Dunia Kerja

Tertarik Kerja Part Time? Intip Besaran Gajinya Yuk

hitungan gaji

Bagi kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, coba mulai mencari pekerjaan paruh waktu. Kerja paruh waktu atau part time merupakan pekerjaan yang memiliki waktu kerja lebih singkat dari kerja full time. Banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja part time karena sering sekali membutuhkan pergantian shift antar pegawai. 

Jangan khawatir tentang upah yang kamu terima, karena para pekerja part time akan diupah berdasarkan waktu kerja yang dilakukan. Berbeda dengan pekerjaan full time yang mengacu pada gaji bulanan, kerja part time memberlakukan hitungan gaji per jam. Pekerja jenis ini biasanya bekerja kurang dari 7 jam dalam satu hari atau 35 jam perminggu. Peraturan ini diatur oleh kementrian ketenagakerjaan dan disesuaikan dengan kesepakatan dengan perusahaan. 

Perhitungan Gaji Part Time

Gaji per jam yang diberlakukan merupakan hal yang baru di Indonesia, walaupun sudah merupakan hal lumrah di banyak negara. Jadi sangat wajar jika masih banyak yang belum paham perhitungannya. Kalau kamu bingung dengan penghasilan yang akan kamu terima jika kerja part time, ada formula yang dituliskan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021, gaji tiap jam sama seperti upah selama satu bulan dibagi 126. 

Secara umum angka 126 ini merupakan rata-rata dari waktu kerja pegawai part time dalam satu tahun. Tapi angka ini dapat disesuaikan dengan jam kerja yang telah disetujui dan berlangsung di perusahaan tersebut. Perhitungan durasi kerja dan upah harus dilakukan dengan teliti agar nggak merugikan kedua belah pihak. Jangan lupa ada ketentuan upah minimum yang berbeda di tiap daerah, yang membuat angka upah per jam dapat berbeda. 

Dengan rumus perhitungan di atas apabila kamu pekerja part time pada suatu perusahaan di Jakarta dengan UMP sebesar Rp4.400.000 sebulan, maka pekerja paruh waktu paling nggak harus dibayar minimal 4.400.000:126= Rp34.920 selama satu jam bekerja. 

Jika jadwal kerjamu adalah 5 hari bekerja dengan 6 jam setiap harinya. Maka kamu akan menerima gaji sebesar, 

Dibayarkan per hari; 6×34.920= Rp209.520

Dibayarkan per minggu; 5×209.520= Rp1.047.600

Dibayarkan per bulan; 4×1.047.600= Rp4.190.400

Meskipun diterima per hari, minggu atau bulanan. Perhitungan akan mengacu pada durasi kerja dan dibayarkan per jamnya. 

Besaran Rata-Rata Gaji Part Time di Indonesia

Sebelum menghitung gaji yang akan kamu terima, kamu bisa mencari informasi lebih lanjut mengenai upah minimum daerah, gaji rata-rata posisi yang kamu lamar, dan durasi kerja paruh waktu yang ditawarkan. Semua hal tersebut dan kontrak kerja yang disetujui akan mempengaruhi upah yang kamu terima. 

Berdasarkan situs Glassdoor, umumnya gaji pekerja part time berkisar dari Rp100.000- Rp300.000 per harinya. Jika dibayar perbulan akan ada di kisaran Rp2.000.000- Rp10.000.000 (mayoritas berada di kisaran Rp2.000.000-Rp4.000.000). Tentu hal ini akan bergantung daerah bekerja, posisi, keahlian dan pengalaman kerja kamu. 

Nominal Gaji Part Time Di Beberapa Perusahaan 

Walaupun gaji part time tidak sebanyak gaji full time, namun itu sudah disesuaikan dengan durasi dan pekerjaan kamu. Beberapa perusahaan yang ada di Indonesia juga banyak menawarkan kerja part time dengan gaji yang cukup besar. Standar upah per jam yang akan diterima disesuaikan dengan lokasi perusahaan. Berikut list nominal gaji part time di  beberapa perusahaan.

  • Starbucks

Sebagai kedai kopi internasional, Starbucks telah memiliki sistem kerja paruh waktu untuk para pegawainya. Tentu posisi yang paling banyak ditawarkan adalah barista, dengan meracik kopi kamu bisa mendapatkan gaji sebesar Rp1.500.000-Rp2.500.000 per bulan.

  • Kopi Kenangan

Kedai kopi kekinian yang berasal dari indonesia ini telah berhasil membuktikan bahwa kopi asli Indonesia bisa memiliki ketenaran sebesar kedai kopi internasional. Kopi kenangan memberi pilihan bekerja paruh waktu dihitung per 4 atau 8 jam kerja bagi para barista dengan bayaran mulai dari Rp1.500.000 per bulan.  

  • Hokben

Hokben atau yang dikenal dengan Hoka-hoka bento merupakan salah satu restoran fast food bercita rasa jepang yang berasal dari Indonesia. Tak banyak yang mengetahui restoran ini menawarkan kerja part time. Per hari nya para pekerja part time akan mendapatkan gaji sebesar Rp105.000. 

  • Janji Jiwa

Salah satu kedai kopi asli Indonesia yang sudah membuka 900 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia ini juga bisa menjadi salah satu referensi kerja part time. Pilihan posisi pekerjaan paruh waktu di perusahaan ini juga beragam, mulai dari waiters, barista, hingga kasir. Selain gaji pokok ada tunjangan dan fasilitas karyawan yang bisa kamu terima walaupun sebagai pekerja paruh waktu. Gaji pokok yang diterima pekerja part time mulai dari Rp1.400.000-Rp1.500.000 per bulan tergantung jenis pekerjaan dan wilayah tempat kamu bekerja. 

  • Chatime 

Meskipun sudah berdiri sejak tahun 2005, perusahaan asli Taiwan ini masuk Indonesia di tahun 2011. Menu yang ditawarkan lebih banyak minuman teh dengan berbagai macam campuran dan toping pilihan. Pekerja paruh waktu akan mendapatkan gaji sekitar, Rp2.500.000-Rp3.000.000 dalam sebulan sesuai dengan durasi kerja dan lokasi outlet. 

Setiap perhitungan gaji part time ataupun full time akan bergantung pada lokasi tempat perusahaan berada ya. Selain itu, penting untuk kamu ketahui gaji yang kamu terima itu gaji bersih atau gaji kotor. Karena, jika yang kamu terima adalah gaji kotor, maka penghasilan kamu yang sebenarnya akan lebih kecil. Hal tersebut diakibatkan adanya beberapa komponen pemotongan gaji yang harus kamu bayarkan.

Nah, ingin tahu berapa sebenarnya gaji bersih yang kamu dapatkan setiap bulannya? Cek dengan menggunakan kalkulator gaji berikut ini: http://18.141.131.125/kalkulator-gaji/