Dunia Kerja

Prospek Pekerjaan Jurusan Lulusan Sosiologi

Prospek Pekerjaan Jurusan Lulusan Sosiologi

Kamu tertarik dengan jurusan sosiologi, tapi nggak tahu mau kerja apa? Atma udah punya solusinya nih buat kamu. Sebenarnya keilmuan sosiologi itu banyak dibutuhkan di berbagai bidang industri karena ilmu yang dipelajari sangat aplikatif. Kamu bisa bekerja di industri pendidikan hingga media.

Jurusan Sosiologi, Belajar Apa Aja Sih?

Sosiologi merupakan ilmu yang membahas perilaku sosial antar individu dan kelompok dalam masyarakat. Jurusan ini sangat fokus untuk membahas secara detail tentang masyarakat. Pembahasannya mulai dari interaksi, karakteristik, sistem kehidupan, problematika masyarakat hingga perkembangan dari masa ke masa. Selain itu, mahasiswa jurusan ini juga akan mempelajari fenomena sosial dan gerakan masyarakat. Oleh karena itu, lulusan jurusan sosiologi akan punya kemampuan observasi, meneliti, analisa, dan komunikasi serta memahami fenomena sosial.

Daftar Pekerjaan Lulusan Jurusan Sosiologi

1. Pegawai Negeri Sipil

Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan warga negara Indonesia yang telah memenuhi syarat dan melalui serangkaian tes untuk mendapatkan jabatan tertentu. PNS adalah bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diangkat secara tetap dan bekerja langsung untuk pemerintah atau negara dalam tingkat koordinasi yang berbeda-beda. Ada yang bekerja di lembaga pemerintahan pusat, kementerian, dan tingkat pemerintahan daerah. Lulusan sosiologi cocok banget untuk jadi PNS karena ilmu dan kemampuan menganalisa fenomena di masyarakat sangat diperlukan.

2. Jurnalis

Kamu tertarik untuk bekerja di media? Lulusan sosiologi bisa jadi jurnalis yang berkualitas kok. Jurnalis adalah sebutan untuk orang yang melakukan kegiatan jurnalistik seperti menulis, menganalisis, dan melaporkan suatu peristiwa kepada publik melalui media massa secara teratur. Kegiatan jurnalistik dilakukan di berbagai media massa seperti koran, majalah, radio, televisi hingga media online. Seorang jurnalis akan terjun langsung untuk melihat kejadian di lapangan dan melakukan wawancara dengan narasumber untuk mendapat informasi akurat.

Kemampuan analisa akan diperlukan ketika memeriksa keotentikan suatu informasi yang dikumpulkan. Ternyata menjadi jurnalis bukan hanya butuh kemampuan merangkai kata, tapi juga perlu keterampilan dalam melaporkan dan melampirkan data. Jurnalis dari lulusan sosiologi terkenal dengan kemampuan menampilkan data dan analisis karena sering melakukan riset dan analisa saat kuliah

3. Peneliti

Kata scientist atau peneliti erat dengan ilmu alam, meskipun begitu ternyata ada loh peneliti sosial. Ada nih yang namanya peneliti sosial. Secara umum peneliti akan melakukan penelitian dan/atau pengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kebanyakan penelitian bertujuan untuk mencari solusi dari berbagai permasalahan. Penelitian sosial meneliti hal yang berhubungan dengan hubungan sosial masyarakat. Secara khusus akan menganalisis maupun mempelajari berbagai gejala dan realitas fenomena sosial yang terjadi dalam masyarakat.

4. Marketer

Marketer adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk mempromosikan produk atau jasa perusahaan. Tugasnya adalah melakukan riset pasar, mengevaluasi strategi kampanye dan meninjau keberhasilan kampanye. Setelah mengetahui demografi pasar, marketer akan memproduksi panduan gaya promosi yang sesuai dengan perusahaan dan calon konsumen. Marketer juga akan membuat perencanaan produk, ide desain, editorial plan dan pembuatan konten untuk berbagai platform dan outlet media.

Keterampilan seorang lulusan sosiologi yang dibutuhkan seorang marketer adalah kemampuan membaca karakter setiap kelompok masyarakat. Bayangkan seorang marketer yang dengan mudah membentuk demografi pasar karena ia memiliki kemampuan ini, tentu perusahaan akan berkembang pesat.

5. Tenaga Pengajar

Punya cita-cita ingin menjadi guru? Kamu bisa lho menjadi tenaga pengajar dengan ilmu sosiologi yang kamu punya. Meskipun tugas utamanya adalah mengajar tapi masih ada beberapa tanggung jawab lain dari seorang tenaga pengajar. Guru akan membuat metode dan media pembelajaran yang efektif agar siswanya bisa menguasai materi yang diberikan. Nggak cuma itu, pengajar juga harus mampu memberi bimbingan dan motivasi yang dibutuhkan siswa. Bukan hanya bidang akademis, tenaga pengajar juga harus bisa mengasah soft skills para siswa. Seperti manajemen waktu, kemampuan beradaptasi, dan berperilaku positif. Lalu guru juga harus mampu untuk membuat administrasi yang teratur, karena selain sebagai landasan mengajar juga digunakan sebagai bahan evaluasi.

Nah itulah beberapa profesi yang bisa kamu jadikan referensi untuk para lulusan jurusan sosiologi. Sudah siap mencari kerja? Jangan lupa untuk mempersiapkan CV yang menarik ya. Biar nggak ribet pakai Photoshop, kamu bisa membuat CV dengan menggunakan Microsoft Word. Cari tahu caranya di sini yuk: Cara Membuat CV yang Praktis dengan Microsoft Word.