Dunia Kerja

Contoh Pekerjaan Part Time untuk Menambah Penghasilan Kamu!

part time job

Pekerjaan Part Time atau kerja paruh waktu mulai naik daun beberapa tahun terakhir ini. Part time adalah  jenis pekerjaan yang menawarkan waktu kerja dengan durasi lebih singkat, yaitu kurang dari 35 jam per minggunya. Dengan durasi kerja yang lebih singkat, banyak para pekerja tetap yang menjalankan kerja part time untuk menambah penghasilan atau sekedar mengasah keterampilan yang dimiliki. Kalau kamu tertarik, simak contoh pekerjaannya di sini yuk! 

1. Penulis

Tau nggak sih, pekerjaan sebagai penulis paruh waktu banyak dibutuhkan saat ini. Penulis itu banyak jenisnya mulai dari penulis artikel web, copywriter, ghost writer, penulis majalah atau koran, bahkan hingga computer games developers membutuhkan seorang penulis. Keterampilan menulis juga cukup mudah dikembangkan loh. Kamu hanya perlu sering latihan menulis, maka kemampuan kamu dalam mengolah dan merangkai kata dalam tulisan pun akan meningkat. 

Asiknya lagi, kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu dari rumah tanpa perlu pergi ke kantor.  Kalau kamu hobi membaca, bercerita dan menulis, pekerjaan ini cocok banget buat kamu. Skill utama yang dibutuhkan sebagai seorang penulis yaitu kemampuan berkomunikasi secara tulisan, research skill, dan membangun brand awareness

2. Fotografer

Buat yang memiliki hobi fotografi sangat cocok untuk mencoba peruntungan sebagai fotografer part time. Banyak kegiatan potensial yang membutuhkan jasa fotografer, seperti foto produk, acara pernikahan, hingga acara prewedding. Kalau tertarik menjadi fotografer paruh waktu, kamu bisa mulai membuat portofolio dari hasil fotomu. Belum punya kamera profesional? Tenang, bisa pakai HP kok!. 

Selain mampu memotret, jangan lupa asah juga kemampuan edit foto, mengatur penempatan peralatan foto dan properti, hingga mencetak dan memasang frame untuk foto yang kamu ambil. 

3. Desainer grafis

Meningkatnya kebutuhan konten visual untuk berbagai platform menyebabkan meningkatnya permintaan jasa desain grafis. Desainer grafis bertugas untuk membuat komunikasi visual seperti iklan, tata letak majalah atau koran, packaging produk, logo, hingga konten media sosial. 

Kamu bisa mengerjakannya dengan bantuan software seperti Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Procreate, Canva, dan lainnya. Namun banyak juga desainer grafis yang menggunakan sketsa gambaran tangannya. Kreatifitas tentu menjadi pendukung utama untuk menjalani pekerjaan ini. Kamu juga harus belajar mengembangkan konsep dan ide yang kamu punya. Nggak hanya itu, waktu bekerja sama klien kamu harus bisa komunikasi dengan efektif tentang update desain yang dibuat.

4. Barista

Buat kamu yang  suka kopi dan ingin mengulik lebih jauh tentang kopi, coba part time sebagai barista yuk. Kerja part time sebagai barista beberapa tahun ini sangat populer. Belum lagi coffee shop yang menjamur dimana-mana mendukung berkembangnya pekerjaan satu ini. Selain kemampuan membuat kopi, barista juga akan membersihkan area kerja dan peralatan pembuat kopi, menjelaskan menu kepada customer, hingga mencatat dan memesan persediaan stok bahan. 

5. Crew event organizer

Buat kamu yang suka mengorganisir kegiatan, coba kerja sebagai kru event organizer yuk. Pekerjaan utamanya mengatur dan merencanakan acara dengan cara yang paling efisien. Mulai dari memilih lokasi, menyediakan konsumsi, vendor dan hiburan. Kamu juga perlu membuat konsep kegiatan, budgeting, hingga pengelolaan produksi. Eh, tapi jangan overwhelm dulu, itu semua dikerjakan dengan tim kok! Jadi siap-siap bagi tugas ya. 

Manajemen waktu adalah kemampuan yang perlu kamu latih untuk jadi crew EO. Kemampuan kerja dalam tim, problem solving, komunikasi, pengambilan keputusan, dan bekerja dalam tekanan merupakan beberapa skill yang harus kamu punyai. Walaupun tanggung jawab kamu terkesan banyak, tapi menjadi kru event organizer itu menyenangkan kok. Terutama untuk kamu yang suka bertemu orang baru dan nggak suka melakukan hal yang monoton. Pekerjaan ini cocok buat kamu yang outgoing, kreatif dan banyak ide. 

6. Pegawai retail 

Usaha retail sering sekali membuka lowongan untuk kerja paruh waktu pada musim liburan atau ketika mendekati hari raya. Biasanya dengan banyaknya konsumen dan kebanjiran order, ritel membutuhkan tenaga tambahan. Indomaret, Matahari, Hypermart, Sport Station hingga dealer kendaraan merupakan berbagai macam ritel. Kamu harus punya kemampuan komunikasi yang bagus karena tugas utama pegawai retail memastikan customer  mendapatkan pelayanan terbaik. 

7. Guru les privat

Bukan hanya keterampilan dan hobi yang bisa menjadi bagian dari kerja paruh waktu, kemampuan akademis bisa juga kamu manfaatkan. Kalau kamu jago dalam salah satu bidang mata pelajaran, coba deh jadi guru les privat. Bingung cari muridnya? Join ke bimbingan belajar aja. Tugas yang dilakukan biasanya membantu mengerjakan PR atau menjelaskan lagi materi yang belum dipahami. Research skill dan manajemen waktu harus bisa kamu lakukan, karena kamu akan mengatur dan menyiapkan materi belajar murid. 

8. Driver

Kamu butuh waktu kerja yang lebih fleksibel? Driver bisa jadi salah satu pilihan, asal kamu punya SIM A atau C dan kendaraan. Mulai dari driver online hingga pengiriman logistik bisa jadi pilihanmu. Pastikan kamu bisa membaca peta, mencari jalan alternatif dan mengatur waktu kerjamu dengan baik, agar pelayananmu mendapat bintang lima. Enaknya lagi, pekerjaan ini bisa dikerjakan saat perjalanan kamu pergi atau pulang dari aktivitas utama kamu. 

9. Pramusaji

Selain kedai kopi, restoran atau kafe sering memberi tawaran kerja paruh waktu sebagai pramusaji. Tugasnya untuk memastikan customer  mendapat pengalaman bersantap yang baik.  Pramusaji perlu memahami setiap menu yang disediakan serta menjaga kebersihan dan menyiapkan area makan. Manajemen waktu, kerjasama dalam tim dan komunikasi efektif menjadi kemampuan yang wajib dipunyai para pramusaji. 

10. Personal trainer

Hobi olahraga bisa nggak jadi pekerjaan part time? Bisa banget! Kalau kamu suka habisin waktu di gym dan mengerti cara penggunaan alat-alat olahraga, kamu bisa loh jadi  personal trainer. Tanggung jawab utamanya untuk membantu klien mencapai tujuan mereka. Personal trainer harus punya pemahaman tentang kesehatan, jenis-jenis olahraga dan cara pakai alat kebugaran. Selain mengawasi proses latihan, kamu akan membuat perencanaan latihan yang sesuai dengan permintaan dan kebutuhan klien. 

Itulah beberapa  jenis pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu pilih. Kalau kamu mahasiswa dan takut kuliahmu terganggu, coba pekerjaan berikut ini yuk: Kerja Part Time untuk Mahasiswa, Kuliah Nyambi Cari Cuan.