Interview Kerja

Cara Menolak Panggilan Interview Kerja dengan Sopan

cara menolak panggilan interview kerja

Undangan interview nggak harus selalu diterima, loh. Kamu juga bisa menolak, kok. Namun kamu tetap harus memberikan alasan yang jelas. Agar kamu tetap dinilai sopan dan profesional, ikuti cara berikut yuk.

Cara Menolak Panggilan Interview

Sebelum kamu mengabari perusahaan untuk menolak panggilan interview, pastikan kamu sudah mempertimbangkan keputusan dengan matang. Jika sudah yakin, kamu bisa menggunakan cara berikut untuk menolaknya. 

1. Berikan Kabar Secepatnya

Kamu bisa menolak undangan wawancara kerja segera setelah menerima panggilan wawancara. Dengan begitu, kamu dapat membantu pihak rekruter untuk menghemat waktu dan segera mencari kandidat lain untuk melakukan interview.

2. Ucapkan Terima Kasih

Ucapan terima kasih menunjukkan bahwa kamu menghargai kesempatan yang diberikan. Kamu bisa menyatakan rasa terima kasih di bagian awal pernyataan penolakan panggilan interview.

3. Berikan Alasan yang Singkat dan Jelas

Kamu bisa memberikan alasan penolakan secara singkat dan jelas. Kamu nggak perlu bertele-tele, sehingga kamu terlihat profesional dan tampak yakin akan keputusan penolakan yang kamu buat.

4. Sampaikan Permintaan Maaf

Kamu dapat menghargai usaha yang dilakukan rekruter dalam menyeleksi kandidat dengan menyampaikan permintaan maaf karena tidak dapat melanjutkan proses interview kerja.

5. Referensikan Orang Lain

Apabila ditanyakan, kamu dapat mereferensikan orang lain untuk menggantikan posisi kamu. Hal ini bersifat opsional, dan kamu dianjurkan untuk memberikan referensi hanya ketika ditanya oleh pihak rekruter.

Contoh Cara Menolak Panggilan Interview

1. Contoh Menolak Panggilan Interview Karena Perubahan Rencana

Yth. HRD (Nama Perusahaan)

Terima kasih karena mengundang saya untuk mengikuti tahap interview pada posisi […] di Perusahaan XYZ. Namun, saya terpaksa mengundurkan diri dari proses rekrutmen karena masalah personal yang mengharuskan saya untuk tidak melanjutkan tahap interview.

Izinkan saya menyampaikan permohonan maaf atas keputusan ini. Saya berharap Perusahaan XYZ dapat segera menemukan kandidat yang tepat untuk menempati posisi ini.

Hormat saya,

(Nama)

(Nomor HP)

2. Contoh Menolak Panggilan Interview Karena Sudah Mendapatkan Pekerjaan

Yth, HRD (Nama Perusahaan)

Saya ucapkan terima kasih karena telah memberikan saya kesempatan untuk melanjutkan tahap interview untuk posisi […] di Perusahaan XYZ. Namun bersama email ini saya ingin menyampaikan bahwa saya tidak bisa melanjutkan proses aplikasi lamaran pekerjaan karena saya diterima bekerja di perusahaan lain. Oleh karena itu saya memutuskan untuk mundur dari proses perekrutan yang sedang berjalan.

Izinkan saya menyampaikan permohonan maaf atas keputusan ini. Saya berharap Perusahaan XYZ dapat segera menemukan kandidat yang tepat untuk menempati posisi ini.

Hormat saya,

(Nama)

(Nomor HP)

Sekarang kamu sudah nggak perlu bingung lagi bagaimana cara menolak panggilan interview kerja. Nah, tapi buat yang masih Fresh Grad dan butuh lebih banyak referensi terkait interview, baca artikel berikut, yuk: : Semua tentang interview kerja yang harus Fresh Grad tahu.