Fitur Atma

FAQ Atma 2.0

Aplikasi rekrutmen yang menghubungkan pencari kerja dengan rekruter via chat.

Apa bedanya Atma 1.0 dengan Atma 2.0?

Atma 1.0 dikembangkan berdasarkan alur rekrutmen konvensional bagi pencari kerja dan rekruter. Atma 2.0 hadir sebagai solusi rekrutmen baru yang berfokus ke interaksi chat untuk proses rekrutmen cepat dan tepat. Aplikasi Atma 2.0 juga mengakomodir kebutuhan pencari kerja soal pencarian loker dan rekruter soal perekrutan kandidat dalam aplikasi yang sama!

Kini, pencari kerja bisa chat rekruter untuk melamar loker, menjadwalkan interview, dan mulai kerja dalam beberapa hari saja. Tidak perlu lagi melamar dengan mengirimkan CV berulang kali, dan bisa mendapatkan respon dari rekruter lebih cepat. Bagi rekruter, bisa chat kandidat berpotensial langsung tanpa perlu menunggu lamaran masuk berkat rekomendasi dari Atma. Proses rekrutmen makin singkat dengan kandidat berkualitas.

PENCARI KERJA

Loker

  • Kenapa saat ini lebih banyak loker F&B di aplikasi Atma?

Kementerian Perindustrian memprediksi bahwa industri F&B akan berkembang ~5% atau hampir 2x lipat di tahun 2023 dibandingkan tahun lalu. F&B adalah salah satu sektor yang masih berkembang pesat di tengah merebaknya krisis ekonomi global, dan ini berarti jika kebutuhan tenaga kerja untuk industri ini pun akan ikut naik. Oleh karena itu, Atma pun fokus menggarap kebutuhan pasar terhadap karyawan F&B siap kerja di fase ini dengan menggaet perusahaan F&B top di Indonesia seperti Kopi Kenangan, Bakmi GM, Hiro Group, Union Group, Wingstop, dll.

  • Apakah loker di Atma sudah terverifikasi?

Ya. Ada sekitar 5.000++ perusahaan yang telah menaikkan lokernya di Atma, dan semuanya telah dicek oleh tim Trust & Safety kami sebelum ditayangkan ke pengguna aplikasi. Kami percaya jika rasa aman adalah faktor paling penting bagi para pencari kerja dalam proses melamar, sehingga kami menerapkan proses skrining berlapis untuk memverifikasi perusahaan serta loker yang diterbitkan agar tidak ada loker bodong yang lolos. Namun, jika ada keraguan terhadap loker yang ada di Atma, silakan menghubungi kami di cs@atma.co.id atau WhatsApp di 081220002082 untuk bertanya atau melapor.

  • Bagaimana cara melamar loker di aplikasi Atma?
  1. Masuk ke halaman “Loker” di bagian bawah aplikasi. 
  2. Pilih posisi yang diinginkan – bisa pilih salah satu atau pilih “Semua” jika ingin menampilkan keseluruhan loker yang ada.
  3. Silakan chat rekruter langsung untuk bertanya dan melamar.
  • Mengapa tidak ada fitur “Cari” untuk loker yang diinginkan?

Atma merekomendasikan loker sesuai dengan kecocokan profil Atma ID dengan kualifikasi loker yang ada agar tidak perlu mencari manual lagi. Tampilan rekomendasi loker setiap pengguna juga akan berbeda sesuai dengan faktor pertimbangan untuk matchmaking loker dan kandidat yang tepat, seperti pengalaman kerja, jenis pendidikan, lokasi kerja, ekspektasi gaji, dll. Jika kamu tidak menemukan loker yang dimau, silakan mengganti setting preferensi loker kamu atau WhatsApp ke 081220002082.

  • Apa yang terjadi jika ada pesan “Belum ada rekomendasi nih” pada halaman Loker?

Jika pesan tersebut muncul di halaman Loker, artinya profil Atma ID kamu tidak sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan dari perusahaan. Tapi tenang, kamu bisa mengubah setting di “Preferensi” untuk menemukan loker lainnya. Pastikan lokasi yang kamu pilih juga sesuai dengan lokasi tempat kerja. Saat ini Atma masih menyediakan loker F&B di area Jabodetabek dan Jawa Barat (Bandung Raya). 

  • Bagaimana cara saya menampilkan loker sesuai dengan preferensi?

Terdapat fitur “Filter” pada bagian kanan atas di halaman Loker. Kamu dapat memilih loker berdasarkan jenis pekerjaan, lokasi dan radius, ekspektasi gaji per bulan, pengalaman kerja, dan pendidikan terakhir. Jika setting sudah sesuai, maka klik “Terapkan” untuk mendapat rekomendasi loker baru. Tampilan loker juga bisa diurutkan berdasarkan rekomendasi dari Atma, loker paling baru, lokasi terdekat, atau gaji tertinggi.

  • Bagaimana cara mengecek status lamaran atas loker yang sudah dilamar?

Kamu bisa chat rekruter lagi untuk follow-up berbagai hal, seperti waktu interview, status lamaran, range gaji, dll. 

  • Bagaimana cara merekomendasikan loker ke teman?

Jika kamu menemukan loker yang cocok untuk teman, kerabat, atau keluargamu, kamu dapat membagikannya melalui WhatsApp dengan klik tulisan “Bagikan” di pojok kanan atas halaman loker tersebut. Jangan lupa, pastikan teman/ kerabat/ keluargamu sudah download aplikasi Atma dulu agar bisa melihat lokernya, ya.

Chat

  • Apa perbedaan tab “Dari saya” dan “Dari rekruter”?

Tab “Dari saya” menyimpan semua chat yang telah dikirimkan ke rekruter saat kamu ingin melamar pekerjaan melalui halaman Loker. Sedangkan tab “Dari rekruter” menyimpan chat yang dikirimkan rekruter ke kamu ketika rekruter tertarik dengan Atma ID kamu dan ingin berdiskusi dengan kamu untuk posisi tertentu yang sedang dibuka. Kedua tab amat penting dan harus dicek berkala, ya!

  • Kenapa saya dibatasi hanya bisa chat 1x di awal dengan rekruter?

Untuk menghindari spam, Atma membatasi jika kandidat hanya bisa chat 1x ke rekruter agar rekruter bisa mengecek chat kamu dengan cepat. Saat chat rekruter, pastikan kamu memperkenalkan diri terlebih dahulu dan jelaskan alasan tertarik dengan loker tersebut dengan bahasa yang sopan. Pikat si rekruter! Cek artikel ini untuk cara chat rekruter yang baik untuk pertama kalinya LINK. Setelah pesanmu terkirim, tunggu balasan dari rekruter untuk mengakses hak chat bolak balik dengan rekruter. Chat pertama ini penting untuk dilakukan dengan tepat karena akan menjadi penilaian pertama rekruter terhadap kamu!

  • Berapa lama saya harus menunggu balasan chat dari rekruter?

Rekruter akan membalas dari waktu ke waktu tergantung rutinitas mereka. Namun, daripada menunggu balasan dari 1 rekruter saja, silakan pilih loker lainnya dan manfaatkan kesempatan untuk chat rekruter lain yang juga sedang membuka banyak loker. Tenang saja, tidak ada masa kadaluarsa untuk chat yang telah kamu kirimkan ke rekruter selama kamu tidak menutup ruang chat melalui tombol “Akhiri chat”. 

  • Bagaimana cara mengirim dokumen atau file tambahan ketika diminta rekruter?

Klik ikon “+” di bagian kiri bawah ruang chat untuk menambahkan file yang diminta oleh rekruter. Kamu bisa langsung upload dokumen atau foto juga, lho! Rekruter bisa mengecek Atma ID – pengganti CV tradisional – dan dokumen penting kamu dalam 1 ruang chat saja. Simpel dan cepat!

  • Apa yang harus saya lakukan jika mendapat chat tidak pantas?

Jika kamu mendapatkan chat yang menyalahi etika di luar konteks loker/ interview/ kontrak kerja, kamu dapat segera klik “Akhiri chat”. Kumpulkan bukti screenshot chat dan laporkan ke CS Atma melalui WhatsApp ke 081220002082. Tim Atma akan segera membantu menindaklanjuti laporan dan memberikan solusi kurang dari 1×24 jam. Rasa aman kamu dalam mencari pekerjaan di Atma merupakan fokus utama kami, dan kami serius menanggapi isu yang membuat pengguna Atma tidak nyaman.

  • Duh, lupa melamar ke loker yang mana! Bagaimana jika di-chat rekruter?

Kamu bisa mengecek slide bar di bagian ruang chat dengan rekruter untuk mengecek loker mana yang dimaksud. Klik nama posisi yang tertera, kemudian “Lihat detail loker” untuk mengetahui lebih spesifik perusahaan dan posisi yang sedang kamu diskusikan dengan rekruter. Jadi, nggak usah panik lagi dan bertanya “ Maaf, ini loker yang mana ya?”!

  • Berapa kali saya bisa chat rekruter dalam sehari?

Setiap pengguna punya kuota 25 chat ke rekruter per hari – alias kamu bisa chat 25 rekruter yang berbeda, bukan 25 chat per rekruter. Jadi, manfaatkan kesempatan ini dengan pilih loker yang benar sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki. Kuota akan di-reset kembali di hari berikutnya. Untuk mengetahui berapa kuota chat yang telah terpakai, cek pada halaman “Akun” di bagian “Informasi kuota”.

  • Bagaimana jika loker tersebut belum cocok dan saya ingin menutup chat dengan rekruter?

Klik “Akhiri chat” di pojok kanan atas pada ruang chat dengan rekruter jika kamu ingin mengakhiri percakapan. Nantinya kamu maupun rekruter sudah tidak bisa lagi mengirim pesan di ruang chat tersebut.

Atma ID

  • Apa gunanya Atma ID?

Atma ID berguna sebagai pengganti CV tradisional. Dengan desain profesional, kolom informasi yang lengkap, fitur video profil, serta kemudahan untuk dibagikan dalam bentuk pdf/ jpeg/ web link, Atma ID amat berguna untuk membantu pencari kerja yang masih kebingungan soal cara membuat CV yang disukai oleh HR. Atma ID sendiri akan dipakai oleh rekruter untuk menilai profil kamu di aplikasi Atma. Asiknya bisa lamar kerja tanpa perlu kirim CV lagi!

  • Apa bedanya Atma ID dengan CV biasa?

Untuk CV biasa, selalu ada kebingungan tentang jenis informasi yang tepat untuk dimasukkan dan desain yang pantas untuk dipakai. Ini tentu saja tidak membantu para pencari kerja yang baru saja terjun ke dunia kerja dan masih minim informasi. Atma ID merupakan solusi jitu untuk kebutuhan CV! Cukup isi informasi yang diminta, upload foto profil, dan rekam video profil, Atma ID langsung jadi sesuai format yang disukai oleh HR saat screening CV.

  • Kenapa saya harus melengkapi Atma ID?

Atma menggunakan sistem matchmaking untuk merekomendasikan loker sesuai dengan profil kamu di Atma ID. Semakin lengkap informasi yang kamu masukkan, maka semakin akurat kesesuaian profilmu dengan kualifikasi loker yang dicari. Kemudahan melamar kerja tentu bisa kamu dapatkan karena tidak perlu lagi mengirim banyak dokumen karena Atma ID bisa sebagai pengganti CV tradisional. Rekruter juga akan melihat sejauh mana kesiapan kerja kamu dari sisi penampilan dan cara bertutur yang bisa kamu tunjukkan melalui foto Atma ID yang profesional dan rekam video profil dengan baik sesuai ketentuan di sini

  • Apakah Atma ID bisa digunakan untuk melamar loker selain dari aplikasi Atma?

Bisa, informasi dan tampilan Atma ID sudah dirancang sesuai format CV ATS friendly yang bisa kamu gunakan untuk melamar loker di mana pun. Caranya cukup mudah, kamu bisa membagikan link Atma ID melalui tahapan berikut:

  1. Buka melalui halaman “Akun”
  2. Menuju ke bagian “Perbaharui Atma ID”
  3. Klik “Lihat CV Saya” di pojok kanan atas
  4. Klik “Bagikan” di kiri bawah untuk membagikan Atma ID ke kontak WhatsApp kamu.

REKRUTER

  • Bagaimana cara bergabung ke aplikasi Atma untuk mendapatkan kandidat?

Sekarang aplikasi Atma 2.0 tersedia secara terbatas untuk para rekruter & HR. Silakan email ke bd@atma.co.id atau kirim pesan lewat WhatsApp ke +62812 2000 1945 untuk mendapatkan akses, ya!

Jika masih ada pertanyaan soal Atma 2.0, silakan WhatsApp ke nomor +62812 2000 1945.