Interview Kerja

Baru Selesai Interview? Ini Tanda Kamu Sukses Diterima Kerja

interview kerja

Setelah menjalani sesi interview, biasanya akan muncul rasa waswas dan khawatir, bagaimana hasilnya? Diterima atau tidak? Selama belum ada keputusan resmi dari rekruter terkait penerimaan karyawan, memang semuanya terasa belum pasti. Meski begitu, kamu bisa kok melihat tanda-tandanya selama sesi wawancara, seperti gestur tubuh rekruter terlihat positif, percakapan berubah menjadi lebih santai, durasi wawancara jadi lebih panjang, dan sebagainya. Yuk, baca artikel ini untuk tahu berbagai tanda yang menunjukkan ada peluang kamu diterima bekerja.

1. Bahasa Tubuh yang Positif

Cukup banyak interviewer yang pandai mengendalikan gestur dan bahasa tubuh mereka, termasuk ekspresi wajah, kalau sebenarnya mereka antusias dengan kamu. Namun, banyak pula yang malah memberi petunjuk, secara sadar atau tidak, bahwa setelah sesi interview selesai, kamu berkemungkinan diterima bekerja.

Salah satu tandanya, dari bahasa tubuh pewawancara yang terlihat positif. Mereka terlihat nyaman berbincang denganmu, lebih sering tersenyum dan menganggukkan kepala saat mendengar jawabanmu, kontak mata yang intens, atau perubahan gaya berbicara. Bahkan ada pula pewawancara yang awalnya terkesan kaku, perlahan berubah menjadi lebih ramah. Semua ini bisa jadi pertanda kalau mereka tertarik untuk merekrutmu jadi bagian perusahaan.

2. Durasi Interview Lebih Lama

Pada umumnya, lamanya sesi interview sudah ditentukan sejak awal untuk masing-masing kandidat, misalnya maksimal 30 menit. Nah, kalau kamu menyadari durasi menjadi lebih lama dari waktu tersebut. Ini bisa jadi pertanda rekruter tertarik untuk mengenal kamu lebih dalam sehingga mengajukan pertanyaan lebih banyak dari yang seharusnya. 

3. Percakapan Menjadi Lebih Santai

Percakapan Menjadi Lebih Santai

Sebelum memanggil dan melaksanakan sesi wawancara untuk para kandidat terpilih, rekruter sudah memiliki rancangan tersendiri, mulai daftar pertanyaan, apa yang ingin mereka ketahui dari kandidat, dan sebagainya. Percakapan pun biasanya diawali dengan lebih resmi dan terasa kaku. 

Dalam perjalanannya, kamu menyadari percakapan berubah lebih santai dan rekruter jadi bertanya banyak hal  di luar pekerjaan. Misalnya, rekruter mendadak mengalihkan pembicaraan dan bertanya mengenai hobimu, kesibukan sehari-hari, atau cara kamu mengisi waktu luang. Bisa jadi rekruter ingin tahu lebih banyak mengenai kamu karena sudah berminat untuk menjadikan kamu karyawan di perusahaannya. 

4. Membahas Ekspektasi Gaji

Jika rekruter atau interviewer sudah yakin dengan kualifikasi yang kamu miliki memang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Maka, salah satu tanda yang paling umum kalau kamu akan diterima bekerja adalah pertanyaan tentang ekspektasi gaji yang kamu inginkan. Pembahasan ini biasanya akan berlanjut menjadi negosiasi jadi. Untuk menjawab tentang gaji, pastikan kamu sudah tahu ya, kisaran gaji secara umum untuk posisi yang kamu lamar. 

5. Mendiskusikan Benefit yang Akan Diterima

Setelah pembahasan gaji dan sudah terlihat rekruter sepakat dengan range gaji yang kamu ajukan, diskusi akan berlanjut dengan penjelasan mengenai benefit yang perusahaan berikan untuk karyawan. Artinya, rekruter sedang mempromosikan keuntungan menjadi karyawan di perusahaannya dan berharap kamu akan tertarik untuk segera bergabung.

Kenapa diskusi mengenai benefit bisa jadi tanda kamu diterima bekerja? Sebab, rekruter tidak akan bersusah payah menjelaskan berbagai keuntungan tersebut kalau dia tidak menginginkan mau menjadi karyawannya. Maka saat ada pembahasan ini, manfaatkan dengan baik. Kamu bisa mengajukan pertanyaan secara detail terkait benefit yang sudah dijelaskan rekruter.

6. Ditanya Kapan Bisa Mulai Bekerja

Ditanya Kapan Bisa Mulai Bekerja

Nah, ini nih. Kalau rekruter mengajukan pertanyaan kapan kamu bisa mulai bekerja, ini sudah tentu jadi tanda yang sangat jelas. Kamu merupakan kandidat potensial yang diinginkan perusahaan. Sebab, tidak mungkin rekruter mengajukan pertanyaan ini kalau tidak menginginkan kamu bergabung dengan perusahaan. 

7. Dijelaskan Tahapan Rekrutmen Selanjutnya

Bisa jadi selama berbincang denganmu, tidak ada pembahasan mengenai ekspektasi gaji atau kapan kamu bisa mulai bekerja. Namun jika pewawancara kemudian menjelaskan beberapa tahap rekrutmen yang harus kamu lalui selanjutnya, dan berjanji akan segera memberi kabar dalam waktu beberapa hari atau maksimal satu minggu. Ini bisa menjadi tanda bahwa interview berjalan sukses.

Saat proses interview berjalan sukses dan rekruter sudah yakin memilih kamu sebagai calon karyawan, mereka akan mengirimkan offering letter. Agar kamu bisa memberi jawaban yang tepat, yuk cari tahu juga tentang offering letter di sini: Pengertian Offering Letter, Cara Membalas, dan Contohnya.