Interview Kerja

Tanda-Tanda Kamu Diterima Kerja Setelah Interview

Tanda diterima kerja setelah interview

Tahukah kamu kalau sebenarnya kamu bisa lho menemukan tanda-tanda kamu diterima bekerja selama interview atau langsung setelah sesi wawancara kerja berakhir. Beberapa tanda tersebut, di antaranya rekruter menjelaskan mengenai budaya kerja di perusahaan, rekruter terlihat antusias serta menjelaskan tahapan rekrutmen selanjutnya secara detail, dan sebagainya. Simak penjelasan lengkapnya di artikel Atma ini ya.

  • Rekruter Menjelaskan Budaya Kerja di Perusahaan Tersebut

Apabila selama wawancara kerja kamu mendapatkan penjelasan mengenai sistem atau budaya kerja di perusahaan, bisa jadi kamu sudah mendapatkan posisi yang kamu lamar. Perekrut sengaja menjelaskan hal ini agar kamu cepat memahami budaya kerja dan bisa langsung menyesuaikan diri begitu resmi bergabung.

  • Rekruter Terlihat Antusias

Pertanda baik lainnya bisa kamu lihat selama sesi interview. Jika awalnya rekruter terlihat kaku, lalu kemudian terlihat antusias dengan latar belakang dan pengalaman, maka ini menjadi pertanda kamu diterima bekerja lho. Apalagi kalau rekruter menjadi bersemangat menanggapi ketika kamu menceritakan tentang suatu permasalahan dan solusi yang kamu ambil untuk menyelesaikan masalah tersebut.

  • Dijelaskan Mengenai Tahapan Rekrutmen dengan Detail

Tahapan rekrutmen selanjutnya biasanya baru diinformasikan kalau pelamar kerja sudah pasti diterima bekerja. Namun cukup sering juga rekruter langsung memberikan informasi detail tahapan rekrutmen lanjutan yang harus kamu lalui kalau lolos sesi interview.

Contohnya, rekruter langsung menginfokan kalau dalam dua minggu ke depan kamu perlu datang lagi ke kantor untuk mengikuti psikotes, kemudian menjelaskan beberapa hal penting terkait psikotes. Bahkan ia menambahkan kalau psikotes sudah pasti bisa kamu lalui dan selanjutnya tinggal interview dengan user. Ini sudah pasti kamu bakal diterima lho.

  • Rekruter Memuji Pencapaian atau Pengalaman Kamu

Pujian biasanya hanya rekruter berikan kepada karyawan yang berprestasi. Jika masih dalam tahap wawancara, kemudian di tengah-tengah sesi wawancara tersebut rekruter malah memuji pencapaian dan pengalamanmu, ini pun bisa jadi tanda kalau kamu bakal diterima menjadi bagian dari perusahaan. Sebab, pujian tersebut terlontar dari rekruter karena ia melihat kecocokan antara skill dan pengalamanmu dengan posisi yang akan kamu isi.

  • Diajak Berkenalan Dengan Pegawai Lainnya

Nggak semua pelamar yang masih dalam tahap wawancara kerja akan rekruter kenalkan dengan karyawan lain. Satu-satunya isyarat dan pertanda dalam tindakan rekruter tersebut ialah kamu sudah pasti diterima dan akan segera berinteraksi dengan karyawan-karyawan lain di perusahaan tersebut. Dengan kata lain, rekruter secara nggak langsung memberitahu kepada karyawan lainnya bahwa kamu akan segera bergabung dengan perusahaan.

Kalau kamu sudah melihat berbagai pertanda kamu akan diterima bekerja, persiapkan dirimu dengan sebaik mungkin. Salah satunya, cari tahu sebanyak mungkin mengenai masa probation dan bagaimana cara lolos dari masa percobaan kerja tersebut. Untuk itu, pelajari juga yuk: Apa Itu Masa Probation, Tujuan, dan Aturan Hukum Probation.