Cover Letter

Contoh Resume Lamaran Kerja yang Memikat Rekruter

contoh resume lamaran kerja

Resume merupakan dokumen penting dalam proses rekrutmen, yang akan membantu rekruter melihat kecocokan kandidat dengan posisi yang dilamar. Untuk tahu apa saja isi resume lamaran kerja dan seperti apa contoh resume yang bisa memikat rekruter,baca artikel ini sampai selesai, yuk.

Contoh Resume Lamaran Kerja

1. Resume Lamaran Kerja Bahasa Indonesia

Saat membuat resume lamaran kerja dalam bahasa Indonesia, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, hanya gunakan kalimat aktif dan kalimat efektif agar tidak memakan banyak tempat, serta gunakan kata kunci yang relevan dengan keahlian yang kamu miliki. 

Contoh:

Resume Lamaran Kerja Bahasa Indonesia

2. Resume Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Di era digital seperti sekarang, cukup banyak perusahaan yang mewajibkan kandidat pelamar kerja mengirimkan dokumen lamaran kerja dalam bahasa Inggris. Mau tidak mau, kamu harus memenuhi syarat ini. Berikut contoh resume lamaran kerja dalam bahasa Inggris.

Resume Lamaran Kerja Bahasa Inggris

3. Resume Lamaran Kerja Fresh Graduate

Umumnya, fresh graduate belum memiliki pengalaman kerja. Maka pada bagian riwayat kerja dalam resume bisa kamu ganti pengalaman berorganisasi, pengalaman magang, atau aktivitas lain yang masih relevan dengan posisi yang kamu lamar. Bahkan, kamu bisa pula menuliskan keunggulan dan keahlian lain di luar bidang akademik.

Contoh:

Resume Lamaran Kerja Fresh Graduate

Isi Resume Lamaran Kerja

Pada prinsipnya, isi resume lamaran kerja harus dapat mengkomunikasikan keunggulan dan potensi yang kamu miliki untuk mengisi posisi yang kosong di perusahaan. Isi resume juga harus dapat meyakinkan rekruter bahwa kamu adalah kandidat terbaik dibandingkan kandidat lainnya.

Lalu, isi resume lamaran kerja apa saja? Pertama, harus ada identitas dan informasi kontak yang lengkap sehingga rekruter dapat menghubungi kamu (jika kamu terpilih). Di bagian atas resume sebaiknya ada ringkasan resume atau deskripsi singkat mengenai keahlian dan keunggulan kamu yang bisa menarik perhatian rekruter. 

Hal penting berikutnya yang perlu kamu perhatikan ketika menuliskan riwayat pekerjaan dan riwayat pendidikan, cukup tuliskan dari yang terbaru dan yang paling relevan dengan posisi/jabatan yang kamu lamar. Jika masih ada bagian kosong pada resume, boleh juga kamu tambahkan informasi lain, seperti pengalaman berorganisasi, minat, prestasi, dan sebagainya. 

Selain resume, ada lagi dokumen lain yang perlu kamu sertakan dalam berkas lamaran kerja untuk memperbesar peluang kamu diterima bekerja, yaitu portofolio. Kenapa harus melampirkan portofolio? Cek langsung di sini, yuk, Ini Lho Pentingnya Melampirkan Portofolio saat Melamar Kerja.