Cover Letter

Contoh Kalimat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan yang Menarik

contoh kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan

Agar surat lamaran kerjamu dibaca sampai akhir, buatlah kalimat pembuka yang mampu menarik perhatian rekruter. Hal ini karena HRD menerima banyak berkas lamaran pekerjaan setiap harinya, sehingga biasanya mereka hanya akan skimming surat lamaran pekerjaanmu. Jadi kamu harus memastikan kalimat pembuka pada surat lamaran pekerjaanmu berbeda dan menarik. Gimana caranya? Cek disini, yuk!

Contoh Kalimat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan

Berikut contoh yang bisa kamu jadikan referensi agar surat lamaran pekerjaan yang kamu kirim menarik perhatian HRD dan  dibaca sampai akhir.

1. Kalimat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan

Saat melamar kerja, ada banyak sekali pesaing yang harus kamu hadapi dengan kualifikasi yang mirip seperti kamu. Agar lebih menonjol, kamu bisa sejak awal menunjukkan pencapaian dan keterampilan yang telah kamu dapatkan. Tau nggak sih, pemberi kerja suka melihat prestasi dalam bentuk angka.  Contoh kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang dapat kamu gunakan yaitu:

Pengalaman saya selama tiga tahun dalam mengelola komunikasi internal untuk perusahaan dengan jumlah pegawai lebih dari 2.000 orang membuat saya memiliki kualifikasi pada posisi […] yang sedang dibuka di PT […]. Saya yakin dapat menggunakan pengalaman ini untuk merancang strategi komunikasi yang efektif, efisien, dan berkelanjutan untuk mencapai tujuan jangka panjang. 

2. Kalimat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan Berdasarkan Iklan

Ketika melamar pekerjaan berdasarkan iklan, kamu bisa memulai kalimat pembuka pada surat lamaran pekerjaan dengan informasi riset terkait pencapaian perusahaan yang sedang kamu tuju. Selanjutnya, kamu dapat menambahkan prestasi kamu sebelumnya.

Contoh kalimat pembuka yang bisa kamu gunakan yaitu:

Ketika saya melihat bahwa PT [..] yang sebelumnya mendapat penghargaan terhadap komitmennya pada energi terbarukan dan pengolahan limbah sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi yang sesuai dengan kualifikasi saya, saya merasa kesempatan ini adalah untuk saya. Rekam jejak saya dalam mempromosikan tempat kerja yang lebih ramah lingkungan dan pencapaian saya dalam mengurangi biaya pengolahan limbah hingga 30% membuat saya memiliki kualifikasi dalam posisi […]. Saya yakin pengalaman dan pencapaian saya sebelumnya dapat memberikan kontribusi untuk inovasi-inovasi PT […] selanjutnya di masa depan.

3. Kalimat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan Berdasarkan Inisiatif Sendiri

Kamu mungkin memiliki sebuah perusahaan impian dimana kamu berharap dapat menjadi bagian dari timnya. Kamu bisa memulai kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang dimulai dengan kekagumanmu pada perusahaan tersebut, kemudian dilanjutkan dengan prestasi dan pencapaianmu. Berikut contoh kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan berdasarkan inisiatif sendiri:

Sebagai pekerja dibidang IT, saya sering sharing ide dan melakukan brainstorming dengan tim saya tentang bagaimana perkembangan e-commerce di masa depan. Dalam diskusi kami, PT […] yang merupakan raksasa Tech di Indonesia selalu menjadi fokus pembicaraan kami. PT […] merupakan perusahaan impian saya, dan saat ini dengan kualifikasi saya yang telah bekerja di dunia IT selama lebih dari 5 tahun dan menyelesaikan berbagai proyek IT di dalam dan luar negeri membuat saya yakin untuk melamar pekerjaan di perusahaan ini.

Tips Menulis Kalimat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan

Berikut beberapa tips untuk membuat kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang menonjol dan menarik perhatian HRD.

1. Gunakan Kata Pembuka yang Powerful

Menggunakan kata-kata yang powerful untuk menggambarkan diri kamu akan menarik perhatian HRD ketika melakukan screening aplikasi lamaran kamu. Sebagai contoh, kamu bisa menuliskan:

Sebagai seorang ahli di bidang perencanaan keuangan, saya telah memberikan kontribusi dalam pelaksanaan berbagai jenis proyek, baik skala kecil maupun skala besar.

2. Kalahkan Pesaing dengan Prestasi

Kamu harus lebih menonjol dibandingkan pesaing lainnya. Kamu bisa mencantumkan berbagai prestasi yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

3. Tonjolkan Leadership dalam Dirimu

Tunjukkan bahwa kamu memiliki pengalaman dalam kepemimpinan atau manajemen. Sebagai contoh:

Melalui pengalaman saya di jejaring sosial dengan peningkatan 45% jumlah follower dalam tim kreatif yang saya pimpin, saya percaya bahwa saya memiliki kualifikasi untuk menempati posisi ini.

4. Tunjukkan Keahlianmu

Kata kunci yang perlu kamu masukkan dalam kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan adalah gambaran tentang passion dan tujuan ke depan kamu. Sebagai contoh:

Dua aspek keahlian saya adalah analisis keuangan dan manajemen waktu. Pengalaman saya selama bertahun-tahun dalam mengkoordinasikan tim dapat saya manfaatkan untuk memberikan kontribusi di PT […].

5. Cantumkan Nama Perujuk

Jika kamu memiliki referral dari perusahaan yang kamu tuju, kamu bisa mencantumkannya dalam kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan. Sebagai contoh:

Bapak […], manajer sales dan marketing di PT […] menyarankan saya untuk melamar posisi ini karena kami pernah bekerja sama sebelumnya. Beliau mengetahui kemampuan saya dalam meningkatkan sales mencapai 60% dalam waktu enam bulan di perusahaan XYZ.

Nah, sekarang kamu sudah paham tentang pentingnya kalimat pembuka yang menarik dan menonjol dalam surat lamaran pekerjaan. Ketika pihak pemberi kerja tertarik untuk membaca surat lamaran kamu sampai akhir, kesempatan kamu untuk dipanggil ke tahap berikutnya akan meningkat. Tapi, selain kalimat pembuka, kalimat penutup juga nggak kalah penting, loh. Simak contohnya disini ya: Contoh kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang berkesan