Dunia Kerja

Kerja Sampingan dengan Hasil yang Menggiurkan

Kerja Sampingan

Pekerjaan sampingan adalah pekerjaan yang dilakukan di samping mengerjakan pekerjaan utama. Ini merupakan solusi bagi kamu yang ingin memiliki penghasilan tambahan. Saat ini sudah banyak banget pekerjaan sampingan dengan upah yang menggiurkan dan bisa kamu kerjakan baik secara offline maupun online. Cek yuk.

Affiliate Marketer

Pernah nggak sih, kamu melihat seorang teman merekomendasikan ataupun review produk di media sosial dan mencantumkan sebuah link yang mengarahkan kamu ke halaman ecommerce? Teman kamu inilah yang disebut sebagai affiliate marketer. Tugasnya adalah mempromosikan produk suatu perusahaan dan akan mendapatkan komisi jika produk yang dipasarkan terjual. Jadi orang tersebut akan mendapatkan komisi jika ada yang membeli produk melalui link yang ia bagikan.

Program afiliasi ini banyak diikuti oleh masyarakat, baik yang masih kuliah, bekerja, bahkan youtuber pun juga banyak yang ikut lho. Gimana, tertarik untuk mencoba?

Jual NFT

Masih ingat dengan Ghozali Everyday? Pemuda asal Indonesia yang memperoleh keuntungan miliaran rupiah dengan menjual foto selfie di salah satu marketplace NFT. NFT atau Non-Fungible Token adalah aset digital unik dan berharga yang mewakili objek dunia nyata dan dapat diperjualbelikan. Aset NFT bisa berupa karya seni maupun koleksi seperti gambar, foto, audio, video, game, dan lain sebagainya.

MC (Master of Ceremony)

Kamu suka tampil dan bertemu banyak orang? Coba jadi MC atau Master of Ceremony, yuk. Sesuai dengan namanya, tugas seorang MC adalah memandu acara dari awal hingga selesai. MC memiliki peran yang sangat penting dalam kesuksesan suatu acara. Tanpa MC, acara akan berantakan dan membosankan. Kabar baiknya, siapapun bisa menjadi MC asalkan memiliki niat dan kemauan untuk belajar.

Selain memiliki kemampuan berkomunikasi yang bagus, seorang MC juga harus percaya diri, mampu beradaptasi, mampu berinteraksi dengan audiens, dan kreatif.

Fotografer

Jika kamu suka mengabadikan momen, kamu bisa lho menjadikan fotografer sebagai pekerjaan sampingan. Nggak perlu jago-jago banget, kok. Kamu bisa memperdalam skill sembari bekerja. Semakin sering kamu mengerjakannya, maka tanpa kamu sadari, keahlianmu pun akan terus bertambah. Jika keahlian kamu meningkat, maka bayaran yang kamu terima pun akan begitu.

Kamu bisa menjadi fotografer produk, acara wedding, maupun fotografer untuk kegiatan-kegiatan lainnya. Dengan banyaknya kegiatan dan semakin banyaknya UMKM yang menjual produk sendiri, maka jasa fotografer pun akan selalu dibutuhkan.

Digital Marketer

Mau kerja sampingan yang bisa dikerjakan dari manapun? Jadi digital marketer aja. Seiring dengan perkembangan zaman, nggak hanya perusahaan-perusahaan besar aja lho yang go digital, tetapi UMKM pun mau nggak mau harus ikut beradaptasi jika ingin bertahan. Maka dari itu, jasa digital marketing akan selalu dibutuhkan. Ini adalah kesempatan bagus bagi kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Belum punya skill untuk menjadi digital marketer? Bisa kok belajar dulu. Nggak ada kata terlambat. Sekarang udah banyak banget materi-materi terkait digital marketing yang bisa kamu akses secara gratis dari Google, media sosial, dan YouTube. Jika punya uang lebih, kamu juga bisa mengikuti kursus online.

Web Developer

Buat kamu yang suka IT, menjadi seorang developer bisa menjadi pekerjaan sampingan yang menjanjikan dan menyenangkan. Teknologi akan selalu berkembang, maka jasa developer juga selalu dibutuhkan. Selain peluangnya yang tinggi, gaji developer juga terkenal tinggi lho. Pekerjaannya pun bisa kamu kerjakan di rumah, tentunya tergantung kesepakatan dengan perusahaan ya.

Content Creator

Kamu kreatif dan suka membuat konten? Salurkan kreativitas kamu dengan menjadi content creator yuk. Selain menyenangkan, kamu juga mendapat penghasilan tambahan. Dengan banyaknya perusahaan dan UMKM yang berusaha untuk menjangkau targetnya secara online, jasa content creator pun semakin dibutuhkan. Nggak bisa bikin video? Tenang, konten itu nggak cuma video aja kok. Ada banyak jenis konten seperti tulisan, visual, audio, infografis, dan lainnya.

Gimana, pekerjaan sampingan mana yang ingin kamu coba? Bagi kamu yang nggak bisa mengambil pekerjaan sampingan karena suatu alasan tetapi ingin memiliki penghasilan yang lebih, coba pertimbangkan untuk mencari pekerjaan yang digaji tinggi. Berikut beberapa pekerjaan yang umumnya digaji tinggi, cek yuk: Daftar Pekerjaan dengan Gaji Tinggi Di Indonesia