Cover Letter

Fungsi Surat Lamaran Pekerjaan, Bukan Formalitas Semata!

fungsi surat lamaran pekerjaan

Surat lamaran kerja adalah dokumen perkenalan yang isinya tentang minat dan ketertarikan kamu terhadap posisi yang dilamar. Surat ini memiliki fungsi utama, yaitu membantu rekruter menyeleksi kandidat pelamar kerja dan sebagai bentuk permohonan kerja. Selain 2 fungsi tersebut, masih ada lho fungsi lain dari surat lamaran kerja. Langsung aja cek disini, yuk!

1. Sebagai Bentuk Permohonan Kerja yang Resmi

Fungsi Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan merupakan dokumen legal/resmi dan berkekuatan hukum mengingat perusahaan menginginkan pelamar kerja memberikan informasi yang benar. Untuk itu, pelamar kerja wajib menyertakan surat lamaran pekerjaan dengan tujuan untuk:

  1. Menunjukkan pelamar secara sadar memberikan informasi yang kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan.
  2. Berfungsi sebagai komitmen, profesionalitas, dan keseriusan pelamar untuk bekerja pada posisi yang dilamar.
  3. Menandatangani surat lamaran kerja juga berarti konfirmasi dari pelamar kerja bahwa semua pengetahuan, kemampuan, skills, referensi, bahkan informasi demografi yang dicantumkan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

2. Sebagai Media Komunikasi Awal Kandidat dengan Perusahaan

Fungsi Surat Lamaran Pekerjaan

Biasanya, pelamar kerja dan rekruter belum saling kenal atau belum pernah bertemu secara langsung. Untuk menjembatani hubungan yang belum tercipta, dibutuhkan media komunikasi awal. 

Nah, surat lamaran pekerjaan bisa menjadi media komunikasi yang efektif bagi pelamar kerja untuk memperkenalkan diri dan memberikan informasi mengenai kemampuan dan keahlian yang kandidat miliki. Selain itu, surat lamaran kerja ini juga berfungsi sebagai media untuk memenuhi persyaratan administrasi yang diminta perusahaan. Fungsi penting berikutnya, adanya surat ini juga membantu rekruter untuk memutuskan, apakah kandidat sudah sesuai dengan kualifikasi atau nggak?

3. Untuk Mengumpulkan Informasi

Cara efektif untuk mengumpulkan informasi dan menemukan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan bisa melalui surat lamaran pekerjaan. Umumnya, informasi yang terdapat dalam surat ini, antara lain pendidikan terakhir, riwayat pengalaman kerja, dan keahlian tertentu yang pelamar kerja miliki. 

Pada persyaratan yang tercantum di lowongan kerja, rekruter bisa lho memasukkan permintaan khusus yang harus dicantumkan dalam surat lamaran. Misalnya, kesediaan kandidat bekerja dengan jam kerja tertentu atau mau ditempatkan di cabang lain perusahaan. Nah, dari cara kandidat pelamar kerja menulis surat lamaran pekerjaan, rekruter juga bisa tahu kemampuan kandidat dalam berkomunikasi melalui bahasa tulisan.

4. Untuk Menyeleksi Calon Karyawan

Fungsi Surat Lamaran Pekerjaan

Fungsi surat lamaran pekerjaan yang terakhir, sebagai bahan pertimbangan saat melakukan seleksi calon karyawan. Dengan isi informasi surat lamaran pekerjaan yang hampir sama, rekruter bisa membandingkan antara satu kandidat dengan kandidat lain secara lebih obyektif dan terukur berdasarkan kualifikasi masing-masing kandidat. Cara ini akan membuat tahap awal proses rekrutmen dapat berlangsung lebih efektif dan efisien.

Fungsi surat lamaran pekerjaan sangat penting dalam proses rekrutmen tahap awal. Surat ini nggak cuma memudahkan pelamar kerja dalam menyampaikan informasi penting, namun juga memudahkan rekruter untuk melakukan seleksi. Nah, agar surat lamaran pekerjaan yang kamu kirimkan benar-benar dibaca rekruter dan membuat rekruter ingin mencari tahu lebih banyak tentang kamu, baca juga artikel ini, yuk: Struktur Surat Lamaran Pekerjaan: Penting, Tapi Sering Diabaikan.