Administrasi Lamaran Kerja

Surat Rekomendasi Kerja: Cara Membuat dan Contohnya

Membuat surat rekomendasi kerja

Salah satu cara untuk memuluskan jalanmu mendapatkan pekerjaan impian adalah dengan memiliki surat rekomendasi kerja. Apa itu surat rekomendasi pekerjaan dan contohnya? Simak yuk ulasan tentang surat rekomendasi kerja, kegunaan surat rekomendasi, beberapa contoh surat rekomendasi kerja yang bagus, dan bagaimana cara membuatnya agar bisa mendongkrak karir profesional kamu.

Apa Itu Surat Rekomendasi Kerja?

Surat rekomendasi kerja adalah surat yang merekomendasikan seseorang atas suatu pekerjaan yang pernah dilakukan, prestasi yang pernah dicapai, atau performa akademisnya. Surat ini biasanya dibuat oleh dosen atau profesor di kampus, kolega, atasan di tempat kerja, bahkan bisa pula dibuat klien profesional yang mengenal dengan baik kinerja orang yang meminta surat rekomendasi. 

Contoh Surat Rekomendasi Kerja yang Baik

Surat rekomendasi yang baik biasanya berisi keterangan tentang: 

  • Nama penerima atau tujuan surat rekomendasi dibuat.
  • Informasi tentang pemberi rekomendasi dan penerima rekomendasi.
  • Mencantumkan isi surat, yaitu pendahuluan, pernyataan memberikan rekomendasi, alasan membuat surat rekomendasi, serta daftar kualifikasi, kompetensi dan prestasi atau bukti pencapaian yang pernah diraih orang yang direkomendasikan.
  • Penutup harus berisi informasi kontak pemberi rekomendasi, tempat dan tanggal pembuatan surat rekomendasi, serta tanda tangan pemberi rekomendasi.

Contoh surat rekomendasi kerja yang baik dalam bahasa Indonesia

Contoh surat rekomendasi kerja public relation

Contoh surat rekomendasi kerja yang baik dalam bahasa Inggris

Contoh surat rekomendasi kerja desain

Kegunaan Surat Rekomendasi untuk Kelancaran Karir

Surat rekomendasi kerja biasanya dikirimkan ke bagian HRD sebagai lampiran atau dokumen pendukung saat mengirimkan lamaran pekerjaan. Selain untuk mencari kerja, surat rekomendasi juga bisa digunakan untuk mengajukan beasiswa, untuk sekolah di luar negeri, atau untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 

Beberapa kegunaan lain dari adanya surat rekomendasi kerja, di antaranya:

  • Untuk meyakinkan rekruter di perusahaan tempat kamu melamar kerja bahwa kamu memiliki kompetensi untuk diterima bekerja sebagai karyawan. 
  • Surat rekomendasi kerja memperbesar peluang CV atau resume kamu dipertimbangkan dengan lebih baik dan membuat kamu lebih unggul dibandingkan pelamar kerja lainnya.
  • Adanya surat rekomendasi kerja dapat membangun kredibilitas kamu, baik sebagai pencari kerja, untuk mengajukan beasiswa, dan sebagainya.

Kepada Siapa Minta Rekomendasi & Tips Agar Diberikan

Untuk mendapatkan surat rekomendasi kerja, kamu juga tidak bisa memintanya secara sembarangan. Berikut ini daftar orang-orang yang bisa kamu mintai rekomendasi kerja:

  • Referensi dari dosen atau profesor di kampus dapat menjelaskan performa kamu selama kuliah, prestasi yang pernah kamu capai di bidang akademis. Surat rekomendasi dari mereka akan memudahkan kamu mendapatkan pekerjaan pertama, terutama kalau kamu adalah seorang first jobber.
  • Referensi profesional bisa kamu dapatkan dari HRD, supervisor, atau manager di perusahaan tempat kamu pernah magang atau pernah bekerja. Pastikan mereka mau dan bersedia memberikan rekomendasi yang baik tentang kamu, ya.
  • Referensi dari kolega bisnis, pelanggan setia atau seseorang yang kamu percaya punya kredibilitas yang baik juga bisa jadi pemberi rekomendasi.

Tips untuk mendapatkan surat rekomendasi:

  1. Terus terang dan jujur mengatakan keinginan kamu untuk mendapatkan surat rekomendasi, serta alasan kenapa surat rekomendasi kerja tersebut kamu butuhkan. 
  2. Minta kesediaan terlebih dahulu kepada orang yang hendak kamu mintai rekomendasi. Jika mereka tidak bersedia, jangan memaksa, ya.
  3. Pastikan pemberi rekomendasi menuliskan hal-hal yang positif dan baik mengenai dirimu.
  4. Adakalanya beberapa orang tidak terbiasa membuat surat rekomendasi. Nah, bantu mereka dengan memberikan contoh surat rekomendasi kerja yang bisa kamu cari di internet sebagai referensi.
  5. Setelah mendapatkan surat rekomendasi, jangan lupa beri apresiasi dan ucapan terima kasih karena mereka telah berkenan membantu kamu mendapatkan surat rekomendasi kerja.

Apabila surat rekomendasi sudah ditangan, kamu juga bisa siapkan dokumen lain, seperti surat keterangan kerja untuk keperluan administrasi. Simak contohnya di artikel ini: Surat Keterangan Kerja: Kegunaan dan Contohnya