Dunia Kerja

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi, Banyak Banget!

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi kerja apa? Buat kamu yang tertarik dengan ilmu sosial satu ini, ada kabar baik nih. Prospek kerja ilmu komunikasi itu luas banget. Karena kebutuhan menyampaikan informasi  itu esensial maka kamu bisa kerja di berbagai bidang industri. Mulai dari marketer sampai jadi jurnalis bisa kamu lakukan. Berikut beberapa pekerjaan yang cocok untuk lulusan ilmu komunikasi.

Public Relation 

Jika sebuah perusahaan atau instansi ingin membangun citra yang baik di masyarakat, public relation adalah solusinya. Public relation yaitu suatu rencana khusus yang membantu membangun citra baik dan menjalin hubungan baik dengan masyarakat. Tujuan utama seorang Public relation atau humas (hubungan masyarakat) adalah membangun interaksi untuk menciptakan opini, memberikan persepsi dan menciptakan partisipasi publik antara organisasi dengan masyarakat. Secara umum seorang humas akan bertanggung jawab memperkenalkan brand perusahaan kepada masyarakat umum. Caranya dengan menuliskan siaran pers yang mempromosikan produk ataupun berita tertentu yang berhubungan dengan perusahaan dan merencanakan program untuk pengembangan perusahaan agar tetap mempertahankan persepsi publik yang baik. Humas juga akan sering berhubungan langsung dengan para jurnalis dan klien.

Jurnalis

Jurnalis adalah seseorang yang bertugas dan bertanggung jawab dalam memberikan dan membuat berita valid untuk pembaca di media. Kegiatan seorang jurnalis disebut jurnalistik yang termasuk; menulis, menganalisis, dan melaporkan segala suatu peristiwa kepada publik melalui media massa secara teratur. Jaman sekarang kegiatan jurnalistik nggak hanya untuk media cetak seperti majalah dan koran saja, tapi juga pada media online. Bukan cuma menulis sebuah berita, seorang jurnalis juga akan menjadi interpreter atau penafsir untuk suatu peristiwa yang terjadi agar mudah diserap oleh masyarakat. Sudah umum diketahui kalau jurnalis harus membela kepentingan masyarakat, produk jurnalistik wajib menjadi cerminan suara rakyat. Makanya ada berita yang mengkritisi kebijakan maupun tindakan pemerintah yang dipandang merugikan rakyat.

Media Planner

Perusahaan yang mau melakukan pemasaran menggunakan media sering merasa overwhelmed dengan strategi marketing campaign. Oleh karena itu, seorang media planner bisa menjadi solusi untuk masalah ini. Media planning adalah proses pembuatan strategi dan pembelian ad placement atau penempatan iklan. Media yang digunakan bisa bermacam-macam mulai dari media cetak hingga media digital. Dengan mengetahui kombinasi media yang tepat maka strategi pemasaran bisa secara optimal dilakukan. Seorang media planner harus memahami tujuan, audiens yang dituju dan seberapa sering sebuah konten harus di sebar. Setelah itu harus melakukan riset pasar untuk mendapatkan gambaran konten yang cocok untuk para calon konsumen. Hasil riset pasar dan tujuan media planning akan menjadi bahan untuk membentuk template media planning.

Marketing Communication 

Marketing communication atau komunikasi pemasaran adalah alat atau media yang digunakan sebuah perusahaan untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen tentang produk yang dijual. Tujuannya adalah mendapatkan koneksi, meningkatkan penjualan, membangun brand awareness dan mendapatkan feedback dari para konsumen. Strategi yang digunakan oleh marketing communication adalah iklan, humas, promosi penjualan, menjadi sponsor acara dan pemasaran interaktif.

Human Resource Department

Human resource department sering disingkat menjadi HRD, yang dapat diartikan sebagai manajemen sumber daya manusia. Perusahaan membutuhkan seorang HRD untuk mengelola karyawan agar dapat memaksimalkan produktivitasnya. Tanggung jawab HRD mencakup pada perekrutan, penentuan gaji, pemberhentian dan melindungi perusahaan dari masalah apapun yang mungkin timbul dalam lingkup kerja. HRD harus memahami kebutuhan perusahaan akan talenta karyawan yang diperlukan, sehingga bisa melakukan seleksi para pelamar sesuai dengan hal tersebut. Skill komunikasi kamu bakal dipakai untuk menjalin komunikasi dengan para pelamar dan karyawan. Pengembangan dan evaluasi karyawan juga dilakukan seorang HRD.

Fotografer

Menjadi seorang fotografer berarti kamu akan bertugas mengambil foto menggunakan kamera maupun peralatan fotografi lain. Kamu bisa bekerja di agensi periklanan, majalah ataupun bekerja lepas. Seorang fotografer harus memahami penggunaan kamera, mulai dari jenis yang digunakan dan angle yang diambil. Terlepas dari jenis fotografi yang akan dilakukan, umumnya seorang fotografer harus bisa menciptakan atau mengambil momen yang worth it. Sebuah gambar yang diambil akan menjadi komunikasi visual yang diciptakan fotografer untuk menyampaikan pesan.

News Anchor

Bukan hanya menuliskan berita, lulusan ilmu komunikasi juga bisa berada di depan layar dengan menjadi pembawa berita. News anchor adalah orang yang membacakan berita di TV. Bukan hanya soal membaca, news anchor harus mampu mempresentasikan materi yang sudah disiapkan dan berimprovisasi memberikan komentar dalam siaran langsung berita. Seorang news anchor harus memiliki wawasan luas dan komunikasi yang bagus, apalagi saat adanya interaksi langsung dengan narasumber penting. Jika ada kesalahan dalam penyajian berita, bisa jadi kamu akan menjadi sasaran utama publik. Sebab, kamu yang membacakan berita. Padahal kesalahan ada pada tim produksi. Kebayang kan tanggung jawabnya gak “cuma” baca berita.

Ternyata jadi lulusan ilmu komunikasi punya peluang kerja yang banyak ya. Dari daftar yang tadi ada ga pekerjaan idaman kamu? Mau dapat profesi yang kamu idamkan? Bisa mulai melamar di sini: http://18.141.131.125/kerja-idaman/