Curriculum Vitae

Informasi Apa Saja yang Harus Dicantumkan dalam CV?

informasi yang harus dicantumkan dalam cv

CV adalah sarana yang menjelaskan latar belakang dan skill yang kamu punya. CV berisi informasi penting yang dibuat sesuai dengan urutannya. Urutan informasi dalam CV yaitu mencantumkan identitas diri, profil personal, riwayat pekerjaan, riwayat pendidikan, keahlian, penghargaan dan prestasi, serta minat dan bakat. Baca selengkapnya disini, yuk.

1. Identitas Diri

Hal pertama yang perlu kamu cantumkan dalam CV adalah identitas diri. Identitas diri ini mencakup nama lengkap diikuti gelar, nomor telepon, alamat email, serta alamat lengkap. Pada bagian bawah nama beserta gelar, cantumkan jabatan profesional kamu. Jabatan profesional ini harus sesuai dengan kualifikasi posisi yang sedang kamu lamar, ya. Rincian ini dapat menjadi judul CV, sehingga kamu nggak perlu menuliskan Curriculum Vitae sebagai judul.

Contoh:

Contoh Identitas Diri

2. Profil Personal

Contoh Profil Personal

Bagian selanjutnya yang perlu kamu cantumkan dalam CV adalah profil personal kamu. Bagian ini berisi deskripsi singkat yang menjelaskan calon kandidat dengan baik. Kamu dapat mencantumkan kemampuan serta pengalaman kamu yang relevan. Buatlah profil personal yang spesifik untuk posisi yang sedang kamu lamar dengan panjang nggak lebih dari enam kalimat.

3. Riwayat Pekerjaan

Contoh Riwayat Pekerjaan

Cantumkan riwayat pengalaman pekerjaan yang kamu miliki dengan mengurutkan dari yang terbaru. Riwayat pekerjaan harus relevan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar. Cantumkan juga posisi, nama perusahaan, berapa lama kamu bekerja, serta job-desc kamu.

4. Riwayat Pendidikan

Contoh Riwayat Pendidikan

Cantumkan riwayat pendidikan yang telah kamu tempuh, termasuk yang formal dan informal. Urutkan riwayat pendidikan dari yang terbaru terlebih dahulu. Sertakan juga jenis atau nilai kualifikasi serta tanggal diberikannya.

5. Keahlian

Contoh Keahlian

Di bagian ini kamu bisa mencantumkan berbagai keahlian kamu yang relevan dengan posisi yang akan kamu lamar. Kamu bisa menuliskan kemampuan bahasa asing, atau keahlian lainya yang relevan. Pastikan kamu nggak melebih-lebihkan kemampuanmu, karena apa yang kamu tulis dalam CV harus sesuai dengan klaim kamu nanti ketika tes wawancara.

6. Penghargaan dan Prestasi

Contoh Penghargaan dan Prestasi

Kamu juga bisa mencantumkan penghargaan dan prestasi yang pernah kamu capai ke dalam CV. Penghargaan dan prestasi bisa berupa akademik, pekerjaan, atau volunteer. Dengan mencantumkan penghargaan dan prestasi, kamu membuktikan kompetensi dan nilai yang kamu miliki pada pemberi kerja.

7. Minat dan Bakat

Contoh Minat dan Bakat

Kamu juga bisa menambahkan minat dan bakat yang dimiliki apabila relevan dengan posisi yang dilamar. Bagi kamu yang sedang memulai karir, menambahkan bagian minat dan bakat dapat memberikan informasi pada HRD tentang kepribadian dan kemampuan kamu.

Nah, sekarang kamu sudah paham apa saja yang perlu dicantumkan dalam CV kamu. Jadi, nggak semua informasi perlu dicantumkan ya. Seperti yang kamu tahu, ada ratusan CV yang perlu diperiksa HRD. Jadi, jangan menghabiskan ruang di CV kamu untuk hal-hal yang nggak penting. Cari tau informasi apa saja yang nggak perlu dimasukkan dalam CV disini, yuk: Informasi yang Tidak Perlu Dimasukan dalam CV.