Dunia Kerja

Pekerjaan Jurusan Akuntansi dengan Gaji Fantastis

Pekerjaan Jurusan Akuntansi dengan Gaji Fantastis

Terkenal dengan tugasnya dalam menyusun laporan keuangan, para lulusan akuntansi memiliki prospek karier yang sangat beragam. Berikut beberapa pekerjaan untuk lulusan akuntansi yang bergaji tinggi, contohnya akuntan publik yang bisa menghasilkan Rp 144 juta per tahunnya. Penasaran dengan profesi lainnya? Atma udah bikin daftarnya buat kamu. Cek, yuk!

Akuntan Internal Perusahaan

Seorang akuntan internal perusahaan adalah akuntan yang bekerja dan memiliki kedudukan pada suatu perusahaan. Profesi ini bertanggung jawab atas laporan keuangan sebuah perusahaan. Hasil laporan ini akan menjadi dasar untuk menyusun sistem akuntansi perusahaan yang meliputi arus kas masuk, realisasi anggaran, hingga laporan pajak. Meskipun tugas utamanya melakukan pencatatan keuangan dan merancang serta menyusun laporan, tetapi akuntan internal juga akan terhubung dengan pihak luar untuk membahas keuangan. Akuntan internal akan berhubungan langsung dengan akuntan publik yang disewa perusahaan untuk mengevaluasi laporan keuangan.

Karena akuntan internal paham dengan kondisi keuangan perusahaan, maka sering sekali akan dimintai saran dan nasihat dalam mengembangkan bisnis perusahaan. Tujuannya untuk membantu menentukan keputusan keuangan dengan keadaan perusahaan. Untuk urusan gaji, kamu nggak perlu khawatir. Seorang internal perusahaan bisa menerima kompensasi hingga Rp 9 juta per bulannya, tapi ini tergantung kebijakan perusahaan dan posisi kamu ya.

Akuntan Pemerintahan

Selain sebuah perusahaan, lembaga pemerintahan juga membutuhkan seorang akuntan dalam penyusunan laporan keuangan. Tanggung jawab utamanya melakukan pemeriksaan dan pengawasan terhadap arus keuangan yang dilaporkan oleh unit pemerintah atau organisasi. Sistem akuntansi yang digunakan oleh institusi pemerintah dirancang oleh seorang akuntan pemerintahan. Tak hanya itu, profesi ini juga akan mengelola aset-aset dan keuangan negara.

Walaupun tanggung jawabnya terlihat sama, ternyata sistem akuntansi perusahaan dan pemerintah agak berbeda lho. Perbedaannya terdapat pada tujuan dan proses penilaian dalam aktivitas akuntansi. Laporan yang dibuat akuntan pemerintahan bukan hanya diberikan kepada para pemegang jabatan tapi juga kepada publik. Hal ini karena adanya kegiatan operasi pemerintahan yang menggunakan dana dari masyarakat. Kisaran gaji yang bisa kamu terima sebagai akuntan pemerintah yaitu mulai dari Rp 6 juta hingga Rp 10 juta per bulannya.

Akuntan Publik

Akuntan publik dikenal juga sebagai akuntan swasta. Ia memberi jasa akuntansi untuk individu atau perusahaan secara independen. Karena nggak terikat dengan perusahan atau instansi pemerintah, seorang akuntan publik harus memiliki izin dari Menteri Keuangan agar bisa menjalankan praktiknya. Selain itu, akuntan publik juga harus memiliki Certified Public Accountant (CPA) dan wajib menjadi anggota Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). Secara umum, tugas akuntan publik adalah memeriksa laporan keuangan yang dibuat oleh akuntan internal perusahaan klien yang menyewanya.

Akuntan publik juga harus memastikan perusahaan klien sudah mematuhi peraturan perpajakan di Indonesia. Walaupun merupakan profesi independen, berdasarkan situs Taxnow, akuntan publik bisa menghasilkan hingga Rp 12 juta per bulannya, tapi untuk fresh graduate dimulai dari kisaran Rp 4-8 juta per bulan.

Perencana Keuangan

Perencana keuangan adalah profesi yang bertugas membantu mengelola dan merencanakan keuangan klien agar tujuan finansial bisa tercapai. Perencana keuangan dapat bekerja secara perorangan, lembaga, maupun bekerja di perusahaan besar. Dengan syarat memiliki sertifikat perencana keuangan, Certified Financial Planner. Seorang financial planner akan memberikan perencanaan secara umum kepada klien. Namun jika klien membutuhkan perencanaan keuangan spesialisasi, tentu bisa disesuaikan dengan detail yang diminta.

Contohnya dengan merencanakan dan menetapkan impian, skala prioritas, dan tujuan finansial yang ingin dicapai. Perencanaan ini dilakukan dengan membantu memberi gambaran mengenai alokasi dana, penyesuaian gaya hidup dengan kondisi keuangan, hingga memberi gambaran dan persiapan investasi dini untuk membantu keadaan finansial di masa tua. Secara garis besar, tanggung jawabnya adalah membuat rencana keuangan dan memberikan solusi keuangan yang dihadapi klien. Gajinya tergantung pada lamanya durasi konsultasi klien. Berdasarkan situs Campus.Quipper, kisarannya mulai dari Rp 5-30 juta per jamnya disesuaikan dengan pengalamannya.

Tax Advisor

Gak semua orang paham cara menghitung pajak yang harus dibayarkan. Makanya banyak yang butuh jasa tax advisor. Jasa konsultasi bidang perpajakan bisa digunakan untuk perorangan atau perusahaan. Sebelum jadi konsultan pajak, pastikan kamu punya sertifikat konsultan pajak dulu ya. Tanggung jawab tax advisor adalah melayani konsultasi perpajakan, melakukan perencanaan pajak dan mengoptimalkan keuntungan bagi klien. Hal ini termasuk dengan menghitung, membayar hingga melaporkan perpajakan.

Konsultan pajak juga mewakili dan/atau mendampingi klien ketika ada pemeriksaan. Jika ada masalah perpajakan seperti sengketa pajak atau restitusi, pajak maka tax advisor akan mengurus kebutuhan klien sampai selesai. Seorang konsultan pajak harus paham tentang semua ketentuan perpajakan, karena nantinya akan menyampaikan peraturan perpajakan dan menyusun pedoman perpajakan bagi klien. Untuk level awal, konsultan pajak bisa menerima gaji sekitar Rp 4-6 juta. Seiring dengan meningkatnya kemampuan, kamu bisa menerima gaji hingga Rp15 juta perbulannya.

Perlu diingat, kisaran gaji profesi tersebut bergantung pada lokasi perusahaan tempat bekerja. Karena setiap daerah memiliki UMR yang berbeda. Jika ingin mendapatkan gaji yang lebih tinggi, kamu bisa mencoba melamar di daerah atau kota dengan UMR yang tinggi. Penasaran daerah mana saja yang UMR-nya tinggi? Cek di sini yuk: UMR di Indonesia 2022, Provinsi Tertinggi Mayoritas Luar Jawa