Interview Kerja

Gini Loh Cara Membalas Email Panggilan Interview Kerja

seorang wanita sedang membalas panggilan interview

Kamu dapet panggilan interview kerja via email dan bingung balesnya gimana? Cara kamu membalas email juga dapat menunjukkan profesionalitas dan kemampuan komunikasi kamu, loh. Biar terkesan profesional, ikuti tips berikut ini, yuk.

Cara Membalas Email Panggilan Interview

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika membalas email panggilan interview.

1. Berterima Kasih pada Rekruter

Segera setelah kamu menerima email panggilan interview kerja, kamu bisa menyampaikan penghargaan atas kesempatan wawancara dengan berterima kasih pada rekruter. Hal ini menunjukkan bahwa kamu adalah individu yang sopan, profesional, dan antusias. Kamu bisa membalas email rekruter langsung dengan cara “Reply” tanpa perlu menuliskan email baru.

2. Tunjukan Antusiasme

Tunjukkan antusiasme dalam membalas email interview panggilan kerja. Kamu bisa membalas email interview dengan menunjukkan apresiasi dan rasa terima kasih kepada rekruter yang memberikan kamu kesempatan untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

3. Konfirmasi Kesediaan untuk Interview

Jika kamu tertarik untuk melanjutkan ke tahap interview, maka kamu perlu mengonfirmasi kesediaan untuk interview. Jawablah dengan ringkas tanpa bertele-tele apakah kamu bisa hadir atau nggak pada jadwal interview yang telah ditentukan.

4. Usulkan Jadwal Pengganti bila Kamu Berhalangan

Terkadang ada situasi dimana jadwal yang ditawarkan rekruter nggak sesuai dengan ketersediaanmu. Kamu bisa mempertimbangkan untuk meminta mengatur ulang jadwal dalam email balasan interview.

Jelaskan bahwa kamu sangat menghargai kesempatan panggilan interview yang telah diberikan. Namun, waktu yang ditentukan nggak sesuai dengan ketersediaan jadwalmu. Kamu bisa memberikan pilihan alternatif waktu lain. Tanyakan dengan sopan apakah waktu pengganti yang kamu ajukan memungkinkan bagi rekruter atau nggak.

5. Jangan Sungkan untuk Bertanya

Kamu bisa mengajukan pertanyaan dalam balasan email interview ini. Kamu dapat menanyakan terkait lokasi interview ataupun dokumen tambahan yang mungkin diperlukan untuk dibawa ketika interview.

6. Cantumkan Kontak Informasi

Meskipun pihak rekruter memiliki informasi kontakmu, tetapi kamu bisa mempermudah HRD menindaklanjuti proses interview. Kamu bisa menyertakan nomor ponsel dalam email balasan.

7. Akhiri Email dengan Sopan

Ketika akan menutup email konfirmasi kehadiran interview, kamu bisa menyertakan apresiasi terhadap undangan interview. Kamu juga bisa menuliskan bahwa kamu menantikan untuk bertemu dan berdiskusi tentang kualifikasi kamu untuk posisi yang dilamar.

Contoh Kalimat Balasan Email Panggilan Interview

Kalimat balasan jika kamu bersedia pada jadwal yang ditentukan

Yth. Bapak/Ibu (nama rekruter)

Terimakasih atas kesempatan dan undangan wawancara yang diberikan untuk posisi sebagai […] di Perusahaan XYZ. Bersama email ini saya ingin mengonfirmasi kesediaan saya untuk menghadiri sesi wawancara pada:

Hari/tanggal : (hari/tanggal)

Jam              : (xx:xx)

Saya berharap untuk dapat berdiskusi lebih lanjut terkait kualifikasi saya dan membahas tentang posisi ini secara lebih rinci. Saya berharap Bapak/Ibu dapat menginformasikan jika saya perlu membawa serta dokumen pelengkap pada saat wawancara di waktu yang telah disebutkan di atas.

Terimakasih.

Hormat saya,

(Nama kamu)

(Nomor telepon)

Kalimat balasan jika kamu mengajukan penggantian jadwal interview

Yth. Bapak/Ibu (nama rekruter)

Terimakasih untuk kesempatan interview yang diberikan. Saya sangat menantikan untuk bertemu langsung dan berdiskusi terkait kualifikasi saya serta membahas lebih rinci tentang posisi (nama posisi yang dilamar) di Perusahaan XYZ.

Namun, bersama email ini saya ingin menyampaikan permohonan maaf karena waktu yang ditentukan bertepatan dengan (sebut alasan yang membuatmu terpaksa harus mengatur jadwal interview). Jika Bapak/Ibu berkenan, saya memohon untuk melakukan pergantian jadwal di hari lain pada tanggal (sebut waktu alternatif lain yang ingin kamu ajukan) atau waktu lain yang tersedia untuk Bapak/Ibu.

Besar harapan saya untuk bisa mengikuti tahapan interview ini. Saya berharap Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan perubahan jadwal wawancara kerja tersebut. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

(Nama)

(Nomor telepon)

 

Itu tadi adalah cara membalas email panggilan interview kerja yang baik. Tapi, jika karena sesuatu hal kamu memutuskan untuk menolak panggilan interview, kamu tetap harus membalas email yang dikirimkan rekruter. Cari tahu lebih lanjut yuk: Cara menolak panggilan interview kerja dengan sopan.