Curriculum Vitae

5 Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja yang Menarik

contoh dari Cv

Apakah kamu fresh graduate tanpa pengalaman kerja dan nggak tahu cara bikin CV yang menarik? Tenang. Di artikel ini, kamu bisa mencari tahu cara bikin CV yang menarik plus contoh CV fresh graduate.

Tips Membuat CV Fresh Graduate

1. Tonjolkan Skill Relevan yang Kamu Miliki

Meskipun kamu masih fresh graduate dan belum punya pengalaman kerja, kamu tetap punya kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan dan bersaing dengan pelamar kerja berpengalaman. Kuncinya ada pada informasi yang kamu cantumkan dalam CV.

Supaya CV kamu menarik perhatian HRD, tonjolkan skill relevan yang kamu miliki, baik hard skill maupun soft skill. Bahkan untuk soft skill yang menurutmu tampak sepele, seperti terbiasa menerapkan Kaizen sejak SMA, misalnya. Ini juga skill, lho. Jadi, jangan ragu untuk memasukkan skill set yang kamu miliki, selama kemampuan tersebut relevan dan kelak bisa mendukung kamu untuk dapat bekerja dengan baik pada posisi yang kamu lamar.

2. Tonjolkan Pengalaman Berorganisasi

Tidak semua orang pandai berorganisasi. Jika ternyata kamu memiliki pengalaman berorganisasi selama masa sekolah maupun kuliah, maka informasi ini perlu kamu cantumkan di dalam CV. Sebab, adanya pengalaman berorganisasi membukti kamu punya kemampuan bekerja sama dalam tim, bisa bertanggung jawab, dan biasanya juga memiliki kemampuan berkomunikasi serta networking yang baik.

3. Tonjolkan Pengalaman Magang

Apakah kamu pernah ikut program magang di kampus? Jika iya, maka tonjolkan pengalaman magang tersebut dengan cara mencantumkan nama perusahaan tempat magang, lama waktu magang, dan apa saja job desc selama magang. Ini bisa jadi nilai tambah buat kamu meski belum punya pengalaman kerja. 

4. Cantumkan Prestasi 

Meraih prestasi itu butuh usaha keras lho, terlepas bidang apa pun prestasi yang kamu capai. Maka pencapaian prestasi tersebut jangan disia-siakan. Kamu bisa tetap mencantumkannya dalam CV sebagai nilai tambah untuk prestasi non-akademik. 

Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja

  1. Contoh CV Fresh Graduate Jurusan ManajemenContoh CV Fresh Graduate Jurusan Manajemen

  2. Contoh CV Fresh Graduate Jurusan Ilmu KomunikasiCV Fresh Graduate Jurusan Ilmu Komunikasi

  3. Contoh CV Fresh Graduate Jurusan DKVCV Fresh Graduate Jurusan DKV

  4. Contoh CV Fresh Graduate Jurusan ITCV Fresh Graduate Jurusan IT

  5. Contoh CV Fresh Graduate Jurusan Ilmu HukumCV Fresh Graduate Jurusan Ilmu Hukum

 

Bagi kamu para fresh graduate dan sedang mempersiapkan diri untuk melamar kerja, jangan bingung lagi, ya. Kan sudah tahu tips membuat CV fresh graduate dan contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman kerja.

Kalau kamu memilih untuk membuat CV dalam bahasa Inggris, yuk simak contoh CV dalam bahasa Inggris di artikel berikut ini: 5 Contoh CV Bahasa Inggris dan Tips Membuatnya