Interview Kerja

Ditanya “Kapan Anda Bisa Mulai Bekerja?” Gini Cara Jawabnya

kandidat ditanya kapan anda bisa mulai bekerja

Saat interview, rekruter akan bertanya kapan kamu bisa bergabung dengan perusahaan. Pertanyaan ini umum ditanyakan, tetapi kamu tetap harus berhati-hati dalam menentukan waktu yang tepat untuk mulai bekerja. Biasanya perusahaan juga bersedia untuk berkompromi dengan berbagai keadaan jika kandidatnya kompeten dan berpengalaman. Biar kamu nggak salah jawab, coba cari tahu caranya dulu, yuk. Jadi, g

Cara Jawab Pertanyaan “Kapan Anda Bisa Mulai Bekerja?”

1. Jawaban Saat Bisa Langsung Bergabung

Jika kamu memiliki waktu yang fleksibel dan dapat bergabung dalam perusahaan kapanpun, maka biasanya kandidat akan menyerahkan penyesuaian waktu kapan mulai masuk kerja pada pihak perusahaan.

Contoh jawaban yang bisa kamu berikan:

Saya memiliki jadwal yang fleksibel. Saya sendiri berharap dapat segera bergabung dalam tim dan memulai bekerja di posisi baru ini. Menurut Bapak/Ibu, kapankah waktu terbaik bagi saya untuk mulai masuk kerja di perusahaan ini?

2. Jawaban Saat Harus Terlebih Dulu Memberitahu Perusahaan yang Sekarang

Jika kamu masih bekerja di perusahaan yang sekarang, maka biasanya kamu membutuhkan waktu pemberitahuan sebelum mengundurkan diri. Kebijakan setiap perusahaan akan berbeda-beda. Ada yang membutuhkan pemberitahuan satu bulan, ada juga yang cukup dua minggu. Oleh karena itu, kamu perlu memastikannya terlebih dahulu.

Contoh jawaban yang bisa kamu berikan:

Saya perlu menginformasikan perusahaan saya yang sekarang sebelum memutuskan tanggal saya bisa mulai bekerja. Ketentuan perusahaan saya adalah dua minggu pemberitahuan sebelum dinyatakan resmi mengundurkan diri. Saya dapat mulai bekerja segera setelah mendapatkan surat persetujuan pengunduran diri dari perusahaan saya yang sekarang.

3. Jawaban Saat Membutuhkan Waktu Istirahat

Terkadang, pekerja yang baru mengundurkan diri dari perusahaan sebelumnya membutuhkan waktu transisi sebelum memulai bekerja di perusahaan yang selanjutnya. Kamu bisa meminta izin untuk mendapatkan waktu istirahat sebelum bergabung dalam perusahaan.

Contoh jawaban yang bisa kamu berikan:

Sebelum bergabung dalam perusahaan ini, saya membutuhkan waktu transisi agar dapat beradaptasi pada lingkungan kerja yang baru. Selain itu, saya juga memiliki beberapa masalah personal yang perlu saya selesaikan sebelum memulai pekerjaan pada posisi baru ini. Apakah memungkinkan jika saya memulai pekerjaan di minggu ke-4 bulan depan? Saya sangat berharap Bapak/Ibu dapat memaklumi keadaan saya.

4. Jawaban Saat Menyesuaikan dengan Kebutuhan Perusahaan

Bagi kamu yang nggak terbatas waktu, kamu bisa menyesuaikan waktu mulai bekerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Contoh jawaban yang bisa kamu berikan:

Saya bisa mulai bekerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Namun saya akan berterima kasih jika perusahaan bersedia memberikan saya waktu 5-7 hari untuk melakukan persiapan sebelum bergabung dalam tim. Tetapi saya cukup fleksibel jika ternyata perusahaan membutuhkan saya untuk segera mengisi posisi ini.

5. Jawaban Saat Membutuhkan Waktu untuk Pindah

Jika kamu wawancara pekerjaan yang memiliki lokasi yang berbeda dengan kota atau provinsi tempat kamu tinggal saat ini, kamu tentu akan membutuhkan waktu untuk pindah. Kamu bisa menjelaskan berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk pindahan dan kapan kamu bisa mulai bekerja.

Contoh jawaban yang bisa kamu berikan:

Karena posisi ini mengharuskan saya untuk pindah kota, saya memerlukan waktu beberapa hari untuk mencari tempat tinggal baru dan memindahkan barang-barang saya. Setelah selesai pindahan, saya akan siap untuk mulai bekerja. Apakah ada aturan timeline tertentu untuk pegawai yang pindah lokasi pada perusahaan ini?

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui cara untuk menjawab pertanyaan “Kapan Anda Bisa Mulai Bekerja?”. Pertanyaan lanjutan yang juga umum ditanyakan adalah terkait gaji. Meskipun terkesan gampang, tapi ternyata cukup tricky, loh. Untuk penjelasannya, baca dalam artikel berikut, yuk: cara tepat menjawab pertanyaan “Berapa gaji yang diharapkan?”