Administrasi Lamaran Kerja

3 Contoh Penulisan Alamat Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar

Bersalaman saat melamar kerja

Salah satu administrasi lamaran kerja yang wajib kamu penuhi saat melamar pekerjaan ke suatu perusahaan adalah surat lamaran kerja. Dalam proses surat menyurat tersebut, kamu sudah tentu perlu menuliskan alamat surat dengan benar. Sebab, inilah hal pertama yang akan dibaca oleh penerima surat. Bagaimana penulisan alamat yang benar pada surat lamaran kerja? Baca cara penulisan alamat surat lamaran pekerjaan yang benar beserta dengan contohnya, yuk. Salah penulisan bisa berakibat kamu kehilangan kesempatan diterima bekerja lho.

Cara Menulis Alamat Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar

1.   Perhatikan Penggunaan “Yth” dan “Kepada”

Ketika mengirimkan surat lamaran pekerjaan, cukup gunakan Yang Terhormat, atau ditulis Yth yang diikuti tanda titik (Yth.).

Contoh:

Yth. Kapten Dermaga Senja Hari
Jalan Pelabuhan Bahari No. 1
Kota Surabaya

2.   Aturan Menggunakan Huruf Kapital

Sama seperti menulis dokumen resmi lainnya, kamu perlu memperhatikan penggunaan huruf kapital ketika menuliskan surat lamaran pekerjaan, terutama alamat suratnya. Aturan menggunakan huruf kapital yang berlaku, yaitu:

  • Huruf kapital digunakan pada awal kata nama orang, nama lembaga, nama jalan atau wilayah.
  • Penulisan singkatan rukun tetangga (RT), rukun warga (RW), maupun menuliskan gelar di depan maupun di belakang nama penerima surat juga menggunakan huruf kapital.

Contoh:

Yth. Bathara Mega Dirgantara, Ph.D.
Universitas Atma Jaya Jakarta
Jalan Jendral Sudirman No. 51 RT 05 RW 04, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi
Kota Jakarta Selatan
12930

3.   Penulisan Alamat Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar

Agar surat bisa sampai kepada orang atau lembaga yang dituju, pastikan kamu menulis alamat surat secara lengkap dan detail. Mulai dari nama jalan, nomor kantor atau gedung, nama kota, hingga kode pos. Lebih baik lagi kalau dilengkapi dengan kelurahan, kabupaten, kecamatan, dan sebagainya.

Hal penting lain yang perlu kamu perhatikan dalam penulisan alamat surat lamaran pekerjaan yang benar, yaitu:

  • Penulisan “Jalan” sebaiknya tidak disingkat menjadi “Jl.”
  • Alamat tidak lebih dari 3 baris.
  • Seluruh penulisan detail alamat tidak perlu menyertakan tanda titik (.) di akhir baris.
  • Alamat lengkap hanya dituliskan pada amplop surat, sementara di badan surat cukup menuliskan “di tempat” karena alamat lengkap sudah tercantum di bagian amplop surat.

4.   Penulisan Gelar dan Sapaan

Perhatikan dengan baik penulisan gelar dan sapaan ini karena cukup banyak individu yang bisa saja tersinggung hanya karena penulisan nama, gelar, atau sapaan yang salah. Jika ini terjadi saat kamu mengirimkan surat lamaran pekerjaan, bisa berakibat fatal.

Untuk itu, saat kamu mau mengirimkan surat resmi atau surat lamaran pekerjaan, perhatikan beberapa aturan penulisan gelar dan sapaan berikut ini:

  • Jika ada gelar atau jabatan pada nama penerima surat, sebaiknya tidak disertai dengan sapaan, seperti Ibu, Bapak, Saudara, dan sebagainya.
  • Jika kamu memilih menggunakan kata sapaan, maka tidak perlu diikuti dengan gelar atau jabatan.
  • Gelar yang umum dicantumkan pada bagian belakang nama penerima adalah gelar pendidikan.
  • Sapaan yang umum digunakan, yaitu Bapak atau Ibu, dan digunakan jika tidak ada gelar, pangkat atau jabatan pada nama penerima surat.
  • Penulisan gelar di belakang nama dipisahkan dengan tanda koma setelah nama marga.

Contoh:

Yth. Brawijaya Putra Nusantara, S.H., M.Kn.
Jalan Banyu Urip Nomor 25
Kota Surabaya, Jawa Timur

5.   Perhatikan Tanda Baca

Tanda baca yang biasanya digunakan dalam penulisan alamat surat, yaitu titik dan koma. Aturan penggunaannya, antara lain:

  • Tanda titik digunakan untuk mengakhiri singkatan pada kata “Yth.”; “No.”; atau pada penulisan gelar, seperti S.T; S.S; dan sebagainya.
  • Tanda koma biasanya digunakan untuk pemisah nama dengan gelar yang mengikuti di belakang, memisahkan wilayah (kabupaten, kotamadya, kecamatan, kelurahan, dan sebagainya).

 

Contoh Penulisan Alamat Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar

Agar kamu bisa menghindari kesalahan penulisan alamat surat lamaran pekerjaan, berikut ini beberapa contoh cara menulis alamat surat yang benar.

1.   Contoh Penulisan Alamat Surat dengan Nama Sapaan

Yth. Ibu Rinai Senja
Jalan Merdeka Nomor 28
Kelurahan Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur
Kota Bandung
40117

2.   Contoh Penulisan Alamat Surat dengan Gelar Di Belakang

Yth. Armada Wira Sakti, Ph.D.
PT Mentari Timur Sakti
Jalan Raya Perdamaian Nomor 17
RT 02 RW 07 Kelurahan Lowokwaru, Kecamatan Lowokwaru
Kota Malang

3.   Contoh Penulisan Alamat Surat dengan Gelar Di Depan

Yth. Drg. Indaryati Suyatman
Jalan Danau Kerinci Nomor 05
Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang
Kabupaten Malang, Jawa Timur
65139

 

Penulisan alamat surat lamaran pekerjaan memang terlihat sepele, tetapi kalau kamu memperhatikan dan menerapkan cara penulisan yang benar dan tepat, HRD akan berpikir kalau kamu orang yang teliti.

Tentu saja, hal ini akan berbeda kalau kamu mengirimkan lamaran pekerjaannya via email. Meskipun pada dasarnya sama, yaitu mempersiapkan persyaratan dan juga memastikan alamat tujuan sudah benar. Namun ada beberapa hal yang masih perlu diperhatikan. Simak panduan melamar kerja melalui email di artikel berikut: Cara Mudah & Efektif Melamar Kerja Lewat Email