Administrasi Lamaran Kerja

Contoh Body Email Lamaran Kerja dan Tips Membuatnya

Melamar kerja menggunakan email

Apakah kamu sudah mengirimkan lamaran kerja ke berbagai perusahaan, tetapi tak kunjung mendapatkan panggilan ke tahap selanjutnya? Jika iya, sebaiknya kamu cek lagi cara mengirim email lamaran kerja yang selama ini kamu lakukan. Sebab, mengirim berkas lamaran kerja melalui email ada etikanya. Nggak sekadar mengirim persyaratan yang sesuai kualifikasi dan mengisi subject email saja, kamu juga harus tahu cara membuat body email lamaran kerja agar dibaca HRD. Nah, apa saja tips membuat body email lamaran kerja dan gimana contohnya? Cari tau dalam artikel ini, yuk.

Apa yang Harus Tercantum dalam Body Email Lamaran Kerja

Body email lamaran kerja sebenarnya mirip dengan cover letter, hanya saja lebih ringkas. Dengan mengisi body email, kamu bisa memberi informasi singkat kepada HRD terkait tujuan dan kenapa HRD perlu membaca emailmu. Selain menggunakan bahasa yang formal, ada 7 hal yang perlu kamu cantumkan dalam body email, yaitu:

  • Mengucapkan salam pembuka.
  • Menyebutkan nama dan menjelaskan dari mana kamu mendapatkan informasi lowongan kerja.
  • Memberitahukan alasan kamu mengirimkan dokumen lamaran kerja dan kenapa kamu ingin melamar pada posisi yang tersedia.
  • Informasi mengenai pengalaman kerja maupun keterampilan yang sesuai dengan posisi atau jabatan. 
  • Dengan keahlian yang kamu miliki, kontribusi apa yang bisa kamu berikan bagi posisi yang tersedia atau bagi perusahaan.
  • Cantumkan kontak yang mudah untuk dihubungi.
  • Tuliskan salam penutup dan ucapan terima kasih.

Tips Membuat Body Email saat Melamar Kerja

Untuk membuat body email yang menarik perhatian dan bisa memperbesar kesempatan kamu dilirik HRD, ikuti beberapa tips membuat body email untuk mengirimkan lamaran pekerjaan berikut ini.

  1. Tulis Kalimat Pembuka yang Berkesan

    Saat mengisi body email untuk melamar pekerjaan, baik menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, gunakan kalimat pembuka berupa salam. Jika mengetahui nama HRD perusahaan, kamu bisa menyapa sambil menuliskan namanya. Contoh: 

    Yth. Bapak Ultraman 

    di Tempat.

    Apabila kamu tidak mengetahui siapa HRD perusahaan yang dituju, tuliskan secara general, seperti:

    Yth. Manager HRD PT Untung Sejati 

    di Tempat. 

    Setelahnya, cantumkan kata “Dengan hormat,” sebelum menyebutkan maksud kamu.

  2. Paragraf 1: Alasan Melamar Posisi Tersebut

    Pada paragraf pertama, utarakan dari mana kamu mendapatkan informasi lowongan kerja pada posisi yang dilamar. Kemudian, tuliskan pula alasan kamu melamar posisi tersebut. Jangan lupa, cantumkan data diri secara singkat, seperti nama, pendidikan, dan lainnya.

  3. Paragraf 2: Alasan Mengapa Kamu Cocok Untuk Posisi Itu

    Dalam paragraf kedua, kamu bisa menjelaskan secara singkat terkait pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Jika kamu seorang fresh graduated, masukkan saja pengalaman berorganisasi, pengalaman magang kerja, atau ketika kamu menjadi volunteer. Tetapi pastikan semua pengalaman itu relevan dengan posisi atau bidang kerja yang kamu lamar ya.

  4. Ucapkan Terima Kasih

    Pada paragraf ketiga atau terakhir, kamu bisa mencantumkan lampiran apa saja yang kamu kirimkan di dalam email, seperti cover letter, CV, dan berkas persyaratan lainnya. Lalu, tuliskan pernyataan terima kasih kepada rekruter atas waktu yang sudah disediakan untuk membaca emailmu, dan mintalah rekruter mempertimbangkan keunggulan yang kamu miliki atau rasa antusias kamu yang ingin berdiskusi lebih lanjut dengan tim HRD.

    Jangan lupa, tuliskan salam penutup, nama, dan nomor kontak yang bisa dihubungi. Supaya lebih jelas, kamu bisa melihat contoh body email di bawah ini!

Contoh Body Email

Yth. Manager HRD PT Untung Sejati

Perkenalkan, saya Clarine Chatarina, lulusan S1 Ilmu Komunikasi Universitas Pantang Mundur. Saya melihat informasi lowongan pekerjaan untuk posisi digital marketing pada situs web PT Untung Sejati. Melalui email ini, saya ingin mengajukan diri untuk melamar posisi tersebut.

Saya memiliki pengalaman kerja sebagai digital marketer di PT Angin Ribut lebih dari 2 tahun. Selama bekerja saya telah melakukan berbagai teknik digital marketing, baik melalui penerapan teknik SEO website, Google Ads, hingga penggunaan media sosial. Saya juga bisa mengoperasikan tools SEO, seperti Ahrefs dan Semrush. Di sela-sela kesibukan saya sebagai digital marketer, saya juga menjadi pengajar digital marketing profesional pada salah satu platform kursus online di Indonesia.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan cover letter, curriculum vitae, dan sertifikat digital marketing expert. Besar harapan untuk bisa bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas waktu dan perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Clarine Chatarina

081xxxxxxxxx

 

Dengan tips dan contoh di atas, diharapkan kamu sudah tidak bingung lagi membuat body email lamaran kerja yang baik. Di tahap ini kemungkinan kamu sudah siap mengirim email lamaran kerja ke calon perusahaan beserta lampiran dokumennya.

Salah satu dokumen yang umum disyaratkan dalam mengirim email lamaran kerja adalah CVatau curriculum vitae. Untuk memastikan CV yang kamu siapkan sudah baik atau kamu belum membuat CV sama sekali, simak artikel terkait CV berikut ini: https://atma.co.id/blog/apa-itu-cv/