Cover Letter

Surat Lamaran Pekerjaan: Pahami Agar Diminati Rekruter

seorang wanita mengirimkan surat lamaran pekerjaan

Surat lamaran kerja adalah dokumen perkenalan yang berisi ketertarikan dan minat kamu terhadap posisi yang mau kamu lamar. Rekruter menggunakan surat ini untuk mengetahui informasi dan menyeleksi kandidat pelamar kerja. Sebelum mencoba bikin suratnya, pahami dulu, yuk, apa pengertian, jenis, dan isi surat lamaran pekerjaan.

Surat Lamaran Pekerjaan Itu …

Berdasarkan referensi dari Indeed, surat lamaran pekerjaan adalah dokumen tertulis yang berisi perkenalan diri pelamar kerja beserta keterampilan yang sesuai dengan bidang kerja yang dilamar. 

Menyertakan surat lamaran pekerjaan saat mengirimkan CV dan resume, akan membuat kamu lebih menonjol dibandingkan dengan kandidat lain sehingga kamu diminati rekruter. Apalagi kalau kamu juga mencantumkan ketertarikan dan keseriusanmu untuk berkarir di perusahaan tersebut.

Jenis Surat Lamaran Pekerjaan

1. Lamaran Kerja Fisik

Meskipun saat ini sudah era digital di mana dokumen bisa kamu kirimkan secara online, tetap saja ada perusahaan yang mensyaratkan pengiriman lamaran kerja fisik. Artinya, kamu perlu mengirimkan dokumen lamaran kerja dalam bentuk hardcopy (dokumen dicetak/di-print) ke alamat perusahaan.

2. Lamaran Kerja Online

Saat ini, sudah banyak perusahaan yang memiliki fitur lamaran kerja di situs mereka atau menggunakan platform pencari kerja untuk mempermudah proses rekrutmen. Kandidat pelamar kerja tinggal masuk ke situs perusahaan atau platform lowongan kerja untuk mengisi data, informasi diri, dan mengirimkan lamaran pekerjaan.

3. Lamaran Kerja melalui Email

Selain lamaran kerja fisik maupun online, ada pula lamaran kerja yang dikirimkan melalui email. Untuk itu, kamu sebagai pelamar kerja harus membaca detail persyaratan yang terdapat pada lowongan kerja. 

Jika perusahaan meminta kamu mengirimkan surat lamaran pekerjaan melalui email, tentu saja kamu harus memenuhi syarat ini. Jangan lupa, sertakan dokumen pendukung lainnya, seperti CV, resume, sertifikat, surat keterangan magang, surat referensi kerja, dan sebagainya.

Isi Surat Lamaran Pekerjaan

Secara umum, kamu harus mencantumkan informasi pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan keahlian yang relevan dengan pekerjaan secara to the point dan tidak bertele-tele. Idealnya, surat lamaran kerja tidak lebih dari satu halaman, ya. Mengapa? Sebab, ada ratusan bahkan ribuan surat lamaran pekerjaan setiap hari dan rekruter pasti akan melakukan sortir dengan cepat untuk memilih surat lamaran pekerjaan yang paling potensial. 

Jadi, informasi apa saja yang wajib ada dalam surat lamaran pekerjaan?

  1. Judul surat, misalnya: Surat Lamaran Pekerjaan untuk PT Bumi Lestari Indah.
  2. Tanggal surat.
  3. Informasi kontak (nama lengkap, alamat tempat tinggal, alamat email, dan nomor telepon yang bisa dihubungi).
  4. Informasi penerima (nama, jabatan, nama perusahaan, dan kota)
  5. Sapaan pembuka, misalnya Yth. Bapak Irawan 
  6. Paragraf pembuka: jelaskan asal informasi lowongan kerja yang kamu dapatkan beserta posisi yang mau kamu lamar. 
  7. Paragraf tengah: tuliskan secara singkat, mengapa kamu cocok berada di posisi yang dilamar. Lengkapi dengan riwayat pendidikan terakhir beserta nilainya, hard skill dan soft skill yang kamu miliki (harus relevan dengan pekerjaan yang dilamar), serta dukung dengan sertifikat dan prestasi yang pernah kamu raih.
  8. Paragraf terakhir: jelaskan alasanmu memilih perusahaan dan tunjukkan rasa antusiasmu terhadap bidang pekerjaan yang kamu lamar. Jika ada referensi, kamu bisa mencantumkannya pada bagian ini.
  9. Pada bagian penutup, tuliskan ucapan terima kasih dan kamu siap dihubungi sesegera mungkin untuk berdiskusi lebih lanjut. Tuliskan juga harapanmu untuk lolos ke tahap selanjutnya. Jangan lupa tutup dengan “Regard”, “Sincerely”, atau “Dengan Hormat”, kemudian bubuhkan tanda tangan.

Surat lamaran pekerjaan menjadi bagian penting dalam proses rekrutmen dan akan mempengaruhi keputusan rekruter untuk memilih kamu atau tidak. Itu sebabnya, saat mengirimkan CV dan resume, kamu juga harus menyertakan surat lamaran pekerjaan. Agar lebih paham, lanjut baca konten berikut, yuk: Fungsi Surat Lamaran Pekerjaan: Bukan Formalitas Semata.