Administrasi Lamaran Kerja

Contoh Surat Referensi Kerja: Bukti Kamu Punya Pengalaman

rekan kerja membuat surat referensi kerja

Surat referensi kerja adalah dokumen tertulis yang menyatakan dukungan terhadap seseorang dan mengonfirmasi pengalaman atau keahlian yang dimiliki secara positif. Surat referensi kerja biasanya digunakan untuk melamar kerja, magang, beasiswa, dan masih banyak lagi. Intip contohnya di artikel ini yuk.

Contoh Surat Referensi Kerja

1. Surat Referensi Kerja untuk Fresh Graduate

Surat Referensi Kerja untuk Fresh Graduate

2. Surat Referensi Kerja dari Teman

Surat Referensi Kerja dari Teman

3. Surat Referensi Kerja dari Perusahaan

Surat Referensi Kerja dari Perusahaan

Orang yang Bisa Memberikan Surat Referensi Kerja

Beberapa orang yang bisa memberikan surat referensi kerja untuk kamu, di antaranya: 

  1. Atasan, manager, atau supervisor di perusahaan sebelumnya, karena atasan menjadi orang yang tahu seberapa baik keahlian dan kinerja kamu.
  2. Rekan kerja, dengan catatan rekan kerjamu tersebut bekerja pada satu bidang atau satu divisi yang sama dan memang benar-benar mengetahui kinerja kamu selama bekerja.
  3. Untuk fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, bisa meminta referensi kerja dari teman yang profesional, ketua organisasi, atau dosen di kampus.

Selain surat referensi kerja, ada surat jenis lain yang bisa membantu kamu agar diterima bekerja, yaitu surat rekomendasi. Cari tahu lebih lanjut tentang surat rekomendasi, yuk. Langsung klik Surat Rekomendasi Kerja: Cara Membuat dan Contohnya