Administrasi Lamaran Kerja

Surat Keterangan Kerja: Kegunaan dan Contohnya

Surat keterangan kerja yang dibuat HRD

Surat keterangan kerja adalah surat yang diterbitkan oleh HRD suatu perusahaan dan ditujukan untuk karyawan yang memerlukan. Surat keterangan kerja juga dapat berfungsi sebagai surat referensi ketika kamu melamar kerja di perusahaan lain. Yuk, baca secara lengkap apa itu surat keterangan kerja, kegunaan dan struktur surat keterangan kerja, bahkan contohnya. 

Mengenal Surat Keterangan Kerja & Kegunaannya

Surat keterangan kerja adalah surat yang dibuat oleh HRD dari perusahaan untuk karyawan yang memerlukan. Isi surat keterangan kerja menyatakan bahwa karyawan yang bersangkutan memang pernah bekerja di perusahaan tersebut. Selain itu, akan tercantum pula posisi dan jabatan terakhir karyawan.

Selain berfungsi sebagai surat referensi yang akan memudahkan kamu diterima bekerja di perusahaan lain, ada banyak kegunaan memiliki surat keterangan kerja, di antaranya:

  • Jika kamu hendak melanjutkan pendidikan dan mengajukan beasiswa, maka surat keterangan kerja akan menjadi dokumen pendukung sehingga proses pengajuan beasiswamu bisa dipertimbangkan dengan lebih baik.
  • Sebagai surat referensi untuk melamar pekerjaan ke perusahaan atau instansi lain sehingga rekruter menjadi semakin yakin untuk memilih kamu sebagai kandidat potensial.
  • Surat keterangan kerja juga berguna dalam proses pencairan dana dari BPJS Ketenagakerjaan maupun untuk mengajukan KPR dan pinjaman di bank.
  • Surat keterangan kerja menjadi bukti bahwa kamu pernah bekerja di suatu perusahaan dengan kinerja dan prestasi yang baik.

Struktur Surat yang Sering Dipakai

Sama seperti dokumen resmi lainnya, berikut struktur surat keterangan kerja secara umum:

  • Kop surat perusahaan yang berisi logo, nama perusahaan, alamat, nomor telepon, website, dan identitas lain perusahaan.
  • Perihal surat biasanya terdapat di bagian kiri surat, tepat di bawah kop surat.
  • Identitas karyawan, mulai dari nama, jabatan atau posisi terakhir di perusahaan, alamat, nomor identitas (NIK).
  • Isi surat yang menerangkan bahwa karyawan memang bekerja di perusahaan dan menjabat pada posisi yang telah disebutkan pada keterangan identitas. Pada isi surat keterangan kerja biasanya juga dicantumkan penilaian kinerja selama kamu bekerja di perusahaan. 
  • Penutup surat dan pengesahan surat berisi tempat dibuatnya surat, tanggal pembuatan surat, tanda tangan pembuat surat (HRD) maupun pihak berwenang yang membuat surat. Selain itu, harus ada cap perusahaan sebagai bukti sah surat keterangan kerja. 

Contoh Surat Keterangan Kerja

Contoh surat keterangan kerja

Saat ingin melamar pekerjaan di tempat yang baru, beragam rangkaian tes dan interview akan kamu lalui. Setelah pada akhirnya kamu diterima, ada beberapa syarat administrasi yang perlu kamu siapkan. Salah satunya adalah NPWP, apalagi kalau di tempat kamu kerja sekarang kamu belum memilikinya. Simak syarat membuatnya di artikel berikut: Syarat Membuat NPWP untuk Melamar Kerja, Bisa Online!