Administrasi Lamaran Kerja

Cara Melamar Kerja Lewat Email yang Bikin Dilirik HRD

cara melamar kerja lewat email

Dalam mengirim email lamaran kerja, pastikan bahwa informasi yang kamu kirim menggambarkan bahwa kamu memiliki kualifikasi yang cocok untuk posisi yang dibutuhkan. Caranya ialah dengan menunjukkan pengalaman dan keahlian yang relevan.

Simak panduan berikut yuk, agar email yang kamu kirim bisa menarik perhatian rekruter dan mampu meningkatkan peluang kamu mendapatkan panggilan tes atau interview kerja.

Cara Melamar Kerja Lewat Email

Berikut 6 langkah cara melamar kerja lewat email yang bisa kamu ikuti dengan mudah.

Supaya HRD membaca lamaran kerja kamu dan memberikan respons berupa pemanggilan tes atau wawancara kerja tentu ada triknya. Berikut 6 cara melamar kerja lewat email yang mudah dan efektif!

1.  Siapkan Semua File Lampiran Lamaran Kerja yang Dibutuhkan

Sebelum mengirim email lamaran kerja, kamu harus mempersiapkan seluruh dokumen yang diminta pada persyaratan iklan lowongan kerja. Misalnya, file softcopy surat lamaran kerja atau cover letter, CV terbaru, portofolio, pas foto terbaru, scan identitas diri, dan berkas lainnya dalam format PDF. Beberapa perusahaan biasanya meminta seluruh persyaratan digabung dalam satu file. Jadi, pastikan kamu membaca persyaratan lamaran kerja seteliti mungkin.

2.   Pastikan Nama Dokumen Dibuat Rapi

Jika semua berkas dalam bentuk digital sudah siap, jangan buru-buru memasukkannya sebagai attachment email. Pastikan kamu memberikan nama pada setiap file dengan profesional atau sesuai format yang diminta rekruter. Contoh: nama kamu – Curriculum Vitae.pdf atau nama kamu – Cover Letter.pdf.

Jangan menambahkan kata lain yang tidak ada dalam format, seperti penggunaan kata terbaru pada file CV dan lainnya karena terkesan kurang formal.

3.   Pastikan Alamat Email Tujuan Sudah Benar

Selain menggunakan nama email yang profesional atau nama asli, pastikan alamat email rekrutmen perusahaan yang kamu tuju sudah benar. Cara ini berguna untuk menghindari lowongan kerja palsu atau penipuan, serta memastikan berkas lamaran kerja yang kamu kirim sampai ke tangan HRD.

Perusahaan besar, seperti perseroan terbatas (PT), umumnya memiliki alamat email yang ujungnya menggunakan nama perusahaan. Misal, rekrutmen-pt@unggulsejahtera.co.id. Kesalahan penulisan email tujuan bisa membuat lamaran kerja kamu tidak diterima rekruter.

Selain itu, periksa kembali apakah alamat email tujuan terdapat CC email. CC atau carbon copy umumnya ditujukan ke manajer atau orang lain yang bersangkutan dengan proses rekrutmen.

4. Tulis Subject Email yang Singkat dan Jelas

Subjek email untuk lamaran kerja milikmu sangatlah penting karena pesan yang tercantum bisa membuat rekruter mengetahui informasi utama dari email yang mereka terima. Karena rekruter bisa menerima banyak email lamaran kerja untuk sebuah lowongan kerja, buat subjek email yang kamu tulis secara singkat dan jelas untuk bisa menarik perhatian rekruter.

Umumnya pesan yang ditulis seperti, “Nama Lengkap – Posisi yang dilamar” atau ikuti ketentuan dari perusahaan, apabila sudah ditentukan sebelumnya.

5. Tulis Isi Email dengan Jelas dan Profesional

Selain attachment file dan mengisi subject email, pastikan kamu juga mengisi bagian body email. Body email berfungsi menjelaskan tujuan dan memberi gambaran diri yang baik kepada HRD. Tulislah body email menggunakan bahasa formal yang singkat dan jelas.

Sama halnya seperti cover letter, struktur penulisan body email terdiri dari salam pembuka, isi, serta penutup. Sementara poin-poin yang bisa kamu tulis dalam body email, di antaranya:

  1. Sumber informasi lowongan kerja dan alasan kamu mengirimkan email.
  2. Posisi kerja yang kamu lamar.
  3. Kualifikasi dan keahlian yang kamu miliki.
  4. File persyaratan yang terlampir.
  5. Kontak yang bisa dihubungi.

6.   Kirim Email pada Waktu yang Tepat

Kamu juga harus memperhatikan etika mengirim email. Jangan sampai mengirim email di luar jam kerja, weekend, bahkan hari libur. Usahakan mengirim email sesuai jam operasional perusahaan, mulai pukul 08.00 hingga 17.00. Namun untuk waktu terbaik adalah 09.00 hingga 11.00, karena umumnya HRD memeriksa email masuk di pagi hari. Jadi, saat kamu mengirimkan email pada rentang waktu tersebut, potensi terlihat dan dibaca HRD lebih besar.

Untuk memperdalam wawasan kamu dalam melamar pekerjaan setelah membaca artikel ini, pelajari juga cara mengirim CV melalui email di artikel berikut ini: Cara Mengirim CV Lewat Email dan Contohnya 

Contoh Email Lamaran Kerja

To: hrd@makmursentosa.com
Subject: Lamaran Kerja – Digital Marketing

Dengan hormat,

Perkenalkan nama saya Ahmad. Dengan email ini, saya bermaksud untuk menyampaikan ketertarikan saya untuk melamar kerja sebagai Digital Marketing, seperti yang tercantum di website perusahaan pada 20 Oktober 2022.

Saya memiliki pengalaman dengan posisi yang sama selama 2 tahun di perusahaan ABC, di mana saya berkontribusi dalam membuat strategi marketing untuk meningkatkan brand awareness dan juga penjualan dari iklan di media sosial. Dengan strategi yang saya terapkan, saya bisa menghasilkan omzet 40% lebih banyak dan meningkatkan jumlah pengikut media sosial perusahaan sebesar 100%.

Saya percaya, dengan kemampuan dan pengalaman yang saya miliki. Saya bisa berkontribusi untuk perusahaan dengan baik. Saya juga telah melampirkan dokumen pendukung lain sebagai bahan pertimbangan HRD, seperti CV dan portofolio.

Demikian surat lamaran ini saya buat. Saya sangat berharap mendapatkan kabar baik terkait kesempatan ini.

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Ahmad
08132344560

Cara mengirim email terkadang dianggap sepele dan gampang, tetapi banyak yang salah mengirim email dan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan penjelasan dan contoh di atas, diharapkan kamu bisa memiliki pemahaman yang lebih baik terkait cara mengirim lamaran kerja lewat email.

Dalam mengirim lamaran kerja melalui email, body email jadi hal yang paling sering terlupakan. Karena kita terlalu berfokus pada subject email, file persyaratan, atau merasa penjelasan terkait lamaran sudah diwakili oleh cover letter yang kamu lampirkan.

Padahal tanpa body email yang baik, lamaran kerja kita bisa tidak diperhatikan oleh HRD. Pelajari cara menulis body email yang baik berikut: Contoh Body Email Lamaran Kerja dan Tips Membuatnya