, ternyata tetap tidak ada jalan keluar, maka beritahu HRD sesegera mungkin bahwa keputusanmu sudah mantap. Jangan lupa, tanyakan juga syarat apa saja yang harus kamu penuhi untuk bisa mengundurkan diri, serta berapa lama durasi waktu yang dibutuhkan untuk memproses pengunduran dirimu. Apakah one-month notice, dua minggu sebelumnya, atau bagaimana?

Buat Surat Pemberitahuan

Surat Pemberitahuan resign

Apabila kontrak kerja dan kebijakan perusahaan memperbolehkan pekerja untuk resign, segera siapkan surat pemberitahuan dan jangka waktunya sesuai aturan perusahaan. Agar tidak meninggalkan kesan buruk, ungkapkan pula rasa terima kasih di dalam surat ini atas kesempatan bekerja yang telah diberikan perusahaan kepada kamu.

Meskipun sudah tahu kalau resign diperbolehkan walaupun masih dalam masa percobaan kerja, semoga kamu tidak perlu melakukannya ya. Mengingat durasi bekerja yang terlalu pendek bisa menjadi catatan buruk perjalanan karirmu di masa depan. Apalagi mendapatkan pekerjaan di masa sekarang cukup sulit. Belum lagi, ada kemungkinan kamu tidak lulus probation. Bener lho, jangan dikira kalau sudah diterima bekerja, pasti akan diangkat jadi pegawai tetap. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan karyawan baru tidak lulus di masa percobaan. Apa saja? Yuk, pelajari secara lengkap dalam artikel ini: Penyebab Tidak Lulus Probation.