Siap Kerja, Cepat Kerja

Pengertian Kerja Part Time dan Keuntungan yang Didapatkan

partime kerja

Kerja part time adalah jenis pekerjaan dengan waktu kerja yang fleksibel, jumlah jam kerja sedikit, dan bersifat sementara atau berdasarkan perjanjian. Ingin tahu lebih banyak tentang pengertian part time dan keuntungannya? Simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Kerja Part Time?

Kerja part time adalah bekerja paruh waktu, bersifat sementara untuk periode waktu tertentu berdasarkan ketentuan perusahaan, atau bisa pula berdasarkan waktu penyelesaian suatu project. Jam kerjanya pun lebih sedikit dibandingkan bekerja secara normal (full time) atau kurang dari 40 jam per minggu. 

Hingga hari ini, cukup banyak perusahaan di berbagai industri yang menerima pekerja part time dengan sistem kerja rotasi atau berdasarkan shift. Dengan jumlah jam kerja yang lebih sedikit, tentu gaji yang diterima pun sedikit. Umumnya sistem penggajian dihitung berdasarkan jumlah kerja dalam kurun waktu tertentu.

Keuntungan Kerja Part Time

Keuntungan Kerja Part Time

  • Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Salah satu keuntungan utama menjadi pekerja paruh waktu adalah kemungkinan mengerjakan lebih dari satu pekerjaan dalam satu waktu. Otomatis hal tersebut membuat kamu bisa mendapatkan penghasilan lebih. Sementara jika kamu masih berstatus mahasiswa yang menerima uang bekal dari orang tua, kamu bisa mendapatkan uang saku tambahan kalau bekerja paruh waktu ini. 

  • Belajar Hal Baru, Mengasah Skills, dan Menambah Pengalaman

Bagi mahasiswa yang memutuskan bekerja paruh waktu sambil menempuh pendidikan, jelas akan mendapatkan keuntungan berupa pengalaman di dunia kerja secara langsung, bisa belajar banyak hal terkait industri atau bidang pekerjaan yang dijalani, serta bisa sekalian mengasah hard skills dan soft skills. Semua ilmu selama bekerja part time akan menjadi nilai lebih saat kamu memutuskan untuk bekerja full time di kemudian hari. 

  • Belajar Mengatur Waktu

Setiap orang memiliki jumlah waktu yang sama dalam satu hari, yaitu 24 jam. Dengan jumlah waktu yang sama ini, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengatur waktu dengan baik. Nah, jika kamu berkesempatan menjadi pekerja paruh waktu sembari menyelesaikan pendidikan atau memiliki pekerjaan lain, inilah kesempatan kamu untuk melatih diri agar bisa bekerja secara efektif dan produktif. Kemampuan ini sudah tentu akan menjadi kualitas terbaik kamu di masa depan. Sebab, kamu berhasil membuktikan semua tugas dan pekerjaanmu bisa terselesaikan dengan waktu yang terbatas.

  • Memperluas Relasi

Memiliki relasi yang luas sangat penting di dunia kerja. Saat memutuskan bekerja paruh waktu, kamu memiliki kesempatan untuk bertemu dan bekerja sama dengan banyak orang dengan berbagai latar belakang, berbeda industri dan keahlian, bahkan berbeda cara berpikir. Secara tak langsung, relasi yang luas membuka lebih banyak peluang baik yang bisa kamu manfaatkan untuk mencapai kesuksesan.

  • Berpeluang Dipromosikan Menjadi Full Time

Menjadi pekerja part time di suatu perusahaan tidak selamanya berstatus paruh waktu. Jika performa dan kualitas pekerjaanmu baik, ada kemungkinan kamu dipromosikan menjadi pekerja full time di perusahaan tersebut. Kesempatan ini biasakan akan ditawarkan bagi part timer yang berstatus mahasiswa, kemudian sudah lulus pendidikan, dan siap bekerja full time.

Alasan perusahaan memberi penawaran ini biasanya karena perusahaan sudah mengenal kamu dengan baik, termasuk kinerja dan hasil pekerjaan kamu. Selain itu, bekerja sama dengan orang yang sudah dikenal jelas lebih praktis dan memudahkan dibandingkan harus merekrut orang baru. Sebab, tidak perlu ada proses rekrutmen yang memakan waktu dan biaya serta tak perlu ada proses adaptasi lagi.

  • Memiliki Waktu Lebih Bersama Keluarga

Kamu pasti pernah mendengar atau membaca, betapa berharganya waktu dan kebersamaan dengan orang-orang tercinta. Sayangnya, banyak orang di luar sana kehilangan momen penting saat anak-anak tumbuh atau jadi sangat jarang berkumpul dengan keluarga akibat kesibukan. Padahal, sebanyak apa pun uang yang dihasilkan, pada akhirnya tak bisa membeli momen berharga yang sudah berlalu. 

Nah, bekerja paruh waktu memungkinkan kamu memiliki lebih banyak waktu, yang bisa kamu habiskan bersama orang-orang tercinta. Misalnya, kamu bisa tetap mengantar anak sekolah karena jam kerjamu siang, punya waktu untuk mengerjakan pekerjaan rumah, menemani pasangan, dan sebagainya. 

Apa Alasan Perusahaan Membuka Lowongan Kerja Part Time?

part time job

Ada beberapa alasan perusahaan membuka lowongan kerja part time, seperti:

  • Untuk bisnis kecil dan menengah yang belum sepenuhnya memiliki kemampuan mempekerjakan karyawan secara full time, maka opsi mempekerjakan karyawan paruh waktu bisa jadi solusi. Sebab, cara ini memungkinkan perusahaan menekan biaya operasional.
  • Umumnya, kesibukan pada bisnis ritel akan meningkat saat high season. Misalnya di bulan Ramadhan, menjelang hari raya, atau tahun baru. Otomatis bisnis butuh tambahan pekerja. Alih-alih rekrut karyawan full time, jelas lebih menguntungkan kalau mempekerjakan pekerja paruh waktu.
  • Menghemat biaya rekrutmen dan mencegah terjadinya turn over. Sebab, perusahaan dapat menilai keahlian, kemampuan adaptasi, dan kinerja karyawan terlebih dahulu, sebelum mempekerjakan karyawan tersebut secara full time.

Gimana? Apakah kamu berminat jadi pekerja part time setelah mengetahui banyaknya keuntungan yang bisa kamu dapatkan? Jika iya, yuk cari tahu lebih banyak tentang kerja part time di sini yuk: Contoh Pekerjaan Part Time.