Cover Letter

Contoh Cover Letter untuk Lamaran Kerja yang Berkesan

Dokumen kerja

Kamu perlu menyertakan cover letter saat mengirimkan dokumen lamaran kerja. Sebab, HRD akan melakukan screening awal dan memutuskan kelayakan kamu diterima bekerja dari surat ini. Itu sebabnya, isi cover letter harus bisa menjelaskan kemampuan, pengalaman, dan keahlian yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Yuk, cari tahu lebih lengkap mengenai isi yang wajib ada beserta beberapa contohnya pada artikel ini.

Apa Saja Isi dari Sebuah Cover Letter?

Salam pembuka menjadi bagian pertama yang harus ada, yaitu dengan menyebutkan nama perekrut atau HRD perusahaan. Setelah itu, masuk ke paragraf pembuka yang isinya menjelaskan tentang dirimu, mulai dari nama, latar belakang pendidikan, dan tujuan melamar pekerjaan.

Pada paragraf isi, jelaskan kualifikasi yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar, seperti kemampuan, keahlian, hingga pengalaman kerja atau magang. Kemudian tambahkan paragraf penutup yang berisi harapan kamu untuk bisa lolos ke tahap interview dan sertakan juga kontak yang bisa dihubungi. Terakhir, tuliskan ucapan terima kasih sebagai salam penutup. 

Contoh Cover Letter 

  • Dalam Bahasa Indonesia

[Salam pembuka]

Yth HRD PT Gajah Duduk 

[Paragraf Pembuka berisi perkenalan dan alasan melamar]

Dengan hormat,

Perkenalkan, nama saya Juwita Anindya. Saya sarjana Teknik Informatika dari Universitas Anti Badai. Melalui surat lamaran ini, saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai junior programmer di PT Gajah Duduk sesuai iklan lowongan kerja di LinkedIn. 

[Paragraf isi berupa kualifikasi dan pengalaman kerja]

Sebagai lulusan Teknik Informatika, saya memiliki kemampuan Java programming dan Python, menganalisis database, serta mampu menggunakan aplikasi dan platform pendukung pemrograman, misalnya GitHub. Selama 2 tahun bekerja di divisi IT pada perusahaan PT Antar Secepat Kilat, saya berhasil membangun aplikasi restitusi pegawai dan menyelesaikannya dalam waktu 8 bulan. 

[Paragraf penutup]

Dengan keterampilan dan pengalaman yang saya miliki, saya yakin bisa membawa manfaat bagi perusahaan Anda. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan CV terbaru dan portofolio. Apabila Bapak/Ibu memiliki pertanyaan, mohon menghubungi saya melalui email juwitaan@gmail.com atau nomor telepon 085112200990. Besar harapan saya dapat menjadi bagian dari perusahaan Bapak/Ibu, bahkan bisa memberikan kontribusi yang positif bagi perkembangan perusahaan di masa depan.

[Salam penutup]

Atas waktu dan perhatiannya, saya ucapkan terima kasih. 

Hormat Saya,

Juwita Anindya.

  • Dalam Bahasa Inggris

[Salam pembuka]

Dear Hiring Manager, 

[Paragraf pembuka]

Please allow me to introduce myself. I am Manggala Alamsyah, bachelor’s degree in information technology from Anggrek University. I am writing this letter to express my interest in the position of IT support as advertised on PT Setar Membahana’s LinkedIn. 

[Paragraf isi atau kualifikasi dan pengalaman]

I consider myself a highly focused and self-motivated person. I have technical skills in troubleshooting computer networks, software, and basic programming language. During my internship as an IT support staff at Bahama IT consultant, I learned more about computer networks and servers. I also managed to develop a more efficient computer network to use printers. 

[Paragraf penutup]

With my experience and achievements, I firmly believe that I will be a great fit for this position. Therefore, I present my latest CV and portfolio to assist your decision-making. If you have any questions about my qualifications, you can contact me anytime at alamsyahmanggala@gmail.com or by mobile phone 087887700123. I will be honored to be invited to the next process. 

[Salam penutup]

Thank you for your time and consideration. 

Sincerely,

Manggala Alamsyah.

  • Untuk Fresh Graduate

Fresh Graduate

  • Untuk Magang

Cover letter Magang

Setelah tahu isi cover letter dan contohnya, kamu juga perlu tahu secara lengkap mengenai persyaratan lamaran kerja apa saja yang biasanya diminta perusahaan. Untuk lebih jelasnya, cek artikel berikut yuk: Persyaratan Lamaran Kerja yang Paling Sering Diminta Rekruter