Administrasi Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan dan Format Penulisan

melamar kerja

Meskipun saat ini sudah era digital, masih ada lho perusahaan dan instansi pemerintahan yang mensyaratkan pelamar kerja mengirimkan surat lamaran berbentuk tulis tangan. Mengapa? Sebab, tulisan tangan bisa mencerminkan keadaan mental, kepribadian, karakter, pola pikir, intelektual, bahkan tingkat stres dan kemampuan seseorang menghadapi tekanan. Supaya nggak salah membuatnya, yuk cari tahu secara lengkap mengenai format surat, cara menulisnya dengan tulis tangan, serta contohnya di sini.

Format Surat

Meskipun akurasi analisis kepribadian dari tulisan tangan nggak selalu 100% hasilnya, namun melalui tulisan tangan inilah HRD akan mengenali karakter dan kepribadian penulisnya. Maka selain harus menulis dengan rapi, kamu juga perlu menggunakan format yang benar. Tujuannya, agar isi surat bisa menonjolkan semua keahlian dan kualifikasi yang kamu miliki. Untuk itu, ikuti format berikut ini:

  1. Tulis tanggal dan lokasi kamu menulis surat. Misalnya: Jakarta, 04 November 2022.
  2. Menuliskan nama perusahaan dan alamat lengkap perusahaan yang dituju secara tak langsung menyatakan bahwa surat memang secara khusus dibuat untuk perusahaan yang tercantum.
  3. Mulailah dengan salam pembuka formal. Contoh: Yth HRD PT Sempurna. Kemudian tuliskan, “Dengan hormat,”.
  4. Paragraf pembuka berisi perkenalan diri dan tujuan pengiriman surat, termasuk menyebutkan posisi/jabatan yang mau kamu lamar. Jangan lupa, sertakan sumber informasi lowongan kerjanya ya.
  5. Paragraf isi, sebaiknya menjelaskan secara terperinci mengenai pengalaman kerja, pengalaman magang, keahlian, bahkan prestasi terbaik yang pernah kamu raih. Pastikan semua yang kamu cantumkan pada paragraf ini relevan dengan posisi yang dilamar.
  6. Pada paragraf penutup, tuliskan harapanmu untuk menjadi bagian perusahaan. Lalu ucapkan terima kasih dan salam penutup. Oh ya, kamu juga harus menyebutkan lampiran yang kamu sertakan pada bagian akhir surat.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

1. Gunakan Kertas Folio Bergaris

Agar surat lamaran yang kamu tulis dengan tangan terlihat rapi, sebaiknya gunakan kertas folio bergaris. Siapkan juga kertas cadangan untuk berjaga-jaga kalau terjadi kesalahan dalam proses penulisan. 

2. Perhatikan Penggunaan Huruf Kapital

Salah satu kemudahan menulis dengan komputer karena adanya fitur koreksi otomatis ketika terjadi salah penggunaan huruf kapital. Sayangnya, saat ini kamu harus menuliskannya dengan tulisan tangan. Maka, kamu harus lebih berhati-hati, lebih cermat, dan lebih teliti dalam penulisan huruf besar di awal kalimat serta penggunaan tanda baca. Selain itu, menuliskan nama, nama hari, nama tempat, singkatan, bahkan nama bulan juga perlu menggunakan huruf kapital.

3. Gunakan Kata Baku dan Tulis dengan Rapi

Karena bersifat formal dan resmi, maka penulisan surat harus menggunakan kata baku atau sesuai ejaan yang ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Gunakan kata “saya” untuk mewakili penyebutan diri kamu dan Bapak/Ibu untuk panggilan HR atau pemilik perusahaan. Tulis dengan rapi menggunakan tinta berwarna hitam. Jika memungkinkan, kamu bisa menulisnya dengan huruf tegak bersambung agar lebih indah dan berkesan. Tapi, pastikan tulisan kamu bisa dibaca dengan baik lho ya.

4. Hindari Penggunaan Correction Pen atau Tipe X

Mengetik surat di komputer tentu memudahkan kamu untuk menghapus kata yang salah. Berbeda dengan tulisan tangan, kamu harus menulis dengan sangat hati-hati. Jika perlu, buatlah konsepnya terlebih dulu di kertas lain. Sebab saat terjadi kesalahan penulisan, kamu harus mengulangnya dari awal di kertas yang baru. Mengapa? Karena penggunaan correction pen atau tipp-ex bisa memberikan kesan tidak profesional.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan 

1. Contoh Sederhanacontoh surat lamaran sederhana

2. Untuk Melamar Kerja di Pabrik

contoh surat lamaran kerja pabrik

3. Untuk Melamar Pekerjaan di Restoran

contoh surat lamaran Restoran

Ketika perusahaan mensyaratkan tulis tangan, maka mau nggak mau kamu memang harus memenuhi syarat tersebut jika ingin diterima bekerja. Tetapi jika perusahaan tidak mencantumkan syarat tertentu mengenai penulisannya, kamu bisa membuat surat lamaran dalam bentuk yang lebih baik dan lebih menarik. Sebagai tambahan referensi yang bisa memberimu inspirasi, baca artikel berikut yuk: contoh surat lamaran kerja yang baik.