Administrasi Lamaran Kerja

Contoh Surat Rekomendasi Kerja yang Bikin HR Jadi Yakin

seorang wanita sedang membuat surat rekomendasi kerja

Surat rekomendasi kerja adalah surat yang ditulis oleh seseorang yang kredibel untuk merekomendasikan performa akademis atau kinerja kamu. Fungsi dari surat rekomendasi ini untuk membangun kredibilitas, membuat kamu lebih unggul dibandingkan kandidat lain, dan dapat membuat rekruter menjadi yakin untuk merekrut kamu. Lihat contohnya di sini, yuk.

Contoh Surat Rekomendasi Kerja

1. Surat Rekomendasi Kerja dalam Bahasa Indonesia

Kop Surat Perusahaan


Surat Rekomendasi Kerja
Nomor: 123/HRD-XX/10/2022

Jakarta, 31 Oktober 2022

Yth. Manager HRD PT Cinta Sejati Selamanya

Kami yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Elang Pramana Putra
NIK : 055551234590
Jabatan : Manager Personalia
Alamat : Jalan Cinta No. 17, Jakarta 

Bertindak mewakili PT Menara Alam Semesta memberikan rekomendasi kepada mantan karyawan kami:

Nama : Maria Mercedes
NIK : 1234567891112
Alamat : Jalan Nusa Penida 123, Jakarta Timur, DKI Jakarta
Jabatan terakhir : Staff Personalia

Selama bekerja sebagai karyawan di PT Menara Alam Semesta, Sdr(i) Maria memiliki kinerja yang baik, serta berperilaku dan beretika yang baik pula. Sdr(i) Maria mampu bekerja secara mandiri dan bekerja dengan baik dalam tim, punya dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan, dan selalu berusaha memberikan hasil pekerjaan yang maksimal. 

Bahkan dalam waktu 3 tahun masa kerjanya, Saudari Maria menunjukkan prestasi yang cemerlang dengan menjadi karyawan terajin selama 12 bulan berturut-turut dan tidak pernah melanggar aturan perusahaan. Dengan hasil kerja tersebut, kami yakin Sdr(i) Maria akan menjadi aset berharga di perusahaan mana pun ia bekerja. 

Demikian surat rekomendasi kerja ini kami terbitkan dan semoga bisa digunakan sebagai mana mestinya. Jika membutuhkan informasi tambahan lain, bisa menghubungi saya.

Hormat saya,

 

Elang Pramana Putra
Manager Personalia PT Menara Alam Semesta

 

2. Surat Rekomendasi Kerja dalam Bahasa Inggris

PT Menara Alam Semesta
Jalan Gunung Galunggung No. 58, Malang
Telp. 031 – 123456, Email: HRD@menaraalamsemesta.com
Website: menaraalamsemesta.com

Letter of Recommendation
Number: 123/MAS-XX/2022

Dear Miss Margareth Claire

I, the undersigned below :

Name : Elang Pramana Putra
Position : HRD Manager PT Menara Alam Semesta
Address : Cinta Street 17, Jakarta

This explains that:

Name : Maria Mercedes
Address : Nusa Penida Street 123, Jakarta Timur, DKI Jakarta

She is truly our employee for 3 years as HRD Staff, counted from February 05, 2017, until February 05, 2020, and the concerned person has resigned on her own wish.

While working at PT Menara Alam Semesta, the concerned person has a good performance, full of responsibility, and has never harmed the company, both in terms of material and non-material.

We believe that wherever the person concerned works later, will be able to work well, be full of responsibility, and contribute to the company. We also strongly recommend that the person concerned be accepted to work in another company.

So we do this work recommendation letter, in fact, to be used properly.

Jakarta, February 10, 2020

HRD Manager
PT Menara Alam Semesta,

Elang Pramana Putra

3. Surat Rekomendasi Kerja dari Perusahaan

Untuk contoh surat rekomendasi kerja dari perusahaan, biasanya pada surat rekomendasi tercantum nama perusahaan secara jelas pada bagian kop surat. Selain itu, surat dibuat rangkap dan dicantumkan pada tembusan untuk siapa saja.

Surat Rekomendasi Kerja dari Perusahaan

4. Surat Rekomendasi Kerja dari Atasan

Surat rekomendasi dari atasan boleh dibuat personal maupun menggunakan lembar surat resmi dari perusahaan yang ada kop suratnya. Hal terpenting yang harus ada dalam surat rekomendasi yang dibuat oleh atasan adalah nama jelas dan jabatan atasan, serta pengetahuannya terhadap kinerja orang yang direkomendasikan.

Surat Rekomendasi Kerja dari Atasan

5. Surat Rekomendasi Kerja dari Dosen

Biasanya, mahasiswa yang mau mengikuti program magang atau fresh graduate yang sedang melamar pekerjaan, bisa meminta surat rekomendasi kerja kepada dosen di kampus. Berikut contohnya: 

Surat Rekomendasi Kerja dari Dosen

Selain surat rekomendasi kerja, adakalanya perusahaan meminta para pelamar kerja melampirkan surat keterangan kerja. Apa sih surat keterangan kerja ini? Ayo cari tahu lebih banyak dengan membaca artikel berikut: Surat Keterangan Kerja: Kegunaan dan Contohnya.