Dunia Kerja

Besaran Gaji Internship di Indonesia Beserta Perusahaannya

gaji internship

Kamu fresh graduate dan belum punya pengalaman kerja? Coba deh ikut internship. Dengan mengikuti program ini, kamu bisa mendapatkan pengalaman bekerja secara profesional dan mengembangkan skill kamu. Masih ragu ikut program ini karena nggak dibayar? Tenang aja. Ada kok beberapa perusahaan yang menerapkan magang berbayar. 

Pada situs Indeed rata-rata peserta paid internship di Indonesia mendapatkan gaji pokok sebesar 2,8 juta per bulan. Nominal gaji yang diterima akan dipengaruhi lokasi perusahaan, program dan durasi internship. Seperti di daerah DKI Jakarta, menurut data Glassdoor gaji, pokok yang diterima peserta magang bisa mencapai 3 juta per bulan. 

Daftar Gaji Internship di Perusahaan Besar

Perusahaan yang memberi kesempatan magang berbayar biasanya merupakan perusahan besar. Selain gaji pokok yang diberikan, ada juga uang transportasi, uang makan hingga asuransi kesehatan yang bisa kamu terima. Berikut besaran gaji rata-rata di perusahaan besar berdasarkan situs Glassdoor. 

  • Shopee

Perusahan yang berbasis di Singapura ini berbentuk aplikasi belanja online yang sudah memperluas jangkauannya ke beberapa negara di Asia Tenggara. Dengan perkembangan yang cukup pesat di Indonesia, Shopee membuka kesempatan untuk magang dengan mendapatkan gaji pokok rata-rata sebesar, Rp2.100.000. 

  • Unilever

Sebagai salah satu perusahan tertua di dunia, Unilever telah membuka anak usaha di berbagai negara, termasuk Indonesia. Unilever Indonesia telah memproduksi berbagai macam produk mulai dari produk makanan, kebersihan, kecantikan, hingga kesehatan. Bidang yang menjadi pilihan program pemagangan diantaranya, marketing, supply chain, customer development, finance, dan human resource. Dengan pengalaman yang didapat kamu juga akan  mendapatkan pendapatan hingga Rp3.800.000. 

  • Tokopedia

Didirikan di Indonesia, Tokopedia telah berpengaruh hingga pasar Asia Tenggara dan menjadi perusahaan Unicorn. Bergerak dalam perdagangan online, program magang di perusahaan ini banyak sekali peminatnya. Peserta magang akan mendapatkan on-site training dan mentorship yang dibutuhkan. Jadwal kerjanya 5 hari per minggu dengan periode 3-6 bulan, dengan waktu kerja tersebut kamu bisa mendapatkan gaji pokok mencapai Rp4.000.000. 

  • Pertamina

Pertamina merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang energi yang membuka kesempatan untuk merasakan pengalaman bekerja. Dengan masa kerja 6 bulan, kamu akan melakukan proyek tertentu dan kegiatan bisnis sehari-hari dengan sebuah tim. Program internship ini sudah dipastikan mendapat fasilitas kesehatan dan peralatan kerja serta gaji yang bisa mencapai Rp2.600.000

  • Gojek

Gojek merupakan perusahaan penggerak transportasi online di Indonesia yang membuka kesempatan pada lulusan baru dan juga mahasiswa aktif untuk melakukan internship. Peserta akan mengikuti program selama 3 bulan. Namun gojek menjanjikan, dalam waktu 3 bulan mereka mampu memiliki pengalaman kerja setara 1 tahun. Pada akhir program peserta magang akan menyelesaikan setidaknya satu real project. Menariknya mereka mengatakan bahwa tidak akan banyak membimbing para intern, tetapi akan memperlakukannya sama seperti para karyawan lain di gojek. Dengan program yang menjanjikan ini kamu juga akan mendapatkan gaji berkisar Rp2.500.000. 

  • Telkom

Perusahaan BUMN lainnya yang membuka program magang secara berkala adalah PT.TELKOM. Dengan anak perusahaan yang banyak dan bergerak dalam bidang komunikasi, telkom menawarkan program internship 6-12 bulan dengan berbagai macam jenis program. Kalau tertarik mengikuti programnya kamu harus siap ditempatkan di Jakarta atau Bandung. Kamu akan mendapatkan uang transportasi dan sertifikat, sedangkan gaji pokok yang akan diterima sebesar Rp2.000.000

  • Danone

Berasal dari Barcelona, Danone merupakan perusahaan multi internasional yang berfokus memproduksi berbagai jenis makanan dan minuman berkualitas. Bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Danone Indonesia memiliki program Danone Student Apprenticeship Program (DSTAR). Program magang tersebut membuat kamu berkontribusi secara langsung dengan proyek, pengembangan bisnis hingga memberikan saran dan solusi yang kamu miliki. Dalam kurun waktu 6 bulan kamu akan diberikan kesempatan mengembangan skill dan ide-idemu di perusahaan ini, kamu juga akan mendapatkan gaji sebesar Rp2.600.000.

  • BCA

Perusahaan jasa keuangan ini merupakan salah satu bank swasta terbesar di Indonesia. BCA memiliki internship program yang disebut program magang bakti, yang berfokus memberikan pengalaman kerja pada bidang operasional perbankan. Customer Service dan Teller merupakan dua posisi yang bisa kamu pilih. Lokasi penempatan magang di berbagai kota di Indonesia dengan durasi hingga 1 tahun. Gaji yang akan kamu terima jika mengikuti program ini sebesar, Rp3.300.000.

  • HM Sampoerna

Salah satu perusahaan yang terkenal sering membuka program magang adalah HM Sampoerna. Puluhan posisi pekerjaan di beberapa lokasi ditawarkan kepada para calon intern. Kamu akan menghabiskan waktu 3 bulan dalam program ini untuk mengembangkan keterampilan di bidang yang kamu pilih.  Proses pendaftaran bisa dengan mudah kamu lakukan secara online. Program ini memberikan kamu gaji hingga Rp3.500.000.

  • Nestle

Sebagai perusahaan internasional, Nestle memberikan kesempatan melalui program internship yang telah dijalankan setiap tahunnya yang disebut, Nesternship. Selama 6 bulan kamu akan dibimbing oleh mentor untuk menghadapi kasus dan pengembangan proyek secara nyata. Ada 9 bidang yang bisa kamu pilih; Technical, Finance, Legal, Marketing, Sales, Human Resource, Corporate Affairs, Corporate Sustainability, Supply Chain. Rata-Rata Gaji yang diterima peserta magang sebesar Rp3.000.000.

Aturan gaji peserta internship

Banyak yang bingung apakah peserta magang itu seharusnya menerima gaji atau tidak. Pendapat masyarakat pun beragam mulai dari merasa anak magang belum pantas mendapatkan gaji karena belum bekerja secara nyata dan tugas-tugasnya mudah. Hingga yang merasa hak peserta magang adalah sama dengan karyawan yaitu menerima gaji, walaupun tidak boleh sama apalagi melebihi gaji karyawan tetap. 

Padahal peraturan permagangan sudah diatur pemerintah dalam permenaker no 6/2020. Singkatnya dikatakan bahwa perusahaan yang menyelenggarakan pemagangan tidak wajib memberi gaji kepada peserta. Tapi perusahaan wajib memberikan uang saku yang meliputi uang makan, uang transportasi dan intensif peserta. Untuk menjauhi kesalahpahaman mengenai gaji, sebaiknya kamu perhatikan dengan teliti kontrak magang yang kamu sepakati dengan perusahaan. 

Walaupun nggak semua peserta magang akan mendapatkan gaji, tapi pastikan beberapa hak ini terpenuhi;

  1. Memperoleh bimbingan dari pembimbing pemagangan atau instruktur
  2. Memperoleh pemenuhan hak sesuai dengan perjanjian pemagangan
  3. Memperoleh fasilitas keselamatan dan kesehatan kerja selama mengikuti pemagangan 
  4. Memperoleh uang saku 
  5. Diikutsertakan dalam program jaminan sosial
  6. Memperoleh sertifikat pemagangan atau surat keterangan telah mengikuti pemagangan

Itu dia gambaran gaji yang bakal kamu terima kalau ikut paid internship di beberapa perusahaan. Namun, perlu kamu ketahui kalau gaji yang kamu terima belum tentu utuh sepenuhnya karena ada beberapa komponen potongan gaji yang harus kamu bayarkan. Untuk mengetahui gaji bersih kamu sebagai internship, gunakan kalkulator gaji berikut ini yuk: http://18.141.131.125/kalkulator-gaji/